Topik Terkait: Biografi Gus Baha (halaman 4)

  • Gus Baha Kupas Tuntas...
    Tausyiah
    Rabu, 12 Januari 2022 - 14:59 WIB
    Ulama ahli tafsir Al-Quran Gus Baha (KH Ahmad Bahauddin Nursalim) menjelaskan tentang jual beli dan riba. Mana yang lebih menguntungkan? Simak penjelasannya.
  • Mengapa Nabi Muhammad...
    Tausyiah
    Senin, 13 Desember 2021 - 17:04 WIB
    Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam merupakan sosok Nabiyyil Ummiyyi atau tak bisa membaca dan menulis. Berikut jawaban cerdas Gus Baha.
  • Penjelasan Gus Baha...
    Tausyiah
    Kamis, 13 Januari 2022 - 13:09 WIB
    Sebagai ulama kharismatik dan ahli tafsir Al Quran, wajar saja pendapat Gus Baha menjadi rujukan dan fatwa bagi persoalan hukum dalam Islam. Salah satunya adalah soal rokok.
  • Happy Beragama, Gus...
    Hikmah
    Minggu, 19 April 2020 - 10:25 WIB
    Gus Baha mengatakan agama harus dibawa secara menyenangkan agar agama membawa keceriaan hati. Keceriaan sosial. Nabi paling marah jika suatu kebaikan menjadi problem, katanya.
  • Nikah Itu Dekat dengan...
    Tausyiah
    Rabu, 01 September 2021 - 08:11 WIB
    Gus Baha mengatakan pernikahan itu sangat dekat dengan sholat. Berkumpul dengan istri atau menggauli istri adalah sujud anak adam. Sedangkan sholat adalah sujud kepada Allah SWT.
  • Ngaji Gus Baha Terbaru:...
    Tausyiah
    Jum'at, 03 September 2021 - 17:37 WIB
    Gus Baha menjelaskan strategi dakwah Sunan Kalijaga yang terkadang tak seirama dengan para wali lainnya. Sunan Kalijaga lebih mengedepankan jawanisasi Islam untuk berdakwah pada masyarakat awam.
  • Penjelasan Gus Baha...
    Tausyiah
    Kamis, 04 Agustus 2022 - 05:10 WIB
    Penjelasan Gus Baha tentang uang hasil copet dan judi menarik untuk disimak. Ulama ahli tafsir Al-Quran asal Rembang ini mengulasnya dari perspektif ilmu fiqih.
  • Ngaji Gus Baha: Sikap...
    Tausyiah
    Senin, 10 Mei 2021 - 17:08 WIB
    KH Bahauddin Nursalim (Gus Baha) menceritakan kisah-kisah yang pernah dialami orang-orang alim di masa dahulu. Salah satunya kisah KH Raden Asnawi, Kudus, Jawa Tengah.
  • Ceramah Gus Baha tentang...
    Tausyiah
    Sabtu, 26 November 2022 - 00:22 WIB
    Ceramah Gus Baha tentang gempa bumi bukanlah azab, seakan menjadi jawaban bahwa ketika terjadi gempa di sebuah wilayah atau daerah, tidak boleh langsung dikatakan Allah Taala telah menurunkan azab. Kenapa?
  • Kritik Gus Baha kepada...
    Dunia Islam
    Sabtu, 28 Mei 2022 - 10:40 WIB
    Tahun ini Arab Saudi membuka penyelenggaraan ibadah Haji sebanyak 1 juta jemaah. Gus Baha menyampaikan kiritik kepada mereka yang minta didoakan jadi Haji mabrur.
  • Penjelasan Gus Baha...
    Tausyiah
    Senin, 12 September 2022 - 06:30 WIB
    Penjelasan Gus Baha tentang hukum sholat awal waktu menarik untuk disimak. Mungkin banyak yang beranggapan bahwa sholat di awal waktu hukumnya wajib.
  • Penjelasan Gus Baha:...
    Tausyiah
    Jum'at, 24 Juni 2022 - 05:10 WIB
    Penjelasan Gus Baha tentang sholat berjamaah dulu atau melanjutkan pekerjaan menarik untuk disimak. Mana yang harus didahulukan? Simak penjelasan beliau berikut.
  • Gus Baha: Jangan Benci...
    Tausyiah
    Jum'at, 18 Juni 2021 - 14:08 WIB
    Kajian Gus Baha kali ini bercerita tentang kisah ulama besar yang ditegur Allah karena membenci orang yang tidur. Simak tausiyah Gus Baha beriikut yang penuh dengan hikmah.
  • Berikut ini Kunci Sikap...
    Tausyiah
    Senin, 07 Juni 2021 - 12:52 WIB
    Pikiran saya sederhana, ilmu itu melahirkan sikap. Jika punya referensi yang cukup tentang toleransi maka kita hidup di mana saja maka akan tetap toleransi, ucap Gus Baha
  • Musik Bisa Asyik untuk...
    Hikmah
    Kamis, 07 Oktober 2021 - 16:35 WIB
    Gus Baha menyebut Jalaluddin Rumi sebagai orang yang sholeh. Logikanya juga masuk akal. Kalau orang bisa asyik dengan musik untuk hal-hal yang mungkar, masak kita kalah asyik dengan Tuhan?
  • Gus Baha: Membaca Shalawat...
    Tausyiah
    Rabu, 13 Oktober 2021 - 16:32 WIB
    Gus Baha menyatakan membaca shalawat tak sekadar menunjukkan ma?abbah atau cinta kita kepada Rasulullah semata, melainkan juga sebagai pengakuan bahwa Nabi Muhammad adalah makhluk terbaik.
  • Kisah Quraish Shihab...
    Hikmah
    Kamis, 12 Agustus 2021 - 15:20 WIB
    Kisah Quraish Shihab dan Gus Mus saat kuliah di Mesir cukup mengesankan. Di Al-Azhar Mesir inilah keduanya pada 53 tahun yang lalu mulai menjalin persahabatan.
  • Wabah Corona, Gus Baha:...
    Tausiyah
    Kamis, 02 April 2020 - 10:49 WIB
    KH Ahmad Bahauddin Nursalim atau Gus Baha, mengingatkan agar umat Islam tidak gelisah dan takut yang berlebihan dalam menghadapi wabah virus corona.
  • Hukum Kurban Ayam di...
    Tausyiah
    Sabtu, 11 Juni 2022 - 17:03 WIB
    Hukum kurban ayam pada hari Idul Adha menurut Gus Baha menarik untuk disimak. Lazimnya umat Islam berkurban dengan menyembelih kambing, kerbau atau sapi.
  • Lailatul Qadar, Gus...
    Tips
    Minggu, 17 Mei 2020 - 17:00 WIB
    Gus Baha yakin, berkah luasnya Rahmat Allah, selagi umat Nabi, yang ketika itu tak maksiat, meski saleh-saleh biasa, saleh kelas ringan, tetap dapat lailatul qadar