Topik Terkait: Etika Berbangsa (halaman 2)

  • Menasihati Pemimpin Menurut Etika Islam
    Tausyiah
    Rabu, 14 Februari 2024 - 09:43 WIB
    Islam memiliki etika tersendiri dalam menasihati pemimpin, bahkan mempunyai kaidah-kaidah dasar yang tidak boleh dilecehkan sebab, pemimpin tidak sama dengan rakyat
  • Begini Syarat-Syarat Istighfar dan Etikanya, Menurut  Al-Quran dan Hadis
    Tausyiah
    Selasa, 22 Desember 2020 - 06:43 WIB
    Istighfar yang diterima oleh Allah SWT harus memenuhi syarat-syarat dan etikanya. Berikut delapan syarat sebagaimana dikatakan oleh Syaikh Yusuf Al-Qardhawi.
  • Baznas Perlu Dorong Zakat Jadi Standar Etika Pejabat
    Dunia Islam
    Selasa, 26 Maret 2024 - 23:18 WIB
    Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) dinilai perlu mendorong zakat menjadi standar etika dan administrasi dalam perekrutan pejabat.
  • Soal Kesetaraan: Suami dan Istri adalah Pakaian, Begini Maknanya
    Tausyiah
    Senin, 22 November 2021 - 14:50 WIB
    Allah SWT menggambarkan tentang relasi kesetaraan antara suami dan istri dalam surat Al-Baqarah ayat 187 dengan kalimat yang indah: Mereka adalah pakaian bagi kalian, dan kalian pun adalah pakaian bagi mereka
  • Kisah Istri Saleha dan Dosa Besar Bagi yang Tidak Taat Suami
    Hikmah
    Selasa, 22 Oktober 2019 - 16:52 WIB
    Dalam Kitab Uqud al-Lujain (etika rumah tangga) karya Syeikh Muhammad bin Umar An-Nawawi disebutkan bahwa salah satu dosa besar bagi seorang istri adalah apabila ia keluar rumah tanpa seijin suaminya.
  • cover top ayah
    وَوَهَبۡنَا لَهٗۤ اِسۡحٰقَ وَيَعۡقُوۡبَ‌ؕ كُلًّا هَدَيۡنَا ‌ۚ وَنُوۡحًا هَدَيۡنَا مِنۡ قَبۡلُ‌ وَمِنۡ ذُرِّيَّتِهٖ دَاوٗدَ وَسُلَيۡمٰنَ وَاَيُّوۡبَ وَيُوۡسُفَ وَمُوۡسٰى وَ هٰرُوۡنَ‌ؕ وَكَذٰلِكَ نَجۡزِى الۡمُحۡسِنِيۡنَۙ (٨٤) وَزَكَرِيَّا وَيَحۡيٰى وَعِيۡسٰى وَاِلۡيَاسَ‌ؕ كُلٌّ مِّنَ الصّٰلِحِيۡنَۙ (٨٥) وَاِسۡمٰعِيۡلَ وَالۡيَسَعَ وَيُوۡنُسَ وَلُوۡطًا‌ ؕ وَكُلًّا فَضَّلۡنَا عَلَى الۡعٰلَمِيۡنَۙ (٨٦) وَمِنۡ اٰبَآٮِٕهِمۡ وَذُرِّيّٰتِهِمۡ وَاِخۡوَانِهِمۡ‌ۚ وَاجۡتَبَيۡنٰهُمۡ وَهَدَيۡنٰهُمۡ اِلٰى صِرَاطٍ مُّسۡتَقِيۡمٍ (٨٧) ذٰ لِكَ هُدَى اللّٰهِ يَهۡدِىۡ بِهٖ مَنۡ يَّشَآءُ مِنۡ عِبَادِهٖ‌ؕ وَلَوۡ اَشۡرَكُوۡا لَحَبِطَ عَنۡهُمۡ مَّا كَانُوۡا يَعۡمَلُوۡنَ (٨٨)
    Dan Kami telah menganugerahkan Ishak dan Yakub kepadanya. Kepada masing-masing telah Kami beri petunjuk; dan sebelum itu Kami telah memberi petunjuk kepada Nuh, dan kepada sebagian dari keturunannya (Ibrahim) yaitu Dawud, Sulaiman, Ayyub, Yusuf, Musa, dan Harun. Dan demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik, dan Zakaria, Yahya, Isa, dan Ilyas. Semuanya termasuk orang-orang yang shalih, dan Ismail, Ilyasa‘, Yunus, dan Luth. Masing-masing Kami lebihkan (derajatnya) di atas umat lain (pada masanya), (dan Kami lebihkan pula derajat) sebagian dari nenek moyang mereka, keturunan mereka dan saudara-saudara mereka. Kami telah memilih mereka (menjadi nabi dan rasul) dan mereka Kami beri petunjuk ke jalan yang lurus. Itulah petunjuk Allah, dengan itu Dia memberi petunjuk kepada siapa saja di antara hamba-hamba-Nya yang Dia kehendaki. Sekiranya mereka mempersekutukan Allah, pasti lenyaplah amalan yang telah mereka kerjakan.

    (QS. Al-An'am Ayat 84-88)
    cover bottom ayah
  • Tadabbur Surat An-Nur Ayat 28: Adab Memasuki Rumah Orang Lain
    Tausyiah
    Minggu, 26 November 2023 - 21:57 WIB
    Lanjutan Surat An-Nur ini masih menceritakan adab dan etika memasuki rumah orang lain. Apabila hendak memasuki rumah orang lain, jangan sekali-kali memasukinya sebelum mendapat izin.
