Menunda Haid Agar Tetap Bisa Berpuasa Ramadhan, Bolehkah?

Kamis, 15 April 2021 - 06:11 WIB
loading...
Menunda Haid Agar Tetap Bisa Berpuasa Ramadhan, Bolehkah?
Ketika sedang datang bulan, kaum muslimah tidak perlu sedih dan khwatir, karena di bulan ramadhan ini meski tidak dapat berpuasa masih bisa melakukan ibadah lainnya yang berpahala. Foto ilustrasi/ist
A A A
Puasa Ramadhan merupakan puasa yang paling dinanti oleh semua umat Islam, tak terkecuali kaum perempuan. Hanya saja, terkadang datangnya puasa Ramadhan bersamaan dengan siklus bulanan kaum muslimah ini, yakni haid. Kondisi ini, terkadang membuat kesedihan tersendiri. Lantas bolehkan, mereka menggunakan pil penunda haid agar bisa menjalankan ibadah puasa Ramadhan? Dan bagaimana hukum syariat memandangnya?



Ketika seorang muslimah sedang datang bulan atau keluar haid, sudah pasti mereka mendapatkan keringan dalam beribadah. Terutama ibadah fisik seperti shalat, membaca Al-Qur’an dan puasa. Namun, ketika bulan Ramadhan, hampir semua kaum muslimah tak ingin melewatkannya untuk memperbanyak ibadah seperti membaca Al-Qur’an, sholat tarawih, berlomba-lomba dalam kebaikan, dan meraih pahala sebanyak-banyaknya. Sehingga tak jarang membuat muslimah rela mengkonsumi obat pil untuk mencegah haidh.

Dalam hal ini terdapat beberapa pendapat. Pendapat pertama, beberapa ulama menegaskan boleh mengkonsumsi obat pencegah haid, selama tidak membahayakan pengguna. Baik resiko yang bersifat sementara maupun permanen.



Imam Ibnu Baz pernah ditanya tentang hukum wanita yang menggunakan obat pencegah haid agar tetap puasa., “Tidak masalah bagi wanita untuk menggunakan obat pencegah haid, menghalangi datang bulan selama bulan Ramadhan, sehingga dia bisa berpuasa bersama kaum muslimin lainny dan jika ada cara lain selain konsumsi obat untuk menghalangi terjadinya haidh, hukumnya boleh, selama tidak ada hal yang dilarang syari’at dan tidak berbahaya.”

Kedua, tidak boleh wanita mengkonsumsi obat pil untuk mencegah haid. Obat-obatan, bagaimanapun terbuat dari bahan-bahan kimiawi yang tentu saja memiliki efek samping bagi tubuh. Banyak pula dokter yang tidak menyarankan konsumsi obat-obatan ini karena dapat mengganggu stabilitas hormon, membahayakan rahim, dan efek samping lainnya yang dapat membahayakan tubuh.
Selain itu, haid atau menstruasi adalah kodrat seorang wanita. Maka ketika seorang wanita ingin mencegah terjadinya haid, ditakutkan hal tersebut termasuk dalam mengingkari kodrat sebagai seorang wanita. Ada banyak hikmah di balik haidnya seorang wanita.



Dikemukakan oleh beberapa ulama, seperti syaikh Ibnu Utsaimin Rahimahullah. Beliau mengemukakan beberapa dalil, yaitu :

Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam pernah menemui Aisyah (di kemahnya) ketika Aisyah menemani Rasulullah pada Haji Wada’. Ketika itu, Aisyah telah melakukan ihram untuk umrah, namun tiba-tiba datang haid sebelum sampai ke Mekkah. Maka Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menemui Aisyah, sementara Aisyah sedang menangis. Maka Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam bertanya, “Apa yang menyebabkan kamu menangis?” Aisyah menjawab bahwa dia sedang haidh. Nabi bersabda, “Ini adalah keadaan yang telah Allah tetapkan untuk para putri Adam,”.



Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda :

“Tidak boleh melakukan yang berbahaya (kepada diri sendiri) dan tidak boleh menimbulkan bahaya (kepada orang lain),”. (HR. Ibnu Majah)

Untuk menjaga kesehatan, ada baiknya sebagai muslimah tetap menerima salah satu takdir Allah. Menurut Ustadz Muhammad Najihun dalam salah satu tulisannya di media sosial, baru-baru ini mengungkapkan, bagaimanapun, Allah begitu memuliakan perempuan dan meringankannya. Kaum muslimah dapat menganti puasa yang terlewat tersebut di bulan lainnya.



Selain itu tidak perlu sedih dan khwatir, jika mendapatkan haidh ketika berpuasa bisa melakukan ibadah lainnya. Seperti:
1.Menghidangkan/ memberi makan orang yang berbuka puasa karena pahalanya sama dengan yang berpuasa
2.Membaca Al-Qur’an tanpa menyentuh mushaf, boleh dengan menggunakan media elektronik seperti ponsel, tablet, komputer, atau Al-Qur’an digital lainnya.
3.Bersedekah dan infak.
4.Selalu berzikir dan berdoa
5.Membaca buku-buku pengetahuan Islam dan mengikuti kajian Islami
6.Berbakti kepada kedua orangtua atau suami.



Dan masih banyak kegiatan lainnya yang bermanfaat dan mendatangkan pahala Ramadhannya.

Wallahu A'lam
(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1435 seconds (0.1#10.140)