25 Wanita Cerdas di Zaman Rasulullah Layak Diteladani (3/Tamat)

Jum'at, 05 November 2021 - 05:07 WIB
loading...
A A A
Di antara keteladanan Shafiyyah adalah permpuan yang masuk Islam pada masa-masa awal. Beliay juga turut berhijrah ke Habasyah dan juga ke Yastrib. Ia seorang yang penyabar, ikhlas dan sosok berani di medan jihad. Ketika perang Uhud, Hamzah terbunuh mengenaskan akibat lembing yang dilemparkan Wahsyi atas suruhan Hindun. Kabar kematian Hamzah itu sampai kepada Shafiyyah dan melihat jenazah saudara kandungnya itu. Beliau berkata akan bersabar menghadapi musibah ini demi mengharap ridho Allah.

Shafiyyah merupakan pahlawan perempuan. Perjuangannya dalam berjihad tidak kalah dibanding pejuang laki-laki. Ketika perang Khandaq, Shafiyyah bersama perempuan lainnya dan anakanak berada di dalam benteng. Kondisi Madinah pada waktu itu sangat kritis, karena dikepung musuh dari segala arah. Ada satu benteng ‘Fari’ yang dimiliki Hassan ibn Sabit, benteng yang paling kokoh di Madinah.

Lalu Shafiyyah berkata kepada Hassan, "Wahai Hassan, orang Yahudi itu telah mengeliligi benteng. Turunlah dari benteng dan bunuhlah Yahudi itu. Hassan merasa takut dan tidak berani menghadapi orang Yahudi tadi. Lalu, Shafiyyah mengambil sebatang tongkat dan turun dari benteng lalu memukul ubun-ubun si Yahudi, hingga ia roboh ke tanah.

Lantas disusul dengan pukulan bertubi-tubi, hingga mati. Inilah keberanian dan kepahlawanan Shafiyyah. Ia tidak tinggal diam ketika melihat bahaya mengancam, apalagi di dalam benteng itu terdapat istri-istri Rasulullah yang harus ia jaga keselamatannya. Shafiyyah wafat pada masa kekhilafahan Umar, tahun 20 H dalam umur 73 tahun, dan dimakamkan di Baqi' Madinah.

(rhs)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3344 seconds (0.1#10.140)