Cara dan Bacaan Dzikir yang Paling Disukai Allah Ta'ala

Senin, 20 September 2021 - 20:13 WIB
loading...
A A A
"Dan ingatlah Tuhanmu dalam hatimu dengan rendah hati dan rasa takut, dan dengan tidak mengeraskan suara, pada waktu pagi dan petang, dan janganlah kamu termasuk orang-orang yang lengah." (QS Al Araf: 205).



Dengan demikian, cara berdoa dan berzikir yang keluar dari empat kategori tersebut termasuk kategori melampaui batas. Padahal Allah Ta'ala, tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas.

Abu Musa Al-Asyari berkata,"Kami bersama Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam sehingga jika kami mendekati suatu lembah kami bertahlil dan bertakbir dengan suara yang sangat keras sehingga Nabi bersabda, wahai sekalian manusia, rendahkan suara kalian, sesungguhnya kalian tidak menyeru Zat yang tuli atau tidak ada, sesungguhnya Dia bersama kalian, sesungguhnya Dia Maha Mendengar, dan Mahamendekat, Mahasuci asma-Nya, dan Mahamulia (HR Bukhari no.6838).

Bacaan Dzikir yang Paling Allah Sukai

Selain cara berdzikir, Allah Ta'ala juga menyukai bacaan dzikir. Bacaan dzikir ini bahkan dilakukan oleh para malaikat yang telah Allah pilihkan dengan sebaik-baiknya. Hal ini telah dijelaskan dalam hadis yang berasal dari Abu Dzar Al Ghifari, ia berkata: “Wahai Rasulullah” Tanya Abu Dzar “Bacaan apakah yang paling disukai oleh Allah SWT?”

Rasulullah bersabda “(ialah) bacaan yang dipilihkan oleh Allah Taala untuk para malaikat yaitu bacaan “Subhana Rabbii wa bihamdihi (Maha suci Tuhanku dan segala puji bagi-Nya)” (HR Muslim, At-Tirmidzi dan Ahmad)

Dengan mengetahui cara dan bacaan dzikir mana yang disukai oleh Allah Ta'ala tersebut, semoga senantiasa kita amalkan, dan semoga Allah selalu menjaga dan melindungi kita. Aamiin.



Wallahu A'lam

Sumber: Tafir At Tahrir wat Tanwir, Ibnu Asyur;Afsir Al Wasith, Sayyid at-Thantawi; dan Tafsir AL Karim Ar Rahman, Abdurahman As Sa'di)
(wid)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2173 seconds (0.1#10.140)