Topik Terkait: Akhlak Dan Kelembutan (halaman 2)

  • Akhlak dan Adab Seorang Muslimah yang Diberitahukan Al Quran dan Hadis
    Muslimah
    Selasa, 28 November 2023 - 10:15 WIB
    Akhlak dan adab merupakan salah satu hal penting, apalagi bagi seorang muslimah, dan semua akhlak yang baik untuk seorang muslimah sudah diberitahukan didalam Al Quran dan hadis
  • Kenapa Adab Lebih Utama Daripada Ilmu?
    Tausyiah
    Minggu, 23 Agustus 2020 - 21:23 WIB
    Imam Malik bin Anas berkata: Saat ibuku memasangkan imamah untukku, beliau mengatakan, Pergilah engkau ke Rabiah, dan belajarlah tentang adab sebelum ilmu.
  • Bolehkah Anak Menasehati Orang Tuanya? Bagaimana Adabnya?
    Muslimah
    Selasa, 18 Agustus 2020 - 16:54 WIB
    Dalam kehidupan banyak kita jumpai berbagai watak manusia. Termasuk dalam lingkup keluarga sendiri. Orang tua, kerabat dekat, teman, dan tetangga yang memiliki watak yang tidak sesuai dengan aturan-aturan yang berlaku.
  • Inilah Keutamaan dari Pribadi yang Rendah Hati
    Muslimah
    Senin, 03 Agustus 2020 - 17:49 WIB
    Muslimah, tawadhu atau sifat rendah hati merupakan sebuah akhlak dalam Islam yang tergolong ke dalam akhlak terpuji. Tawadhu dalam Islam berarti seseorang menempatkan dirinya lebih rendah di hadapan Allah dan hamba-Nya.
  • 5 Akhlak Dasar yang Wajib Dimiliki Seorang Muslim, Nomor 1 Sangat Gampang Dilakukan
    Tausyiah
    Rabu, 29 Juni 2022 - 14:39 WIB
    Seorang muslim dituntut untuk selalu memperbaiki akhlaknya. Akhlak yang baik seorang muslim harus mengejawantah dalam kehidupan sehari-hari. Kenapa demikian? Akhlak dasar apa yang harus dimiliki setiap muslim ini?
  • Inilah Nasib Orang yang Bakhil
    Muslimah
    Senin, 21 September 2020 - 19:00 WIB
    Bakhil adalah penyakit yang biasa menjangkiti sebagian kaum perempuan, sehingga tangannya merasa berat mengeluarkan harta untuk amal kebaikan. Namun untuk masalah dunia, baik itu yang mahal maupun murah, tangannya begitu dermawan.
  • Malu Menjadi Tanda Kecerdasan Seorang Anak
    Muslimah
    Selasa, 22 September 2020 - 06:05 WIB
  • Pentingnya Rasa Percaya Diri dan Dalilnya dalam Islam
    Tausyiah
    Senin, 23 Oktober 2023 - 10:53 WIB
    Dalam Islam, ternyata sangat penting seorang muslim itu mempunyai rasa kepercayaan diri yang baik. Sebab, kepercayaan diri ini adalah salah satu sifat orang yang bertakwa
  • Pemaaf, Salah Satu Sifat Mulia Nabi Muhammad SAW yang Jadi Cermin Akhlak Muslim
    Hikmah
    Minggu, 16 Juli 2023 - 10:55 WIB
    Nabi Muhammad Shalallahu alaihi wa sallam adalah manusia yang paling pemaaf dan berlapang dada. Pemaaf ini juga merupakan salah satu sifat Nabi Muhammad Shalallahu alaihi wa sallam
  • Akhlak Muslim, Pentingnya Mengenal Diri Sendiri
    Hikmah
    Kamis, 09 November 2023 - 10:28 WIB
    Seringkali kita pandai menilai orang lain, namun sebaliknya justru tidak mengenal akan diri sendiri. Padahal, sebagai bagian dari akhlak muslim, kita perlu mengetahui siapa diri kita dan bagaimana sebenarnya jati diri kita sendiri.
