Topik Terkait: Arwah (halaman 303)

  • Penjelasan Ustaz Abdul...
    Tausyiah
    Senin, 13 Maret 2023 - 07:30 WIB
    Penjelasan Ustaz Abdul Somad (UAS) terkait Hilal Ramadan menarik untuk disimak. UAS menjelaskan tema ini dalam buku populernya 30 Fatwa Seputar Ramadhan.
  • Hadis Palsu Menjelang...
    Tausyiah
    Selasa, 14 Maret 2023 - 07:05 WIB
    Setiap menjelang Ramadan selalu muncul Hadis-hadis palsu di tengah masyarakat. Hadis hasil kerajinan tangan ini berseliweran di berbagai media sosial. Ini salah satunya.
  • Sholat 2 Rakaat Memakai...
    Tausyiah
    Selasa, 14 Maret 2023 - 21:53 WIB
    Nabi Muhammad SAW ketika hendak sholat selalu bersiwak terlebih dahulu. Salah satu keutamaan menggunakan siwak ini adalah dilipatgandakannya pahala sholat.
  • 8 Kebiasaan Masyarakat...
    Dunia Islam
    Rabu, 15 Maret 2023 - 15:13 WIB
    Masyarakat Islam di Indonesia memiliki beberapa kebiasaan yang lazim dilakukan pada bulan Ramadan di berbagai daerah di tanah air. Salah satunya tradisi membangunkan sahur.
  • Keutamaan Tadarus Al-Quran...
    Tausyiah
    Kamis, 16 Maret 2023 - 05:10 WIB
    Tadarus Al-Quran pada malam-malam Ramadan sudah menjadi tradisi bagi muslim di Indonesia. Tadarus Al-Quran ini memiliki keutamaan apalagi dilakukan secara berjamaah.
  • cover top ayah
    وَحُشِرَ لِسُلَيۡمٰنَ جُنُوۡدُهٗ مِنَ الۡجِنِّ وَالۡاِنۡسِ وَالطَّيۡرِ فَهُمۡ يُوۡزَعُوۡنَ (١٧) حَتّٰٓى اِذَاۤ اَتَوۡا عَلٰى وَادِ النَّمۡلِۙ قَالَتۡ نَمۡلَةٌ يّٰۤاَيُّهَا النَّمۡلُ ادۡخُلُوۡا مَسٰكِنَكُمۡ‌ۚ لَا يَحۡطِمَنَّكُمۡ سُلَيۡمٰنُ وَجُنُوۡدُهٗۙ وَهُمۡ لَا يَشۡعُرُوۡنَ‏ (١٨) فَتَبَسَّمَ ضَاحِكًا مِّنۡ قَوۡلِهَا وَقَالَ رَبِّ اَوۡزِعۡنِىۡۤ اَنۡ اَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ الَّتِىۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَىَّ وَعَلٰى وَالِدَىَّ وَاَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًـا تَرۡضٰٮهُ وَاَدۡخِلۡنِىۡ بِرَحۡمَتِكَ فِىۡ عِبَادِكَ الصّٰلِحِيۡنَ (١٩)
    Dan untuk Sulaiman dikumpulkan bala tentaranya dari jin, manusia dan burung, lalu mereka berbaris dengan tertib. Hingga ketika mereka sampai di lembah semut, berkatalah seekor semut, Wahai semut-semut! Masuklah ke dalam sarang-sarangmu, agar kamu tidak diinjak oleh Sulaiman dan bala tentaranya, sedangkan mereka tidak menyadari. Maka dia (Sulaiman) tersenyum lalu tertawa karena (mendengar) perkataan semut itu. Dan dia berdoa, Ya Tuhanku, anugerahkanlah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku mengerjakan kebajikan yang Engkau ridhai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang shalih.

    (QS. An-Naml Ayat 17-19)
    cover bottom ayah
  • Tradisi Punggahan, Berdoa...
    Dunia Islam
    Kamis, 16 Maret 2023 - 09:37 WIB
    Masyarakat Indonesia menyambut bulan suci Ramadan dengan beragam tradisi. Salah satunya adalah tradisi punggahan. Ini dilakukan di sejumlah daerah Jawa dengan cara berbeda-beda.
  • Pengertian Tahawwur,...
    Tausyiah
    Jum'at, 17 Maret 2023 - 23:11 WIB
    Pengertian Tahawwur, sifat tercela yang harus dihindari kaum muslim karena dampaknya yang merusak. Tahawwur termasuk penyakit hati yang sering tidak disadari manusia.
  • Potret Rasa Cinta Manusia...
