Topik Terkait: Alam Semesta

  • Ujian di Alam Kubur, Bisa Jadi Taman Surga Atau Lubang Neraka
    Hikmah
    Selasa, 07 Juni 2022 - 13:45 WIB
    Apabila seseorang selamat di alam kubur maka setelahnya akan lebih mudah bagi dia. Nabi shallallahu alaihi wasallam mengingatkan manusia tentang fitnah kubur.
  • Kelahiran Nabi Muhammad SAW Rahmat Terbesar Allah untuk Alam Semesta
    Tausyiah
    Senin, 18 September 2023 - 16:31 WIB
    Kelahiran Nabi Muhammad SAW bukanlah peristiwa biasa melainkan di dalamnya terdapat hikmah yang sangat agung. Kelahiran beliau merupakan rahmat terbesar Allah untuk alam semesta.
  • Bencana Alam Bertubi-tubi, Jangan Lupa Membaca Doa Ini
    Tausyiah
    Minggu, 17 Januari 2021 - 07:30 WIB
    Musibah yang menimpa manusia baik kematian, gempa bumi, gunung meletus, banjir, tanah longsor, tidaklah terjadi kecuali atas izin Allah Taala. Berikut doa saat terjadi bencana alam.
  • 5 Ayat Yasin tentang Fenomena Alam Berikut Penjelasannya
    Hikmah
    Jum'at, 02 September 2022 - 05:10 WIB
    Ayat Yasin tentang fenomena alam menjadi bukti dan tanda-tanda kebesaran Allah Yang Maha Agung. Berikut ini lima ayat tentang fenomena alam dalam Surat Yasin.
  • Benarkah Langit Tak Punya Tiang? Berikut Tafsir Surat Luqman Ayat 10
    Hikmah
    Minggu, 26 Desember 2021 - 22:58 WIB
    Penciptaan alam semesta termasuk langit yang terlihat tak bertiang adalah satu dari tanda-tanda kekuasaan Allah. Benarkah langit tak punya tiang?
  • cover top ayah
    يٰۤـاَيُّهَا النَّاسُ اِنۡ كُنۡـتُمۡ فِىۡ رَيۡبٍ مِّنَ الۡبَـعۡثِ فَاِنَّـا خَلَقۡنٰكُمۡ مِّنۡ تُرَابٍ ثُمَّ مِنۡ نُّـطۡفَةٍ ثُمَّ مِنۡ عَلَقَةٍ ثُمَّ مِنۡ مُّضۡغَةٍ مُّخَلَّقَةٍ وَّغَيۡرِ مُخَلَّقَةٍ لِّـنُبَيِّنَ لَـكُمۡ‌ ؕ وَنُقِرُّ فِى الۡاَرۡحَامِ مَا نَشَآءُ اِلٰٓى اَجَلٍ مُّسَمًّى ثُمَّ نُخۡرِجُكُمۡ طِفۡلًا ثُمَّ لِتَبۡلُغُوۡۤا اَشُدَّكُمۡ ‌ۚ وَمِنۡكُمۡ مَّنۡ يُّتَوَفّٰى وَمِنۡكُمۡ مَّنۡ يُّرَدُّ اِلٰٓى اَرۡذَلِ الۡعُمُرِ لِكَيۡلَا يَعۡلَمَ مِنۡۢ بَعۡدِ عِلۡمٍ شَيۡــًٔـا‌ ؕ وَتَرَى الۡاَرۡضَ هَامِدَةً فَاِذَاۤ اَنۡزَلۡنَا عَلَيۡهَا الۡمَآءَ اهۡتَزَّتۡ وَرَبَتۡ وَاَنۡۢبَـتَتۡ مِنۡ كُلِّ زَوۡجٍۢ بَهِيۡجٍ
    Wahai manusia! Jika kamu meragukan (hari) kebangkitan, maka sesungguhnya Kami telah menjadikan kamu dari tanah, kemudian dari setetes mani, kemudian dari segumpal darah, kemudian dari segumpal daging yang sempurna kejadiannya dan yang tidak sempurna, agar Kami jelaskan kepada kamu; dan Kami tetapkan dalam rahim menurut kehendak Kami sampai waktu yang sudah ditentukan, kemudian Kami keluarkan kamu sebagai bayi, kemudian (dengan berangsur-angsur) kamu sampai kepada usia dewasa, dan di antara kamu ada yang diwafatkan dan (ada pula) di antara kamu yang dikembalikan sampai usia sangat tua (pikun), sehingga dia tidak mengetahui lagi sesuatu yang telah diketahuinya. Dan kamu lihat bumi ini kering, kemudian apabila telah Kami turunkan air (hujan) di atasnya, hiduplah bumi itu dan menjadi subur dan menumbuhkan berbagai jenis pasangan tetumbuhan yang indah.

    (QS. Al-Hajj Ayat 5)
    cover bottom ayah
  • Wabah Covis-19 di Saat Bulan Haram, Siklus Semesta Alam?
    Hikmah
    Rabu, 25 Maret 2020 - 07:30 WIB
    Sangat penting dipahami bahwa wabah penyakit, termasuk COVID-19, adalah suatu fenomena alam biasa. Tidak perlu panik, tetapi perlu kewaspadaan tinggi
  • Asbabun Nuzul Maryam Ayat 64: Bukti Kekuasaan Allah SWT Pemilik Alam Semesta
    Muslimah
    Minggu, 10 Desember 2023 - 13:06 WIB
    Asbabun Nuzul surat Maryam berguna untuk meningkatkan keimanan seorang muslim. Surat Maryam surat tergolong surat Makkiyah yang disebut sebagai surat ke-19 dalam Al-Quran dan terdiri dari 98 ayat.
