Dahsyatnya Syafa'at Sahabat Bisa Mengeluarkan Temannya dari Neraka

Jum'at, 19 Juni 2020 - 22:17 WIB
loading...
Dahsyatnya Syafaat Sahabat Bisa Mengeluarkan Temannya dari Neraka
Teman yang baik dapat memberikan syafaat (pertolongan) pada hari Kiamat. Foto Ilustrasi/Ist
A A A
Mencari sahabat yang baik di zaman sekarang bukanlah perkara mudah mengingat kemajuan teknologi yang membuat manusia sibuk dengan dunianya sendiri. Kebanyakan orang tidak lagi memperhatikan dengan siapa ia berteman. Padahal, teman yang baik dapat memberikan syafa'at (pertolongan) pada hari Kiamat.

Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam (SAW) pernah bersabda, "Seseorang bergantung pada agama teman karibnya. Karena itu, hendaknya kalian memperhatikan siapa yang harus dijadikan teman karib". Hadis ini memberi pesan bahwa sahabat yang baik dan saleh akan membawa kita ke jalan Allah Ta'ala. ( )

"Sesungguhnya Allah tidak melihat pada bentuk rupa dan harta kalian. Akan tetapi, Allah hanyalah melihat pada hati dan amalan kalian". (HR. Muslim).

Beruntunglah orang-orang yang memiliki sahabat berhati mulia dan taat kepada Allah. Ia laksana bintang yang senantiasa menerangi. Ketika kita salah, dia hadir untuk mengingatkan. Ketika kita ditimpa musibah ia datang untuk menghibur. Ketika kita kesulitan, dia datang mengulurkan tangan.

Dai muda lulusan Kairo yang juga pakar ilmu linguistik Arab, Ustaz Miftah el-Banjary , menceritakan kisah sahabat ahli surga yang memiliki syafaat bagi ahli neraka. Beliau menukil perkataan Ibn al-Mubarak dalam Kitab-nya "Az-Zuhud".

Dikatakan, para ahli surga manakala mereka memasuki surga , akan tetapi mereka tidak mendapati teman dan sahabat mereka sewaktu di dunia, maka mereka akan bertanya kepada para malaikat, "Wahai Malaikat, kemana teman-teman kami dulu sewaktu di dunia?"

Malaikat menjawab, "Teman-teman kalian sedang berada di neraka!" (Baca Juga: 3 Syafaat pada Hari Kiamat, Apa Saja?)

Maka para ahli surga memohon kepada Allah Ta'ala agar teman dan sahabat mereka dibebaskan dan dimasukkan ke dalam surga bersama mereka. Allah pun mengabulkan permohonan mereka serta memerintahkan.

"Jemputlah teman dan sahabat kalian di neraka dan bawalah bersama kalian ke surga, meskipun hanya ada satu dzarrah iman di dalam hatinya!"

"Berkat permohonan itu, maka dibangkitkanlah para penghuni neraka , karena mereka pernah saling mengenal dan berteman sewaktu masih berada di dunia. Carilah teman-teman yang akan mencarimu di akhirat," kata Ustaz Miftah.

Khalifah Umar bin Khattab radhiyallahu 'anhu pernah berkata: "Tidaklah seseorang diberikan kenikmatan setelah Islam, yang lebih baik daripada kenikmatan memiliki saudara (muslim) yang saleh. Apabila engkau dapati salah seorang sahabat yang saleh maka peganglah erat-erat".

Rasulullah SAW bersabda:
الْمَرْءُ مَعَ مَنْ أَحَبَّ

"Setiap orang akan dikumpulkan bersama orang yang ia cintai." (HR. Al-Bukhari)

Ulama Tabi'in Imam Hasan Al-Bashri (642-728) juga berkata: "Perbanyaklah berteman dengan orang-orang yang beriman. Karena mereka memiliki syafaat pada hari Kiamat ". (Baca Juga: Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Mencari Teman)

Wallahu A'lam
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1775 seconds (0.1#10.140)