Sabtu Lusa Umat Islam Masuki Bulan Rajab, Ini Keutamaannya

Kamis, 11 Februari 2021 - 15:59 WIB
loading...
Sabtu Lusa Umat Islam Masuki Bulan Rajab, Ini Keutamaannya
Rajab, bulan yang dinanti kaum muslimin mengingat banyaknya keistimewaannya. Nabi menganjurkan umatnya untuk menghidupkan puasa sunnah pada bulan tersebut. Foto/Rusman H Siregar
A A A
Sabtu lusa 13 Februari 2021 insya Allah umat Islam akan memasuki bulan mulia Rajab 1442 Hijriyah. Bulan ini sangat dinanti kaum muslimin mengingat banyaknya keistimewaannya.

Rajab memiliki keutamaan sendiri karena bulan ini merupakan salah satu bulan agung selain bulan Dzulqa'dah, Dzulhijjah, dan Muharram. Rajab adalah bulan ke-7 dalam kalender Hijriyah yang penuh rahmat karena berdekatan dengan bulan suci Ramadhan.

Salah satu keistimewaan Rajab adalah di bulan ini terjadi peristiwa penting yang dikenal dengan Isra' Mikraj, yaitu perjalanan Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa, kemudian naik ke Sidratulmuntaha pada malam 27 Rajab.



Keistimewaan bulan Rajab dinyatakan Allah dalam Al-Qur'an.

إِنَّ عِدَّةَ الشُّهُورِ عِنْدَ اللَّهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِي كِتَابِ اللَّهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالأرْضَ مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ذَلِكَ الدِّينُ الْقَيِّمُ فَلا تَظْلِمُوا فِيهِنَّ أَنْفُسَكُمْ وَقَاتِلُوا الْمُشْرِكِينَ كَافَّةً كَمَا يُقَاتِلُونَكُمْ كَافَّةً وَاعْلَمُوا أَنَّ اللَّهَ مَعَ الْمُتَّقِينَ

"Sesungguhnya jumlah bulan menurut Allah ialah dua belas bulan, (sebagaimana) dalam ketetapan Allah pada waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya ada empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menzalimi dirimu dalam (bulan yang empat) itu dan perangilah kaum musyrikin semuanya sebagaimana mereka pun memerangi kamu semuanya. Dan ketahuilah bahwa Allah beserta orang-orang yang takwa." (QS At-Taubah: 36)

Bulan Rajab Penuh Keberkahan
Dalam satu riwayat disebutkan bahwa Rajab adalah bulan Allah, Sya'ban adalah bulanku, dan Ramadhan adalah bulan umatku.Bulan Rajab terletak antara bulan Jumadal Akhir dan bulan Sya'ban.

Ibnu Rajab mengatakan, "Allah Ta’ala menjelaskan bahwa sejak penciptaan langit dan bumi, penciptaan malam dan siang, keduanya akan berputar di orbitnya. Allah pun menciptakan matahari, bulan dan bintang lalu menjadikan matahari dan bulan berputar pada orbitnya. Dari situ muncullah cahaya matahari dan juga rembulan. Sejak itu, Allah menjadikan satu tahun menjadi dua belas bulan sesuai dengan munculnya hilal. Satu tahun dalam syariat Islam dihitung berdasarkan perpuataran dan munculnya bulan, bukan dihitung berdasarkan perputaran matahari sebagaimana yang dilakukan oleh Ahli Kitab." (Latho-if Al Ma’arif, 202)

Mengenai empat bulan yang dimaksud disebutkan dalam hadis dari Abu Bakroh, Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:

الزَّمَانُ قَدِ اسْتَدَارَ كَهَيْئَتِهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَوَاتِ وَالأَرْضَ ، السَّنَةُ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا ، مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ، ثَلاَثَةٌ مُتَوَالِيَاتٌ ذُو الْقَعْدَةِ وَذُو الْحِجَّةِ وَالْمُحَرَّمُ ، وَرَجَبُ مُضَرَ الَّذِى بَيْنَ جُمَادَى وَشَعْبَانَ

"Setahun berputar sebagaimana keadaannya sejak Allah menciptakan langit dan bumi. Satu tahun itu ada dua belas bulan. Di antaranya ada empat bulan haram (suci). Tiga bulannya berturut-turut yaitu Dzulqo’dah, Dzulhijjah dan Muharram. (Satu bulan lagi adalah) Rajab Mudhor yang terletak antara Jumadal (akhir) dan Sya’ban.” (HR Al-Bukhari dan Muslim). Jadi, empat bulan suci tersebut adalah (1) Dzulqo'dah; (2) Dzulhijjah; (3) Muharram; dan (4) Rajab.

Apa Maksud Bulan Haram?
Al Qodhi Abu Ya'la rahimahullah berkata, "Dinamakan bulan haram karena dua makna: Pada bulan tersebut diharamkan berbagai pembunuhan. Orang-orang Jahiliyyah pun meyakini demikian. Pada bulan itu larangan untuk melakukan perbuatan haram lebih ditekankan daripada bulan lainnya karena mulianya bulan itu. Demikian pula pada saat itu sangatlah baik untuk melakukan amalan ketaatan. (Lihat Zaadul Masiir, tafsir surat At Taubah ayat 36)

Karena pada saat itu adalah waktu sangat baik untuk melakukan amalan ketaatan, sampai-sampai para para salaf sangat suka melakukan puasa pada bulan haram. Sufyan Ats-Tsauri mengatakan, "Pada bulan-bulan haram, aku sangat senang berpuasa di dalamnya."

Bahkan Ibnu Umar, Al-Hasan Al-Bashri dan Abu Ishaq As Sa’ibi melakukan puasa pada seluruh bulan haram, bukan hanya bulan Rajab atau salah satu dari bulan haram lainnya. (Lihat Latho-if Al Ma’arif, 214).

Adapun amalan yang dianjurkan pada bulan Rajab
1. Puasa Sunnah Bulan Rajab.
2. Memperbanyak Membaca Istighfar.
3. Zikir dan doa pada pagi, sore, dan malam hari
4. Salat Malam di Bulan Rajab.

Demikian keutamaan bulan Rajab. Semoga Allah memberkahi kita di bulan Rajab dan menyampaikan kita bertemu bulan suci Ramadhan.


Wallahu A'lam
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1584 seconds (0.1#10.140)