Cabup bagi-bagi zakat, ribuan warga ricuh

Minggu, 19 Agustus 2012 - 02:06 WIB
Cabup bagi-bagi zakat, ribuan warga ricuh
Cabup bagi-bagi zakat, ribuan warga ricuh
A A A
Sindonews.com - Pembagian zakat oleh seorang calon bupati di Nganjuk, Jawa Timur, yang bernama Nyono Joyo Astro, Sabtu 18 Agustus 2012 siang berlangsung ricuh. Ribuan warga yang sudah antre sejak pagi merangsek maju hingga beberapa di antaranya terjatuh dan nyaris terinjak-injak.

Ribuan warga ini langsung merangsek maju hingga saling dorong dan berdesak-desakan saat antre pembagian paket zakat di rumah Nyono, Jalan Kartini Kota Nganjuk, Jawa Timur, Sabtu (18/8/2012).

Para wanita dan anak-anak di bagian depan didorong oleh ribuan warga di belakangnya hingga membuat barikade polisi yang berjaga jebol.

Seorang warga yang terjatuh dan nyaris terinjak-injak berusaha ditolong oleh petugas, namun ribuan warga di belakangnya terus mendorong maju hingga membuat situasi sulit di kendalikan.

Jerit tangis balita yang terjepit dan ketakutan karena ikut berdesak-desakan mewarnai kericuhan tersebut. Seorang bocah yang lelah terjepit dan ketakutan dengan kondisi ini menangis dalam gendongan orangtuanya.

Setelah antre dan berjuang keras, ribuan warga miskin ini harus antre lagi di dalam halaman rumah calon bupati untuk mendapat paket zakat berupa beras dua setengah kilogram dan minyak goreng 1 liter per orang.

Meski risiko yang dihadapi tak sebanding dengan apa yang mereka dapatkan, ribuan warga miskin ini mengaku rela antre dan mengabaikan keselamatan anak-anak dalam gendongannya demi beras dan minyak untuk menghemat pengeluaran di rumah.

Terlepas dari pencalonannya sebagai bupati Nganjuk pada Pilbub bulan Desember 2012 mendatang, pembagian zakat memang sudah rutin digelar keluarga Nyono. Pada pembagian kali ini Nyono menyediakan lebih dari 10 ribu paket zakat.

Sementara Nyono enggan dikonfirmasi terkait kericuhan yang terjadi.
(hyk)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.2707 seconds (0.1#10.140)