Topik Terkait: Amalan Sebelum Sholat Subuh

  • Doa yang Dibaca Saat Berbaring Sejenak Usai Sholat Qabliyah Subuh
    Tips
    Jum'at, 12 Agustus 2022 - 22:40 WIB
    Berbaring sejenak usai sholat qabliyah Subuh merupakan anjuran Nabi. Berikut doa yang dibaca ketika berbaring sejenak sebelum melaksanakan sholat Subuh berjamaah.
  • Hukum Sholat Sunnah Qobliyah Subuh, Amalan yang Dicintai Rasulullah
    Tips
    Senin, 07 Februari 2022 - 23:56 WIB
    Hukum melaksanakan sholat sunnah rawatib Qabliyah Subuh pada dasranya adalah sunnah. Walaupun ada beberapa pandangan yang mewajibkan sholat sunnah qabliyah Subuh.
  • Jangan Lewatkan 3 Amalan Setelah Sholat Subuh Bertabur Pahala
    Tips
    Senin, 05 Desember 2022 - 19:47 WIB
    Waktu Subuh adalah waktu yang sangat diberkahi. Ada tiga amalan setelah sholat Subuh yang sayang apabila dilewatkan umat muslim. Berikut amalannya.
  • Doa dan Dzikir Setelah dan Sebelum Sholat Subuh
    Tips
    Jum'at, 21 Juli 2023 - 22:23 WIB
    Doa dan dzikir setelah dan sebelum sholat Subuh berikut sangat baik diamalkan kaum muslim. Wirid ini memiliki keutamaan besar dan pahala yang tak terhitung.
  • Doa Sebelum Salat Qobliyah Subuh
    Tips
    Senin, 31 Juli 2023 - 19:39 WIB
    Doa sebelum salat qobliyah subuh adalah niat. Niat ini dianjurkan dihapal seperti halnya saat mengerjakan salat fardhu lima waktu.Lantas bagaimana niat salat qobliyah subuh beserta tata cara dan waktu mengerjakannya yang tepat?
  • cover top ayah
    وَوَصَّيۡنَا الۡاِنۡسَانَ بِوَالِدَيۡهِ اِحۡسَانًا‌ ؕ حَمَلَـتۡهُ اُمُّهٗ كُرۡهًا وَّوَضَعَتۡهُ كُرۡهًا‌ ؕ وَحَمۡلُهٗ وَفِصٰلُهٗ ثَلٰـثُوۡنَ شَهۡرًا‌ ؕ حَتّٰٓى اِذَا بَلَغَ اَشُدَّهٗ وَبَلَغَ اَرۡبَعِيۡنَ سَنَةً  ۙ قَالَ رَبِّ اَوۡزِعۡنِىۡۤ اَنۡ اَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ الَّتِىۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَىَّ وَعَلٰى وَالِدَىَّ وَاَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًا تَرۡضٰٮهُ وَاَصۡلِحۡ لِىۡ فِىۡ ذُرِّيَّتِىۡ ؕۚ اِنِّىۡ تُبۡتُ اِلَيۡكَ وَاِنِّىۡ مِنَ الۡمُسۡلِمِيۡنَ
    Dan Kami perintahkan kepada manusia agar berbuat baik kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Masa mengandung sampai menyapihnya selama tiga puluh bulan, sehingga apabila dia (anak itu) telah dewasa dan umurnya mencapai empat puluh tahun dia berdoa, Ya Tuhanku, berilah aku petunjuk agar aku dapat mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau limpahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku dapat berbuat kebajikan yang Engkau ridhai; dan berilah aku kebaikan yang akan mengalir sampai kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertobat kepada Engkau dan sungguh, aku termasuk orang muslim.

    (QS. Al-Ahqaf Ayat 15)
    cover bottom ayah
  • Kisah Rasulullah SAW dan Sahabat Kesiangan Sholat Subuh
    Hikmah
    Selasa, 05 April 2022 - 03:05 WIB
    Kisah Rasulullah SAW dan sahabat kesiangan sehingga melewatkan waktu Subuh menarik untuk dikaji. Kisah ini menjadi jawaban syariat bagi yang tidak sholat karena tertidur.
  • Fadhilah Membaca Surat Al-Ikhlas 10 Kali Setelah Sholat Subuh
    Tausyiah
    Jum'at, 17 Juni 2022 - 05:05 WIB
    Dalam Kitab Al-Mawaizh Al-Usfuriyah, Syaikh Muhammad bin Abu Bakar Ushfury menerangkan keutamaan membaca Surat Al-Ikhlas 10 kali setelah sholat Subuh.
  • Hikmah Membaca Surat Al-Sajdah dan Al-Insan saat Sholat Subuh di Hari Jumat
    Tausyiah
    Kamis, 02 Desember 2021 - 19:19 WIB
    Rasulullah SAW selalu membaca surat Al-Sajdah dan Al-Insan saat shalat Subuh di hari Jumat, sehingga menjalankan hal yang sama adalah hukumnya sunnah.