  • Beda Riya dan Sumah serta Bahayanya yang Perlu Diketahui Muslimah
    Muslimah
    Senin, 07 Maret 2022 - 18:14 WIB
    Niat dalam melakukan amal ibadah sudah pasti harus ikhlas. Akan tetapi, ada kalanya bila dilakukan terus menerus dan masif akhirnya bisa bercampur riya dan sumah
  • Bahayanya Sifat Hasad dan Cara Mengobatinya
    Muslimah
    Rabu, 02 September 2020 - 06:25 WIB
    Orang hasad adalah orang yang tanpa alasan yang rasional, tidak senang kepada segala kelebihan dan keutamaan yang dimiliki orang lain, baik kelebihan itu berupa harta benda, kekayaan, kedudukan, kehormatan, dan lain-lain.
  • Memaknai Keberkahan Ramadan (4): Bulan Menempa Karakter dan Akhlak Mulia
    Tausyiah
    Kamis, 30 Maret 2023 - 00:21 WIB
    Di antara keberkahan Ramadan yang tidak kalah pentingnya adalah dipersiapkan sebagai bulan untuk menempa karakter kemanusiaan kita. Karakter yang dimaksud adalah akhlak mulia.
  • Jangan Remehkan Kriteria Jodohmu, Ukhti!
    Tausyiah
    Senin, 08 Juni 2020 - 14:48 WIB
    Umat Islam harus membangun keluarga yang sakinah. Ada tuntunan syariat Allah di dalamnya. Karenanya, untuk mengawali membangun keluarga sakinah, tahap awalnya adalah berdoa agar mendapat jodoh yang baik akhlak dan agamanya.
  • 8 Keburukan dan Bahaya Tertawa Terbahak-bahak
    Hikmah
    Rabu, 01 Desember 2021 - 21:22 WIB
    Tertawa terbahak-bahak dapat mendatangkan mudarat dan penyesalan di Hari Kiamat. Ada 8 keburukan dan bahaya yang disebabkan tertawa terbahak-bahak.
  • Akhlak Islam : Kepada Binatang Saja Harus Berbuat Baik, Apalagi pada Manusia
    Tausyiah
    Selasa, 21 November 2023 - 10:43 WIB
    Berbuat baik dan menyayangi binatang adalah bagian dari ajaran agama Islam . Bahkan, bila kita berbuat baik kepada binatang, maka mendapatkan ampunan dari Allah subhanahu wa taala.
  • 10 Adab Berbicara Sesuai Tuntunan Rasul, Nomor Terakhir Jaga Nada Suara
    Tips
    Kamis, 22 September 2022 - 13:30 WIB
    Dalam menggunakan bahasa lisan (berbicara), tentu harus menggunakan bahasa yang baik, mudah dipahami dan dimengerti. Jangan sampai bahasa lisan yang disampaikan menyakiti orang lain, ketus, nyelekit dan menimbulkan permusuhan.
  • Tinggal di Rumah agar Terhindar Fitnah
    Muslimah
    Jum'at, 07 Agustus 2020 - 06:00 WIB
    Dalam Islam, yang wajib memberikan nafkah adalah suami. Dan suami diperintahkan untuk keluar rumah mencari nafkah. Wanita tidak diperbolehkan keluar rumah kecuali dengan izin suami.
  • Mengenakan Pakaian Populer, Makruh atau Haram?
    Muslimah
    Minggu, 25 Oktober 2020 - 06:54 WIB
    Pakaian adalah perhiasan hidup manusia, dengan pakaian itu manusia akan tampak indah, rapi, menawan sehingga penampilan semakin mantap. Namun demikian, hal yang harus dihindari dalam berpakaian ialah pakaian syuhrah atau pakaian popularitas. Kenapa?
  • Amanah, Tanda-tanda Iman Seorang Mukmin
    Muslimah
    Rabu, 14 Oktober 2020 - 08:00 WIB
    Sebagai muslim, kita diajarkan untuk menjaga amanah yang kita terima dari orang lain. Bahkan, Islam mewajibkan kita untuk memelihara amanah, yaitu dengan bersikap jujur dan bisa dipercaya.