Ngeri, Banyak Manusia Celaka Karena Kotornya Hati

Jum'at, 01 Januari 2021 - 15:02 WIB
loading...
Ngeri, Banyak Manusia Celaka Karena Kotornya Hati
Penting bagi setiap muslim untuk fokus menjaga kebersihan hati dari berbagai penyakit yang bisa merusaknya. Foto ilustrasi/ist
A A A
Mengawali hari dan aktivitas yang baru dengan kebersihan hati, akan membawa keberkahan . Karenanya penting bagi setiap muslim untuk fokus menjaga kebersihan hati dari berbagai penyakit yang bisa merusaknya. "Jika hati kita kotor, maka tidak optimal juga anggota tubuh yang lainnya,"ungkap KH Abdullah Gymnastiar.

(Baca juga : Doa Awal Tahun untuk Memohon Harapan dan Kebaikan Hidup )

Dinukil dari tausiyah online-nya hari ini, berikut paparan Pimpinan Pondok Pesantren Daarut Tauhid yang akrab disapa Aa Gym tersebut:

Sebagaimana diwasiatkan Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam,

“Sesungguhnya di dalam tubuh ada segumpal darah. Jika segumpal darah itu baik maka baiklah seluruh tubuh. Namun, jika segumpal darah itu rusak maka rusaklah seluruh tubuh. Ketahuilah segumpal darah itu adalah hati.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Betapa banyak manusia yang celaka dalam hidupnya disebabkan kekotoran hatinya sendiri. Misalnya dengki, tidak sedikit orang yang iri dan dengki kepada tetangganya lalu memaksakan hidup di luar kemampuannya . Dia akan berutang ke mana-mana karena ingin menyaingi tetangganya.

(Baca juga: Ganti Tahun, Tambah Umur, Tambah Pahala dan Amalan )

Tidak sedikit juga orang yang ingin cepat naik jabatan, ingin terpandang di mata orang lain karena kedudukan. Ingin cepat naik gaji dan tunjangan, lalu ia menempuhnya dengan jalan ketidakjujuran. Ia sikut kanan kiri, menghalalkan berbagai cara. Bahkan tak ragu untuk melakukan tindakan korupsi, sogok sana dan sogok sini.

Sungguh naif penyakit hati ini. Ada orang yang oleh Allah Ta’ala dianugerahi kedudukan yang terhormat, dikaruniai ilmu yang berlimpah, tapi sayang sekali ia gunakan semua nikmat itu hanya untuk mencari dunia. Padahal saudaraku, kita sesungguhnya tidak menjadi terhormat oleh uang, kedudukan, jabatan, gelar, atau garis keturunan.

(Baca juga: Nasihat Bijak Para Ulama Tentang 'Waktu' di Dunia )

Allah Ta’ala berfirman:

يٰٓاَيُّهَا النَّاسُ اِنَّا خَلَقْنٰكُمْ مِّنْ ذَكَرٍ وَّاُنْثٰى وَجَعَلْنٰكُمْ شُعُوْبًا وَّقَبَاۤىِٕلَ لِتَعَارَفُوْا ۚ
اِنَّ اَكْرَمَكُمْ عِنْدَ اللّٰهِ اَتْقٰىكُمْ ۗاِنَّ اللّٰهَ عَلِيْمٌ خَبِيْرٌ ﴿الحجرات : ۱۳

Artinya: “Wahai manusia! Sungguh, Kami telah menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan, kemudian Kami jadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar kamu saling mengenal. Sesungguhnya yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling bertakwa. Sungguh, Allah Maha Mengetahui, Mahateliti.” (QS. al-Hujurat : 13).

(Baca juga: PLN Perpanjang Stimulus Covid-19 hingga Maret 2021, Ini Cara Memperolehnya )

Sesungguhnya kita dihormati orang lain karena Allah Ta’ala yang Maha Pengasih masih menutupi keburukan diri kita di hadapan mereka. Sungguh hanya Allah yang kuasa memberi kedudukan dan kehormatan kepada kita. Dan hanya Allah yang kuasa mengambilnya dari diri kita.

Namun kita juga perlu hati-hati karena bukan hanya sombong oleh kekayaan dan kedudukan yang menjadi indikasi dari kotornya hati, melainkan juga sifat minder dan rendah diri. Karena berarti dunia mendominasi hatinya. Dua sikap ini sama-sama bentuk dari cinta dunia. Sedangkan cinta dunia mendatangkan berbagai macam penyakit hati.

(Baca juga: Pernikahan Virtual, Mempelai Wanita di Wisma Atlet dan Pria di KUA Mampang, Penghulu: Sah-sah Saja )

Segala apa yang ada di alam semesta ini mutlak milik Allah. Rumah yang besar atau kecil, milik sendiri atau kontrakan, kendaraan baru atau lama, mahal atau murah, semuanya sama saja. Hakikatnya semua adalah milik Allah yang dititipkan kepada kita. Manusia hanya diberi amanah. Lantas pantaskah manusia sombong dengan benda yang bukan miliknya itu?

Diriwayatkan oleh Imam Muslim bahwa Rasulullah menegaskan sungguh tidak akan masuk surga orang yang di dalam hatinya terdapat rasa sombong meski hanya sebesar biji sawi. Allah sangat tidak menyukai orang yang sombong.

(Baca juga : Kapan Jokowi Disuntik Vaksin Corona? Istana: Tergantung Kecepatan BPOM... )
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1764 seconds (0.1#10.140)