Topik Terkait: Gangguan Mental (halaman 198)

  • Samiri: Pencetus Spirit...
    Tausyiah
    Selasa, 11 Januari 2022 - 14:57 WIB
    Inilah Tuhan Musa, Tuhan kita semua, wahai kaumku Bani Israel! Seru Samiri pada kaumnya. Begitulah seruan Samiri sembari memperlihatkan boneka ajaib berbentuk patung anak sapi.
  • Akhlak Suami, Barometer...
    Muslimah
    Rabu, 12 Januari 2022 - 09:11 WIB
    Rumah tangga yang baik akan dipenuhi akhlak karimah dan kelembutan di dalamnya. Sehingga, setiap muslim dalam rumah tangganya haruslah instropeksi jika selama ini rumah tangganya dipenuhi hubungan saling durhaka.
  • Penjelasan Gus Baha...
    Tausyiah
    Kamis, 13 Januari 2022 - 13:09 WIB
    Sebagai ulama kharismatik dan ahli tafsir Al Quran, wajar saja pendapat Gus Baha menjadi rujukan dan fatwa bagi persoalan hukum dalam Islam. Salah satunya adalah soal rokok.
  • Surat Yasin Ayat 55-57:...
    Tausyiah
    Jum'at, 14 Januari 2022 - 09:22 WIB
    Surat Yasin ayat 55-57 menyampaikan gambaran kenikmatan yang dirasakan penduduk surga. Mereka sibuk dengan kesenangan mereka bersama pasangannya.
  • Doa Bila Terjadi Gempa...
    Tips
    Jum'at, 14 Januari 2022 - 19:07 WIB
    Berikut adalah doa ketika terjadi gempa bumi dan doa untuk mereka yang terkena musibah yang diajarkan oleh Rasulullah SAW. Mari kita amalkan pada saat musibah itu terjadi.
  • cover top ayah
    وَوَهَبۡنَا لَهٗۤ اِسۡحٰقَ وَيَعۡقُوۡبَ‌ؕ كُلًّا هَدَيۡنَا ‌ۚ وَنُوۡحًا هَدَيۡنَا مِنۡ قَبۡلُ‌ وَمِنۡ ذُرِّيَّتِهٖ دَاوٗدَ وَسُلَيۡمٰنَ وَاَيُّوۡبَ وَيُوۡسُفَ وَمُوۡسٰى وَ هٰرُوۡنَ‌ؕ وَكَذٰلِكَ نَجۡزِى الۡمُحۡسِنِيۡنَۙ (٨٤) وَزَكَرِيَّا وَيَحۡيٰى وَعِيۡسٰى وَاِلۡيَاسَ‌ؕ كُلٌّ مِّنَ الصّٰلِحِيۡنَۙ (٨٥) وَاِسۡمٰعِيۡلَ وَالۡيَسَعَ وَيُوۡنُسَ وَلُوۡطًا‌ ؕ وَكُلًّا فَضَّلۡنَا عَلَى الۡعٰلَمِيۡنَۙ (٨٦) وَمِنۡ اٰبَآٮِٕهِمۡ وَذُرِّيّٰتِهِمۡ وَاِخۡوَانِهِمۡ‌ۚ وَاجۡتَبَيۡنٰهُمۡ وَهَدَيۡنٰهُمۡ اِلٰى صِرَاطٍ مُّسۡتَقِيۡمٍ (٨٧) ذٰ لِكَ هُدَى اللّٰهِ يَهۡدِىۡ بِهٖ مَنۡ يَّشَآءُ مِنۡ عِبَادِهٖ‌ؕ وَلَوۡ اَشۡرَكُوۡا لَحَبِطَ عَنۡهُمۡ مَّا كَانُوۡا يَعۡمَلُوۡنَ (٨٨)
    Dan Kami telah menganugerahkan Ishak dan Yakub kepadanya. Kepada masing-masing telah Kami beri petunjuk; dan sebelum itu Kami telah memberi petunjuk kepada Nuh, dan kepada sebagian dari keturunannya (Ibrahim) yaitu Dawud, Sulaiman, Ayyub, Yusuf, Musa, dan Harun. Dan demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik, dan Zakaria, Yahya, Isa, dan Ilyas. Semuanya termasuk orang-orang yang shalih, dan Ismail, Ilyasa‘, Yunus, dan Luth. Masing-masing Kami lebihkan (derajatnya) di atas umat lain (pada masanya), (dan Kami lebihkan pula derajat) sebagian dari nenek moyang mereka, keturunan mereka dan saudara-saudara mereka. Kami telah memilih mereka (menjadi nabi dan rasul) dan mereka Kami beri petunjuk ke jalan yang lurus. Itulah petunjuk Allah, dengan itu Dia memberi petunjuk kepada siapa saja di antara hamba-hamba-Nya yang Dia kehendaki. Sekiranya mereka mempersekutukan Allah, pasti lenyaplah amalan yang telah mereka kerjakan.

    (QS. Al-An'am Ayat 84-88)
    cover bottom ayah
  • 4 Hal yang Diambil Ketika...
