Topik Terkait: Faedah Membeli Kitab Ulama (halaman 7)

  • Iman kepada Kitab-Kitab...
    Tausyiah
    Selasa, 21 November 2023 - 07:01 WIB
    Kitab-kitab yang telah Allah SWT turunkan baik Taurat, Zabur, Injil dan Al-Quran adalah berfungsi sebagai cahaya dan petunjuk kehidupan. Beriman kepada kitab Allah mencegah tindak korupsi.
  • Al-Quran Mengingatkan...
    Tausyiah
    Jum'at, 18 Desember 2020 - 05:00 WIB
    Jika ada manusia yang berkata: aku telah menjalankan hak Allah SWT seluruhnya, dan tidak sedikitpun aku kurang menjalankan hak itu, maka perkataannya itu sendiri adalah sebuah dosa.
  • Beda Sebutan Kaum Yahudi...
    Tausyiah
    Kamis, 28 Desember 2023 - 08:57 WIB
    Ayat di atas, kata Quraish, secara tegas menyatakan bahwa selama seseorang itu Yahudi maka ia pasti tidak akan rela terhadap umat Islam hingga umat Islam mengikuti agama/tatacara mereka.
  • Menikahi Wanita Hamil...
    Tausyiah
    Kamis, 11 Juni 2020 - 16:16 WIB
    Persoalan wanita yang hamil di luar nikah, seperti apa posisinya secara syariat dan bagaimanakah hukum menikahi dan menikahkan wanita yang hamil di luar nikah?
  • Wafatnya Ulama Musibah...
    Tausyiah
    Jum'at, 15 Januari 2021 - 09:44 WIB
    Umat Islam akhir-akhir ini banyak dirundung duka, dengan ragam cobaan dan musibah. Satu di antara cobaan itu adalah wafatnya beberapa ulama mutamad (ulama rujukan umat).
  • Biografi Imam Ahmad...
    Hikmah
    Kamis, 18 Mei 2023 - 05:10 WIB
    Inilah biografi singkat salah satu ulama besar kaum muslimin sepanjang sejarah. Beliau berstatus sebagai mujtahid mutlak, ahli fiqih sekaligus imamnya ahli Hadis.
  • Begini Cara Islam Mengajarkan...
    Tips
    Minggu, 20 Maret 2022 - 16:45 WIB
    Kedudukan para ulama (orang yang ahli ilmu agama) sangat tinggi di hadapan Allah Subhanahu wa Taala. Islam pun mengajarkan bagaimana cara umat agar menghargai dan berakhlak pada ulama.
  • Semua Nabi Ajarkan Tauhid:...
    Hikmah
    Selasa, 07 November 2023 - 15:21 WIB
    Semua nabi mengajarkan ajaran keesaan Allah atau tauhid, sebagai pencipta alam semesta ini. Lalu kenapa masih ada perbedaan di antara Yahudi dan Islam yang berasal dari satu tuhan?
  • Hukum Cadar Menurut...
    Muslimah
    Selasa, 01 November 2022 - 08:11 WIB
    Sebenarnya bagaimana hukum cadar menurut jumhur (kesepakatan mayoritas) ulama? Tentu saja untuk menjawabnya, tidak bisa dilepaskan dari jumhur ulama tentang aurat wanita.
  • Benarkah Islam Melarang...
    Tausyiah
    Minggu, 31 Desember 2023 - 14:23 WIB
    Ibnu Jarir dalam tafsirnya menjelaskan bahwa ayat tersebut turun berkenaan dengan sikap orang Yahudi Bani Quraizhah yang mengkhianati perjanjian mereka dengan Nabi SAW.
  • Semangat Para Ulama...
    Hikmah
    Jum'at, 07 Oktober 2022 - 10:35 WIB
    Para ulama dari generasi salafus shalih (ulama terdahulu) sangat bersemangat dalam mencari nafkah. Karena mereka memahami mencari nafkah adalah sumber mendapatkan rezeki yang halal dan berkah dari Allah Subhanahu wa Taala.
  • Arti Kata Yasin Menurut...
    Hikmah
    Jum'at, 19 Mei 2023 - 08:01 WIB
    Arti kata Yasin menurut ulama ahli tafsir menarik untuk dikaji. Kata ini sering kita dengar dan sangat populer di kalangan muslim Indonesia.Simak penjelasan berikut.
  • Inilah Sebab-sebab Perbedaan...
    Tausiyah
    Rabu, 18 Desember 2019 - 21:35 WIB
    Dalam belajar ilmu fiqih kita akan mendapatkan begitu banyak pendapat para ulama yang berbeda-beda. Ustaz Muhammad Ajib akan mengulas beberapa sebab perbedaan ulama ahli fiqih.
  • Ulama NU Ini Ingatkan...
    Dunia Islam
    Kamis, 06 Mei 2021 - 10:39 WIB
    Meskipun Islam datang dari tanah Arab, namun para Walisongo tidak mentah-mentah mengajarkan Islam di nusantara sebagaimana Islam di Arab.
  • Soal Haul, Gus Baha:...
    Tausyiah
    Kamis, 24 Desember 2020 - 07:50 WIB
    Gus Baha mengingakan banyak ulama di Indonesia yang setelah wafat tidak dikaji lagi pemikirannya karena anak cucunya mengharamkan haul. Padahal, nasib seorang yang sudah wafat tergantung anak-cucunya
  • Salat Mencegah Perbuatan...
    Hikmah
    Rabu, 14 Juni 2023 - 12:49 WIB
    Allah subhanahu wa taala berfirman bahwa salat mencegah dari perbuatan keji dan munkar. Bagaimana maksud dan penjelasannya?
  • Kisah Ulama Berwudhu...
    Hikmah
    Jum'at, 18 Februari 2022 - 17:30 WIB
    Dikisahkan, seorang ulama berwudhu 17 kali dalam semalam demi mendapatkan cahaya ilmu. Kisah ini memberi kita pelajaran bahwa pentingnya menjaga wudhu.
  • Dzikir Pagi, Bacaan...
    Tips
    Rabu, 28 Juli 2021 - 07:11 WIB
    Dzikir pagi ini patut diamalkan karena akan membuat kita lebih semangat di pagi hari dan dimudahkan Allah dalam segala urusan. Ada banyak bacaan dzikir pagi ini.
  • 9 Kalam Ulama tentang...
    Tausyiah
    Sabtu, 24 September 2022 - 16:24 WIB
    Betapa banyak keutamaan sholawat diterangkan dalam Hadis Nabi. Berikut 9 Kalam ulama tentang fadhilah Sholawat dihimpun dari berbagai sumber.
  • MUI Ungkap Tiga Tanggung...
    Dunia Islam
    Kamis, 05 Agustus 2021 - 11:59 WIB
    Ketua Umum MUI KH Miftachul Akhyar menyampaikan tiga tanggung jawab yang layaknya dimiliki seorang ulama saat hadir dalam Konferensi Fatwa Internasional ke-6.