Tetapkan 1 Syawal, Tarekat Naqsabandiyah di Deliserdang Rayakan Idul Fitri 12 Mei 2021

loading...
Tetapkan 1 Syawal, Tarekat Naqsabandiyah di Deliserdang Rayakan Idul Fitri 12 Mei 2021
Nazir Masjid Thariqat Naqsabandiyah, Syafii memberikan keterangan kepada wartawan soal masuknya 1 Syawal menurut Tarekat Naqsabandiyah, Rabu (12/5/2021). Foto: iNews/Ahmad Ridwan Nasution
DELISERDANG - Jamaah Naqsabandiyah Al-Kholidiyah Jalaliyah di Kabupaten Deliserdang , Sumatera Utara ( Sumut ), mulai mengumandangkan takbir , Selasa (11/5/2021) malam.

Takbiran itu sebagai pertanda menyambut 1 Syawal yang telah ditetapkan esok hari (Rabu 12/5/2021) berdasarkan Hisab Qomariyah Naqsabandiyah yang mereka gunakan.

Baca juga: Breaking News: Pemerintah Tetapkan Hari Raya Idul Fitri Kamis 13 Mei 2021

Setelah menunaikan Salat Isya, sejumlah jamaah Thariqat Naqsabandiyah Kholidyah Jalaliyah di Jalan Kongsi Marindal, Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara, menggelar takbiran sambut satu syawal.

Gema takbir berkumandang di Masjid Naqsabandiyah. "Ini pertanda kami menyambut satu syawal yang ditetapkan jatuh pada esok hari setelah melakukan Hisab Qomariyah,” kata Syafii, Nazir Masjid Thariqat Naqsabandiyah.



Baca juga: Harga Sembako Tiap Ramadhan Melambung, Ormas Ini Bagikan 300 Paket Sayuran Gratis

Perayaan salat eid yang biasanya berpusat di Bandar Tinggi, Kabupaten Simalungun, membuat para jamaah yang berada daerah lainnya, terpaksa berkumpul di Kabupaten Deliserdang, karena terbentur dengan aturan pemerintah, yang tidak bisa melakukan perjalanan keluar kota.

Dijadwalkan, esok pada pukul 08.00 wib pagi, para jemaah thariqat naqsabandiyah akan menggelar salat ied bersama-sama dengan menerapkan prtokol kesehatan, untuk mencegah penyebaran COVID-19.
(nic)
cover top ayah
مَا يَلۡفِظُ مِنۡ قَوۡلٍ اِلَّا لَدَيۡهِ رَقِيۡبٌ عَتِيۡدٌ
Tidak ada suatu kata yang diucapkannya melainkan ada di sisinya malaikat pengawas yang selalu siap (mencatat).

(QS. Qaf:18)
cover bottom ayah
preload video