Ridha Dengan Bala untuk Meraih Cinta Allah Ta'ala

Selasa, 16 Juni 2020 - 06:59 WIB
loading...
A A A
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: ((ما من مسلم تصيبه مصيبة فيقول ما أمره الله:  إِنَّا لِلَّهِ وَإِنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُونَ اللهم آجرني في مصيبتي واخلف لي خيرًا منها إلا أخلف الله له خيرًا منها))

“Tidak ada seorang muslim yang tertimpa musibah, lalu ia membaca yang diperintahkan Allah subhanahu wa ta’ala:

إِنَّا لِلَّهِ وَإِنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُونَ اللهم آجرني في مصيبتي واخلف لي خيرًا منها

‘Sesungguhnya kita adalah milik Allah subhanahu wa ta’ala dan sesungguhnya kita akan kembali kepada-Nya. Ya Allah, berilah pahala kepadaku dalam musibahku dan gantikanlah untukku yang lebih bagi darinya.’ Melainkan Allah subhanahu wa ta’ala menggantikan untuknya yang lebih baik darinya.”



Sebagaimana beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam mengajarkan kepada kita bila kita melihat orang yang mendapat musibah agar kita memuji Allah subhanahu wa ta’ala atas nikmat afiyat, beliau bersabda:

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: (( من رأى مبتلى فقال: الحمد لله الذي عافاني مما ابتلاك به وفضلني على كثير ممن خلق تفضيلاً لم يصبه ذلك البلاء ))

“Siapa yang melihat orang yang tertimpa musibah lalu ia membaca: ‘Segala puji bagi Allah subhanahu wa ta’ala yang menyelamatkan aku dari bala yang ditimpakan kepadamu dengannya, dan memberikan karunia kepadaku terhadap kebanyakan yang Dia ciptakan,’ niscaya bala itu tidak akan menimpanya.” HR. at-Tirmidzi. Wallahu'alam. ( )
(mhy)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2438 seconds (0.1#10.140)