  • 4 Amalan Sebelum Tidur yang Diwasiatkan Rasulullah SAW
    Tips
    Minggu, 18 Juni 2023 - 20:20 WIB
    Ada amalan sebelum tidur yang lebih bermanfaat dan tentunya mendatangkan pahala jika dilakukan. Islam telah memaparkannya dalam banyak riwayat baik dari Al Quran maupun As Sunnah.
  • Mandi Sebelum Subuh, Pahala dan Manfaat untuk Kesehatan
    Tips
    Senin, 14 Februari 2022 - 23:50 WIB
    Mandi sebelum Subuh memiliki keutamaan pahala dan manfaat untuk kesehatan. Inilah kebiasaan orang-orang terdahulu yang dapat kita teladani.
  • Niat dan Keutamaan Salat Qabliyah Subuh
    Tips
    Kamis, 14 September 2023 - 16:53 WIB
    Para ulama telah sepakat bahwa tidak sah ibadah tanpa niat, meskipun ada perbedaan pendapat tentang apakah niat itu rukun atau syarat sah salat.
  • 9 Kerugian Bila Lalai Sholat Subuh, Nomor Terakhir Hilang Semua Kebaikan Hidup
    Tips
    Rabu, 11 Mei 2022 - 09:28 WIB
    Melalaikan bahkan meninggalkan sholat subuh termasuk dosa besar yang dapat mengantarkan seseorang kepada pada kekafiran. Tidak sholat subuh juga memberi kerugian luar biasa bagi yang melakukannya.
  • 4 Amalan sebelum Merayakan Idul Adha, Jangan Makan hingga Selesai Sholat Id
    Tips
    Sabtu, 09 Juli 2022 - 10:03 WIB
    Berbeda dengan Idul Fitri, untuk Idul Adha dituntunkan agar orang tidak makan terlebih dahulu sejak fajar sampai dengan selesai salat Idul Adha. Hal ini sesuai dengan sunnah yang dilakukan Nabi SAW:
  • 5 Amalan Sunah bagi Muslimah Menjelang Sholat Iduladha
    Muslimah
    Senin, 26 Juni 2023 - 12:42 WIB
    Melaksanakan sholat Iduladha dianjurkan dihadiri semua kaum muslimin, baik tua, muda, dewasa, anak-anak, laki-laki dan wanita, termasuk wanita yang sedang haid sekalipun
  • Miliki Dunia Seisinya, Inilah Surat yang Dibaca Nabi Saat Qobliyah Subuh
    Tips
    Selasa, 28 September 2021 - 04:10 WIB
    Tak perlu silau dengan harta dan kemewahan dunia, sebab Rasulullah mengabarkan satu amalan ringan yang nilainya jauh lebih baik dari dunia dan seisinya.
  • Amalan Sebelum Beraktivitas yang Banjir Pahala
    Tips
    Kamis, 31 Agustus 2023 - 09:55 WIB
    Ada amalan yang bila dilakukan oleh muslim dan muslimah sebelum beraktivitas di pagi hari yang akan mendapatkan pahala amal yang luar biasa dari Allah Taala.
  • Niat Sholat Qobliyah Subuh Lengkap dengan Tata Cara dan Waktu Mengerjakannya
    Tips
    Jum'at, 17 Juni 2022 - 18:02 WIB
    Bacaan niat sholat qobliyah subuh adalah amalan sebelum mengerjakan sholat sebelum atau qobliyah subuh. Niat ini dianjurkan dihapal seperti halnya saat mengerjakan sholat fardhu lima waktu.
  • Keutamaan Sholat Subuh dan Ashar Berjamaah, Ini Ganjarannya
    Tausyiah
    Kamis, 09 Maret 2023 - 18:26 WIB
    Sholat Subuh dan Ashar berjamaah memiliki keutamaan tersendiri. Siapa yang istiqomah mengerjakan kedua sholat ini secara berjamaah maka ia akan mendapatkan fadhilah besar.
  • Rasulullah SAW Membaca Surat As-Sajdah dan Al-Insan saat Sholat Subuh di Hari Jumat
    Tausyiah
    Kamis, 18 Agustus 2022 - 17:52 WIB
    Rasulullah SAW memiliki kebiasaan membaca Alif Lam Mim Sajdah, yaitu surat ke-32, dan surat al-Insan, yaitu surat ke 76, di dalam sholat subuh pada hari Jumat
  • Hukum Tidur Setelah Sholat Subuh Menurut Perspektif Islam
    Tausyiah
    Senin, 10 Mei 2021 - 03:35 WIB
    Tidur bukan sekadar melepas lelah, tetapi kebutuhan yang harus dipenuhi setiap manusia. Bagaimana hukum tidur setelah sholat Subuh menurut perpektif Islam?