  • Buya Yahya: Rabiul Awal Bulan Rahmat Bagi Semesta Alam
    Tausiyah
    Rabu, 30 Oktober 2019 - 05:13 WIB
    Rabiul Awal menjadi bulan istimewa karena di dalamnya banyak terjadi peristiwa penting dialami Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam (SAW).
  • Begini Sikap Malaikat yang Melakukan Interogasi di Alam Kubur
    Tausyiah
    Senin, 30 Mei 2022 - 15:18 WIB
    Orang kafir, setelah memberi jawaban yang salah, terdengar seruan di langit, Ia telah berdusta. Siapkanlah tempat tidur dari api neraka dan bukalah pintu menuju neraka!
  • Nabi Muhammad Bukan Manusia Biasa! Beliau Penghulu Alam Semesta
    Hikmah
    Selasa, 19 November 2019 - 05:15 WIB
    Tak kenal maka tak sayang, tak sayang maka tak cinta. Kalimat bijak ini sangat tepat untuk mereka yang mungkin khilaf membandingkan Nabi Muhammad SAW dengan mantan presiden yang notabene adalah umatnya.
  • 4 Perkara yang Menyelamatkan Manusia di Alam Kubur
    Tausyiah
    Jum'at, 06 Oktober 2023 - 05:10 WIB
    Untuk mendapatkan kenikmatan kubur tentu tidak dapat diraih begitu saja kecuali dengan amal saleh ketika hidup. Berikut ini empat perkara yang menyelamatkan di alam kubur.
  • Benarkah Ruh di Alam Barzakh Bisa Bertemu dengan Ruh Keluarganya?
    Hikmah
    Minggu, 31 Desember 2023 - 12:25 WIB
    Ketika orang yang sudah meninggal dan masuk ke alam barzakh, apakah roh-nya bisa bertemu dengan keluarganya terutama yang sudah wafat? Benarkah mereka bisa saling mengunjungi?
  • 5 Keajaiban Al-Quran di Alam Semesta
    Hikmah
    Senin, 15 Januari 2024 - 15:11 WIB
    Berikut 5 keajaiban Al-Quran di alam semesta. Pertama, Pertemuan dua air laut yang tidak menyatu. Kedua, api di dasar laut. Ketiga, garis edar tata surya. Keempat, sungai di dasar laut. Kelima, terbentuknya air hujan.
  • Pertanyaan Malaikat Munkar dan Nakir di Alam Kubur dan Orang yang Selamat
    Hikmah
    Sabtu, 22 Oktober 2022 - 17:21 WIB
    Setiap manusia yang memasuki alam kubur akan ditanya oleh Malaikat Munkar dan Nakir tentang beberapa perkara. Berikut gambaran Munkar dan Nakir dan pertanyaannya kepada mayit.
  • Allah Menciptakan dan Mengelola Alam Raya Ini dengan Keadilan
    Tausyiah
    Jum'at, 12 Januari 2024 - 09:01 WIB
    Allah menciptakan dan mengelola alam raya ini dengan keadilan, dan menuntut agar keadilan mencakup semua aspek kehidupan. Akidah, syariat atau hukum, akhlak, bahkan cinta dan benci.
  • Zikir dan Doa Rasulullah SAW Saat Terjadi Bencana Alam
    Tips
    Minggu, 04 Desember 2022 - 12:14 WIB
    Dalam pandangan Islam bencana alam, seperti gempa bumi, banjir dan musibah lainnya merupakan bagian dari tanda kekuasaan Allah Subhanahu wa taala di alam semesta ini.
  • Kisah Laki-laki Selamat di Alam Kubur Berkat Puasa Sunnah Syawal
    Hikmah
    Rabu, 11 Mei 2022 - 17:15 WIB
    Puasa sunnah enam hari di bulan Syawal hukumnya memang sunnah, namun fadilahnya dapat menyelamatkan seseorang dari siksa kubur. Berikut kisahnya.
  • Mengapa Masa Muda Ditanyakan di Alam Kubur? Begini Penjelasannya Menurut Ulama
    Tausyiah
    Selasa, 26 Juli 2022 - 10:24 WIB
    Islam memberi perhatian serius kepada para pemuda. Masa muda adalah penentu nasib untuk sejarah kehidupan seorang manusia. Bahkan usia di saat muda menjadi salah satu yang akan dimintakan pertanggung jawaban di alam kubur.
  • Pesan Gus Baha Agar Tidak Ditanya Malaikat di Alam Kubur
    Tausyiah
    Jum'at, 04 Juni 2021 - 05:00 WIB
    Ulama ahli tafsir Gus Baha menyampaikan tips agar tidak ditanya Malaikat di alam kubur. Gus Baha menceritakan kisah Sayyidina Umar yang membentak Malaikat Munkar-Nakir.
  • Doa Dijauhkan dari Musibah dan Bencana
    Tips
    Senin, 06 Desember 2021 - 07:42 WIB
    Doa agar dijauhkan dari musibah dan bencana ini, penting kita amalkan. Mengingat akhir-akhir ini, musibah dan berbagai bencana alam masih dialami di berbagai daerah di Tanah Air.