Benarkah Orang Mati Bermanfaat Bagi Orang yang Masih Hidup?

Rabu, 03 November 2021 - 17:18 WIB
loading...
A A A
Jika orang tersebut lalu berdzikir kepada Allah di makam tersebut, maka wali tersebut akan ikut bersamanya berdzikir. Jika umpanya seseorang berdzikir membaca kalimah Laa ilaha illallah, maka wali yang ia ziarahi makamnya akan duduk bersila untuk berdzikir bersamanya.

Beliau juga menyampaikan, bahwasanya para wali yang telah meninggal itu hakekatnya mereka adalah hidup di dalam kubur mereka, mereka hanya berpindah tempat saja dari satu tempat ke tempat yang lain. Penghormatan kita kepada mereka setelah mereka meninggal, hendaknya sama sebagaimana penghormatan kepada mereka ketika mereka masih hidup di dunia.

Juga hendaknya untuk selalu bertata krama kepada mereka meskipun mereka telah meninggal, sebagaimana kita harus bertata krama kepada mereka ketika mereka masih hidup di dunia. Ketika seorang wali meninggal dunia, maka seluruh arwah para Nabi dan para wali akan mensholatinya.

Syekh Abi Hasan asy-Syadzili juga menyampaikan, sebagian para Wali, ada yang masih bisa bermanfaat bagi muridnya yang jujur, setelah kematian mereka, bahkan lebih banyak kemanfaatannya melebihi ketika para wali tersebut masih hidup.

(rhs)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2383 seconds (0.1#10.140)