Sambut Bulan Ramadhan dengan Agenda Terbaik

loading...
يَاأَيُّهَا الَّذِينَ ءَامَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kalian berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kalian bertakwa”. (QS Al-Baqarah : 183).

Baca juga: 5 Amalan Ringan yang Dapat Menggandakan Pahala Puasa Ramadhan

2. Hiasi sepanjang hari dan malam Ramadhan dengan Al-Quran.

Kita baca huruf-hurufnya, kita pahami kandungan isinya dan kita amalkan dalam kehidupan sehari-hari. Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam saja bertadarus, bermuroja’ah, mengulang-ulang kembali bacaan Al-Quran, langsung di hadapan Malaikat Jibril.

Para sahabat, ulama dan orang-orang shalih, ada yang mengkhatamkan Al-Quran sampai berkali-kali sepanjang Ramadhan. Khusus selama bulan suci Ramadhan ini, bahkan ada yang sampai khatam 10 kali, 30 kali, hingga 60 kali. Subhaanallaah.

Baca juga: Uji Coba Belajar Tatap Muka, Disdik DKI dan Puskesmas Monitor Kesehatan Siswa

Bagainaba dengan kita? Marilah kita penuhi hari-hari Ramadhan ini dengan tadarus Al-Quran. Kita catat target berapa kali khatam Quran. Mumpung syaitan dibelenggu. Dan itu pun kita mulai dari bulan Sya’ban ini, start mentadarusi Al-Quran baik siang maupun malam hari.

Kalau nanti pada bulan Ramadhan, minimal satu kali khatam saja kita tidak bisa. Lalu mau sampai Ramadhan kapan lagi? Mau sampai umur berapa tahun lagi?

Persoalannya sebenarnya bukan kita tidak mampu. Tapi tidak mau. Bagi yang belum bisa membaca Quran dengan lancar, maka saatnya belajar Quran. Kita bisa juga menyimak murottal Al-Quran satu hari satu juz, sehingga satu bulan khatam.

Baca juga: Cegah Anemia dengan Makanan Mengandung Zat Besi Berikut Ini

Inilah bulan Al-Quran, seperti Allah sebutkan di dalam ayat:

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْآنُ هُدًى لِلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَىٰ وَالْفُرْقَانِ ۚ

Artinya: “(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil)”. (QS Al-Baqarah : 185).

Baca juga: Bantu Korban Bencana NTT, Pemprov Jatim Berencana Kirim Rp1 Miliar dan 1 Ton Beras

Begitulah, Ramadhan bulan puasa, bulan Al-Quran, bulan amal kebajikan. Maka, jangan kita sia-siakan lewat begitu saja. Mari kita niatkan, rencanakan dan agendakan apa-apa yang menjadi ibadah dan amal kebaikan untuk kita kerjakan pada bulan Ramadhan.

Wallahu A'lam
halaman ke-1
cover top ayah
وَكَذٰلِكَ جَعَلۡنَا لِكُلِّ نَبِىٍّ عَدُوًّا شَيٰطِيۡنَ الۡاِنۡسِ وَالۡجِنِّ يُوۡحِىۡ بَعۡضُهُمۡ اِلٰى بَعۡضٍ زُخۡرُفَ الۡقَوۡلِ غُرُوۡرًا‌ ؕ وَلَوۡ شَآءَ رَبُّكَ مَا فَعَلُوۡهُ‌ فَذَرۡهُمۡ وَمَا يَفۡتَرُوۡنَ
Demikianlah untuk setiap nabi Kami menjadikan musuh yang terdiri dari setan-setan dari jenis manusia dan jin, sebagian mereka membisikkan kepada sebagian yang lain perkataan yang indah sebagai tipuan. Dan kalau Tuhanmu menghendaki, niscaya mereka tidak akan melakukannya, maka biarkanlah mereka bersama kebohongan yang mereka ada-adakan.

(QS. Al-An’am:112)
cover bottom ayah
TULIS KOMENTAR ANDA!