    Muslimah
    Minggu, 19 Maret 2023 - 05:15 WIB
    Rasa cinta adalah salah satu pokok kehidupan dan dalam Al-Quran kata cinta juga disebutkan dengan berbagai sinonim atau persamaan kata. Lalu bagaimana dengan rasa cinta yang ada pada manusia?
  • Sebuah Dongeng Ajaran...
    Hikmah
    Minggu, 19 Maret 2023 - 17:37 WIB
    Dongeng digunakan para guru Sufi untuk memberikan suatu gambaran kehidupan yang lebih sejalan dengan perasaan mereka dibandingkan melalui wahana kegiatan intelektual.
  • Melepaskan Keakuan Seorang...
    Tausyiah
    Minggu, 19 Maret 2023 - 17:12 WIB
    Jadi yang mempercepat orang mencapai derajat yang tinggi di sisi Allah SWT bukanlah frekuensi salat dan puasa. Bukankah semua ibadah itu hanyalah ungkapan rasa syukur kita kepada Allah.
  • Bacaan Niat, Sahur dan...
    Tausyiah
    Senin, 20 Maret 2023 - 08:15 WIB
    Bulan suci Ramadan tinggal hitungan hari saja, sebagai muslim kita diharuskan berniat dan membaca doa puasa sebagai hal mendasar dalam setiap ibadah yang akan kita jalani
  • Kisah Nabi SAW Mencintai...
    Hikmah
    Jum'at, 10 Maret 2023 - 11:56 WIB
    Rasulullah SAW sangat mencintai pamannya, Abbas bin Abdul Muthalib ra. Kendati demikian, beliau tidak memberi jabatan di pemerintahan kepada Abbas padahal sang paman sangat menginginkan jabatan tersebut.
  • Mengapa Dinamakan Ramadan?...
    Tausyiah
    Rabu, 15 Maret 2023 - 17:43 WIB
    Asal usul penamaan bulan Ramadan perlu diketahui kaum muslim sebagai bekal menyambut bulan puasa. Ramadan adalah bulan ke-9 dalam kalender Hijriyah.
  • Jadwal Imsakiyah Jakarta...
    Tips
    Jum'at, 17 Maret 2023 - 06:33 WIB
    Jadwal Imsakiyah dan salat ini berlaku tanggal 17 Maret 2023 atau 24 Syaban 1444 H. Khusus bagi warga Jakarta dan sekitarnya, jadwal ini dapat dijadikan acuan untuk menjalankan ibadah.
  • 3 Mata yang Tidak Menangis...
    Hikmah
    Senin, 20 Maret 2023 - 14:29 WIB
    Al-Quran menceritakan berkali-kali tentang peristiwa hari kiamat ini, seperti yang disebutkan dalam surah Al-Ghasyiyah ayat 1-16. Dalam surah itu, digambarkan bahwa tidak semua wajah ketakutan.
  • Zakat Konsep Harta yang...
    Tausyiah
    Senin, 20 Maret 2023 - 17:32 WIB
    Mengkaitkan soal pemerataan, dengan konsep zakat bukan merupakan hal yang tak masuk akal. Bahkan mengkaitkannya dengan rukun Islam yang lain bukan merupakan perkara mustahil.
  • Benarkah Kewajiban Puasa...
    Tausyiah
    Selasa, 21 Maret 2023 - 05:15 WIB
    Apakah kewajiban itu langsung ditetapkan oleh Al-Quran selama sebutan penuh, ataukah bertahap? Sikap Al-Quran seringkali memang melakukan penahapan dalam perintah-perintahnya.
  • Sholat Tarawih Berapa...
    Tausyiah
    Selasa, 21 Maret 2023 - 17:25 WIB
    Sholat Tarawih berapa rakaat? Pertanyaan ini selalu muncul setiap menjelang bulan Ramadan. Berikut ini penjelasan lengkap sholat Tarawih lengkap dengan dalilnya.
  • 5 Manfaat Mengakhirkan...
    Tausyiah
    Kamis, 23 Maret 2023 - 03:10 WIB
    Mengakhirkan sahur merupakan sunnah Nabi Muhammad shollallahu alaihi wasallam (SAW) ketika puasa Ramadan. Setidaknya ada lima manfaat mengakhirkan sahur di bulan Ramadan.
  • Amalan Wanita Haid yang...
    Muslimah
    Kamis, 23 Maret 2023 - 11:02 WIB
    Kaum wanita yang mengalami haid masih bisa menjalankan amalan yang akan meraih pahala bulan suci Ramadan. Amalan apa saja yang bisa dilakukan wanita yang tengah berhadas ini?