    Hikmah
    Jum'at, 14 Januari 2022 - 22:16 WIB
    Tahukah Anda, ada empat hal yang diambil Allah ketika seseorang mengalami sakit. Namun setelah sembuh, Allah mengembalikan semuanya kecuali perkara yang keempat.
  • Gus Baha: Nabi SAW Membela...
    Tausyiah
    Sabtu, 15 Januari 2022 - 12:52 WIB
    Pemabuk ini masuk dalam daftar deretan sahabat Nabi Muhammad SAW. Gus Baha menyebut kendati dia pemabuk, Rasulullah membelanya tatkala sang pemabuk itu dihujat para sahabat.
  • Selain Abrahah, Berikut...
    Dunia Islam
    Minggu, 16 Januari 2022 - 16:48 WIB
    Selain Abrahah yang gagal merebut Kakbah di Mekkah pada sekitar tahun 570 Masehi, ternyata ada sejumlah penguasa lain yang juga punya niat yang sama.
  • Hati-hati Jaga Hati,...
    Tips
    Senin, 17 Januari 2022 - 08:44 WIB
    Banyak orang masuk jebakan riya karena amal ibadahnya, tetapi harus diakui menghindari pamer amal ibadah ini bukanlah hal yang mudah dilakukan.
  • Hukum Ahli Waris dan...
    Tausyiah
    Senin, 17 Januari 2022 - 08:38 WIB
    Seseorang sebelum meninggal boleh berwasiat untuk mendonorkan sebagian organ tubuhnya. Hanya saja, jika ia (si mayat) tidak berwasiat sebelumnya, bolehkah bagi ahli waris mendonorkan sebagian organ tubuhnya?
  • Gus Baha: Tak Perlu...
    Tausyiah
    Senin, 17 Januari 2022 - 19:24 WIB
    Ulama ahli tafsir Al-Quran Gus Baha (KH Ahmad Bahauddin Nursalim) mengungkap satu rahasia pintu rezeki. Tak perlu jadi pejabat, cukup menekuni profesi ini dijamin cepat kaya.
  • Ketika Seorang Istri...
    Muslimah
    Selasa, 18 Januari 2022 - 12:36 WIB
    Pada dasarnya, perempuan memiliki sifat sensitif dan sangat mudah cemburu, apalagi yang sudah berstatus sebagai seorang istri. Jika telah cemburu maka akalnya hilang?
  • Tahukah Anda? Orang...
    Dunia Islam
    Rabu, 19 Januari 2022 - 05:15 WIB
    Penyembah berhala asal Yaman ini tercatat sebagai orang yang pertama kali memasang kiswah pada Kakbah. Menariknya, hal itu dilakukan setelah ia berkonsultasi dengan dua orang Yahudi.
  • 5 Amalan bagi Wanita...
    Muslimah
    Kamis, 20 Januari 2022 - 10:02 WIB
    Ketika sedang mengalami datang bulan (haid), biasanya kaum muslimah malas melakukan berbagai aktivitas, termasuk amalan yang bernilai ibadah.
  • Ketika Mekkah Jadi Negeri...
    Dunia Islam
    Kamis, 20 Januari 2022 - 13:18 WIB
    Perintis perdagangan di Mekkah adalah leluhur Nabi Muhammad SAW, setidaknya ini era pasca-Qushay sebagai pengelola Kota Mekkah dan Kakbah. Anak-anak Abd Manaf jadi pionir perdagangan.
  • Cara Mengobati Rasa...
    Tips
    Kamis, 20 Januari 2022 - 17:37 WIB
    Rasa dendam terkadang muncul ketika kita mendapatkan berbagai kedzaliman atau hal tak berkenan dari orang lain. Dendam memang sesuatu yang akan memuaskan hawa nafsu, namun juga menjerumuskan.
  • Kisah Unuq Putri Nabi...
    Hikmah
    Sabtu, 22 Januari 2022 - 07:14 WIB
    Kisah Unuq Putri Adam yang disebut-sebut sebagai pionir seks bebas dan hamil di luar nikah banyak tersebar di jaringan YouTube. Unuq dikisahkan punya anak haram yang amat kontroversial.
  • Begini Cara Utbah bin...
    Hikmah
    Kamis, 20 Januari 2022 - 13:33 WIB
    Utbah menceraikan Ruqayyah putri Rasulullah atas desakan Abu Lahab. Padahal pasangan ini belum sempat berbulan madu. Ruqayyah menikah masih belum berusia 10 tahun.
  • Doa Al-i’tiraf, Cara...
    Hikmah
    Senin, 24 Januari 2022 - 07:46 WIB
    Abu Nawas adalah seorang pujangga. Ia selalu memiliki jawaban pada setiap pertanyaan yang diajukan santrinya. Seorang santri bertanya: Wahai guru, mungkinkah manusia bisa menipu Tuhan?
  • Bolehkah Mengucapkan...
    Muslimah
    Selasa, 25 Januari 2022 - 09:03 WIB
    Muslimah, ketika kita mendapat perlakukan tidak baik, dighibahi atau didzalimi orang lain, pasti kita merasa sakit hati dan marah. Ada perasaan dendam dan ingin membalasnya bukan?