Keutamaan Zikir Setelah Shalat dan Kunci agar Hajat Terkabul

Minggu, 20 Juni 2021 - 05:00 WIB
loading...
Keutamaan Zikir Setelah Shalat dan Kunci agar Hajat Terkabul
Salah satu zikir yang dianjurkan setelah shalat adalah bershalawat, lalu membaca tasbih, tahmid, dan tahlil,. Foto ilustrasi/ist
A A A
Keutamaan zikir setelah shalat, salah satunya adalah jalan terkabulnya hajat atau keinginan kita. Karena itu, setiap muslim hendaknya mengamalkan dan tidaklah boleh terlepas dari berzikir kepada Allah Ta'ala. Sebab, zikir adalah kunci dari sekian banyak kebahagiaan di dunia maupun di akhirat kelak.



Salah satu zikir yang dianjurkan adalah bershalawat, lalu membaca tasbih, tahmid, dan tahlil. Membaca shalawat Nabi, sangatlah dianjurkan bagi setiap muslim demi kelancaran rezeki dan terkabulnya hajat. Demikian pula membaca tasbih, tahmid, takbir dan istighfar.

Sebagaimana disabdakan Rasulullah Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam :

عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ عَنْ رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ سَبَّحَ اللهَ فِى دُبُرِ كُلِّ صَلاَةٍ ثَلاَثًا وَثَلاَثِيْنَ وَحَمِدَ اللهَ ثَلاَثًا وَثَلاَثِيْنَ وَكَبَّرَ اللهَ ثَلاَثًا وَثَلاَثِيْنَ فَتِلْكَ تِسْعَةٌ وَتِسْعُوْنَ وَقَالَ تَمَامَ الْمِائَةِ لاَ إِلٰهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَىْءٍ قَدِيْرٌ غُفِرَتْ خَطَايَاهُ وَإِنْ كَانَتْ مِثْلَ زَبَدِ الْبَحْرِ



Dari Abu Hurairah dari Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda :

"Barangsiapa bertasbih kepada Allah sehabis salat sebanyak 33 kali, dan bertahmid kepada Allah 33 kali, dan bertakbir kepada Allah 33 kali, hingga semuanya berjumlah 99, dan beliau menambahkan, dan kesempurnaan seratus adalah membaca Laa ilaaha illallah wahdahu laa syariika lahu, lahul mulku walahul walahul hamdu wahuwa 'alaa kulli syai'in qadiir, maka kesalahan-kesalahannya akan diampuni walau sebanyak buih di lautan." (H. R. Muslim)



Berzikir juga sebagai pembuka pintu rezeki sebagaimana tertulis dalam kitab Abwabul Faraj. Bahwa Sayyid Muhammad bin Alawi al-Malaki al-Hasani mengatakan, "Lalu Rasulullah bersabda bahwa membaca 100 kali tasbih, tahmid, takbir dan Istighfar, sebelum fajar, maka dunia akan memohon kepada Allah Ta'ala agar engkau miliki (mengejarmu tanpa kau mengejarnya).

Sementara, dari riwayat Imam Ibnu Hajar dalam kitab Ad Durul Mamdud, bahwa Rasulullah bersabda :



"Barang siapa yang setelah Shubuh dan Maghrib membaca Sholawat atas Nabi Muhammad SAW sebanyak 100X maka akan dikabulkan oleh Allah SWT 30 hajat dunia dan 70 hajat akhirat"

Lalu sahabat bertanya: "Yaa Rasulallah bagaimana cara Shalawat nya..?"

Kemudian Rasul menjawab, ucapkan :

إِنَّ اللَّهَ وَ مَلَئكتَهُ يُصلُّونَ عَلى النَّبىّ‏ِ يَأَيهَا الَّذِينَ ءَامَنُوا صلُّوا عَلَيْهِ وَ سلِّمُوا تَسلِيماً (1X)

(Innalloha wa malaikatahu yusholluna 'alannnabi yaa ayyuhalladzina aamanu shollu 'alaihi wasallimu tasliman) 1 kali



"Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bershalawat kepada Nabi, wahai orang-orang yang beriman, bersholawatlah kamu kepadanya dan ucapkan salam kepadanya." (QS Al-Ahzab : 56).

Lalu setelah itu sambung dengan membaca :
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2658 seconds (0.1#10.140)