Amalan Khusus di Hari Jumat, Jangan Lupa Amalkan!

Jum'at, 11 Februari 2022 - 08:58 WIB
loading...
Amalan Khusus di Hari Jumat, Jangan Lupa Amalkan!
Rasulullah pun memberikan tuntunan kepada umat-Nya untuk melakukan amalan lebih khusus di hari Jumat, salah satunya adalah membaca surat Al Kahfi. Foto ilustasi/istimewa
A A A
Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam memberikan tuntunan kepada umat-Nya untuk melakukan amalan lebih khusus di hari Jum'at . Sedikitnya ada tiga amalan yang biasa nabiyullah sang uswatun hasanah lakukan di hari istimewa tersebut. Amalan khusus apa saja?

1. Membaca surat Al Kahfi pada malam Jum'at dan siang harinya

Barangsiapa yang melakukan amalan ini, niscaya akan dilimpahi cahaya yang benderang. Dari Abu Sa'id Al Khudri, Rasulullah bersabda,

"Barangsiapa membaca surat Al Kahfi pada hari Jum'at, akan bersinar baginya cahaya antara dirinya dan Baitul Haram," (HR. Al Baihaqi). Dalam riwayat An Nasa'i disebutkan, "Akan bersinar baginya cahaya antara dua Jum'at."



2. Membaca Surat As Sajdah dan Al Insan saat shalat shubuh.

Kedua surat tersebut sebagai isyarat perihal dua kejadian di hari Jumat, yakni penciptaan Adam dan hari kiamat. Rasulullah biasa membaca kedua surat tersebut pada shalat Shubuh di hari Jum'at.

Sebagaimana hadis yang diriwayatkan Abu Hurairah, beliau radhiyalahu 'anhu mengabarkan bahwa "Rasulullah membaca pada shalat Shubuh di hari Jumat, alif lam mim tanzil (As Sajdah) dan hal ataa 'ala-l insaan (Al Insan)," (HR. Bukhari).

3. Membaca shalawat

Membaca salawat pada hari biasa, sudah akan memberikan banyak kelimpahan pahala dan syafaat Rasul kelak di yaumil kiyamah. Apalagi bila dilakukan pada hari yang paling istimewa yaitu hari Jumat.

Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda;

“Perbanyaklah shalawat kepadaku pada setiap hari Jumat. Karena salawat umatku akan diperlihatkan padaku pada setiap Jumat. Barangsiapa yang banyak bersalawat kepadaku, dialah yang paling dekat denganku pada hari kiamat nanti“. (HR. Al-Baihaqi)

Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam juga bersabda,

“Perbanyaklah salawat kepadaku pada hari jum’at, maka sesungguhnya ia disaksikan, disaksikan para Malaikat. Dan sungguh, sekali-kali tidaklah salah seorang diantara kalian bersalawat kepadaku kecuali salawatnya akan ditampakkan kepadaku hingga dia selesai“. (HR. Ibnu Majah)

“Sesungguhnya hari yang paling utama bagi kalian adalah hari Jumat, maka perbanyaklah salawat kepadaku di dalamnya, karena shalawat kalian akan disampaikan kepadaku”. (H.R. Abu Dawud, Ibnu Majah, An Nasa’i)

Demikian amalan khusus di hari Jum’at. Shalat Jum’at tentu salah satunya. Hanya saja, shalat tersebut dikhususkan untuk para pria. Adapun ketiga amalan khusus tersebut dapat dilakukan siapa saja termasuk muslimah.


Wallahu A'lam
(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2145 seconds (0.1#10.140)