Inilah 7 Tips Sehat Berpuasa Selama Bulan Ramadhan

Kamis, 21 April 2022 - 13:56 WIB
loading...
A A A
Dari Salman bin ‘Amir Adh Dhobbi radhiyallahu ‘anhu, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda, “Jika salah seorang di antara kalian berbuka, maka berbukalah dengan tamr (kurma kering). Jika tidak dapati kurma, maka berbukalah dengan air karena air itu mensucikan.” (Bulughul Marom Hadis)

Namun jangan berlebihan makan kurma. Disarankan maksimal makan 3 kurma saja saat buka puasa. Kenapa? Karena kurma mengandung gula alami yang sangat padat. Kandungan gula yang tinggi akan berdampak buruk bagi penderita diabetes. Selain itu, kurma juga mengandung serat yang tinggi. Jika dimakan berlebihan, tubuh akan menerima begitu banyak serat dalam waktu singkat. Akibatnya bisa membuat sembelit (susah buang air besar) atau perut kembung.

Untuk menyeimbangi kandungan nutrisi dan gizi dari kurma, disarankan untuk banyak makan buah lainnya seperti pisang, apel, jeruk, dan lainnya. Konsumsi sayuran hijau seperti bayam untuk memenuhi zat besi sehingga tubuh tetap segar bugar.

7. Tidur yang cukup

Dalam kondisi tidak berpuasa, tubuh membutuhkan tidur selama 6-8 jam. Saat puasa, tubuh kita butuh waktu istirahat lebih lama. Tidur yang cukup bisa meningkatkan daya tahan tubuh supaya tidak gampang sakit. Jika memungkinkan, disarankan untuk tidur siang selama 1 jam. Tujuannya untuk menambah waktu istirahat bagi tubuh.



Wallahu A'lam
(wid)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1581 seconds (0.1#10.140)