  • Begini Contoh Sikap yang Baik bagi Perempuan dalam Ayat-Ayat Al-Quran
    Tausyiah
    Selasa, 29 Agustus 2023 - 13:39 WIB
    Ayat-ayat tentang teladan perempuan di dalam Al-Quran antara lain sikap Ibu Musa dan kepatuhannya terhadap perintah Allah Taala. Juga saudara perempuan Nabi Musa dan kehebatan siasatnya.
  • Inilah Hal-hal yang Terlarang dalam Berdoa yang Penting Dipahami
    Tips
    Selasa, 05 September 2023 - 10:03 WIB
    Dalam berdoa, ada adab dan syaratnya sehingga kaum Muslimin tidak boleh sembarangan melakukannya. Ada aturan yang harus ditepati agar doanya mendapatkan ridha dari Allah Taala.
  • Etika Debat dalam Al-Qur’an: Salah Satunya Niat yang Tulus dan Benar
    Hikmah
    Selasa, 23 Januari 2024 - 15:43 WIB
    Formulasi terkait etika diskusi bisa dipahami sebagai jumlah ketentuan moral atau akhlak tentang apa yang baik dan buruk untuk dilakukan dalam hal adu argumentasi demi mendapatkan kebenaran.
  • Jangan Remehkan Doa Saat Melepas Pakaian, Ini Fadhilahnya
    Tausyiah
    Rabu, 13 September 2023 - 21:14 WIB
    Setiap muslim dan muslimah hendaknya tidak meninggalkan doa saat melepas pakaian. Sama halnya ketika memakai pakaian, Rasulullah juga mengajarkan doa ketika melepas pakaian.
  • Sistem Politik Madani dan Plato: Seirama Etika Politik Islam
    Hikmah
    Rabu, 07 Februari 2024 - 16:27 WIB
    Etika dan moral kepemimpinan Islam maupun kepemimpinan di luar Islam sangat ditentukan oleh penguasa. Hal itu dikatakan Imam Al-Ghazali dalam kitab At-Tibr Al-Masbuk fi Nashihah Al-Muluk
  • Ini Sebab Diizinkannya Berperang dalam Perspektif Islam
    Hikmah
    Minggu, 26 November 2023 - 23:15 WIB
    Perang merupakan salah satu syariat yang diatur dalam Al-Quran maupun Hadis Nabi. Ada banyak ayat Al-Quran yang menerangkan tentang perang.
  • Inilah Etika Persahabatan Sesuai Syariat
    Muslimah
    Minggu, 27 September 2020 - 18:16 WIB
    Bergaul dengan teman yang baik, niscaya akan mengantarkan kita pada perbuatan yang baik pula. Sebab, teman yang baik akan senantiasa memberikan sesuatu yang terbaik. Karena itu, janganlah teman yang seperti ini disakiti.
  • 10 Etika Berdoa agar Cepat Terkabul
    Tips
    Selasa, 29 Juni 2021 - 11:32 WIB
    Doa merupakan salah satu cara hamba untuk berinteraksi dengan Rabb-nya. Agar doa yang dipanjatkan ini dikabulkan oleh Allah Subhanhu wa taala, maka seorang hamba harus memperhatikan adab dan etikanya.
  • Hubungan Suami-Istri Ibarat Pakaian, Begini Penjelasannya
    Muslimah
    Selasa, 16 Agustus 2022 - 16:46 WIB
    Muamalah antara suami dengan istri yang baik adalah bagaikan pakaian yang berjalan sebagaimana fungsinya. Artinya bahwa suami dan istri adalah perhiasan dan sekaligus sebagai penutup aib di antara keduanya.
  • Indahnya Akhlak Islam Ketika Perang, Beda dengan Israel yang Membabi Buta
    Dunia Islam
    Kamis, 30 November 2023 - 05:10 WIB
    Apa yang dilakukan pejuang Palestina ketika menghadapi militer Israel patut diapresiasi. Selain menjunjung tinggi etika perang, pejuang Hamas juga memperlakukan tawanan perang dengan baik.
  • 7 Adab Makan Beserta Doa Sebelum dan Sesudahnya, Nomor Terakhir Dapat Berkah
    Tips
    Senin, 26 September 2022 - 06:40 WIB
    Adab makan beserta doa sebelum dan sesudahnya perlu diamalkan umat muslim. Rasulullah SAW mengajarkan adab makan karena di dalamnya terdapat keberkahan dan nilai ibadah.
  • Berbangsa dan Bernegara Jadi Fitrah Umat Manusia
    Dunia Islam
    Minggu, 28 Agustus 2022 - 08:38 WIB
    Imam Besar Masjid Al-Markaz Al-Islami Makassar, KH Muammar Muhammad Bakry menegaskan bahwa sejatinya berbangsa dan bernegara merupakan fitrah umat manusia.
  • 7 Adab Makan Sesuai Kebiasaan Rasulullah SAW
    Tips
    Senin, 11 September 2023 - 10:12 WIB
    Adab makan Rasulullah SAW sudah sangat cukup untuk dijadikan teladan bagi seluruh umat manusia. Nabi Muhammmad SAW adalah paket lengkap sebagai teladan bagi manusia, termasuk adab saat makan.
  • Syarat-syarat agar Istighfar Diterima Allah SWT
    Tips
    Rabu, 03 Mei 2023 - 13:25 WIB
    Ketika membaca istighfar, ternyata ada etika dan syarat-syaratnya agar permohonan ampun itu diterima Allah Subhanahu wa taala