Ithra Arab Saudi Luncurkan Pameran Unik Seni Islam dan Budaya Masjid

loading...
Ithra Arab Saudi Luncurkan Pameran Unik Seni Islam dan Budaya Masjid
Pameran seni Islam dan budaya masjid di Pusat Kebudayaan Dunia Raja Abdulaziz Arab Saudi (Ithra). Foto/alarabiya
RIYADH - Pusat Kebudayaan Dunia Raja Abdulaziz Arab Saudi (Ithra) meluncurkan pameran pertama sejenis ini yang menampilkan lebih dari 100 objek dan artefak seni Islam serta budaya masjid.

“Pameran bernama ‘Shatr AlMasjid: The Art of Orientation’ menampilkan 116 elemen, karya seni, dan motif dari penjuru dunia dengan tujuan memperluas pemahaman publik tentang bagaimana fungsi sosial, agama dan budaya masjid telah berkembang selama berabad-abad,” ungkap pernyataan Ithra.

Ithra Arab Saudi Luncurkan Pameran Unik Seni Islam dan Budaya Masjid


Pameran ini juga menawarkan tur virtual reality (VR) berbagai masjid dari penjuru dunia, memungkinkan pengunjung merasakan pemandangan langsung dari berbagai tempat ibadah, termasuk Masjidil Haram di Mekah dan Masjid Nabawi di Madinah.

Baca juga: 4 Penemuan Ilmuwan Muslim yang Mengubah Dunia



Kontribusi dari para pembicara Arab dan internasional termasuk peneliti, penyair, seniman, cendekiawan dan sejarawan juga tersedia.

Baca juga: Wapres Sebut Inovasi Fintech Syariah Penting dalam Pengembangan Ekonomi dan Keuangan Syariah

Pameran “Seni Orientasi” juga mengeksplorasi bagaimana masjid dulu berfungsi sebagai klinik dan sekolah di masa lalu, dan menyajikan resep, buku medis, dan praktik menulis yang berusia berabad-abad.

Ithra Arab Saudi Luncurkan Pameran Unik Seni Islam dan Budaya Masjid


“Pameran ini dianggap yang pertama dari jenisnya di Arab Saudi dalam hal tema, metode penyajian, dan keragaman artefak yang berkaitan dengan masjid,” papar Ithra, dilansir Al Arabiya.

“Pameran ini bertujuan memberikan dampak positif dan nyata pada individu dan masyarakat, melalui beberapa aspek yang dirancang secara inovatif berdasarkan pemandangan budaya, seni, dan budaya masjid,” ungkap Ithra.

Pameran dibuka hingga 12 April di Ithra.

Terletak di Dhahran, Provinsi Timur, gedung ini merupakan pusat budaya serba guna yang didirikan Saudi Aramco.

Ithra menyelenggarakan beberapa acara sepanjang tahun termasuk pertunjukan teater, musikal, pemutaran film, lokakarya, dan acara budaya.
(sya)
cover top ayah
وَقَالَ رَبُّكُمُ ادۡعُوۡنِىۡۤ اَسۡتَجِبۡ لَـكُمۡؕ اِنَّ الَّذِيۡنَ يَسۡتَكۡبِرُوۡنَ عَنۡ عِبَادَتِىۡ سَيَدۡخُلُوۡنَ جَهَنَّمَ دَاخِرِيۡنَ
Dan Tuhanmu berfirman, “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Aku perkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang sombong tidak mau menyembah-Ku akan masuk neraka Jahanam dalam keadaan hina dina.”

(QS. Ghafir:60)
cover bottom ayah
TULIS KOMENTAR ANDA!