Topik Terkait: Generasi Bangsa

  • Kemunduran Islam setelah...
    Hikmah
    Senin, 02 September 2024 - 16:06 WIB
    Bangsa Mongol meruntuhkan Kekhalifahan Abbasiyah dan menghancurkan seluruh isi Baghdad, seperti madrasah dan perpustakaan, pada tahun 1258.
  • Generasi Terbaik Adalah...
    Tausyiah
    Sabtu, 16 Mei 2020 - 03:45 WIB
    Kurun Rasulullah dan kurun para sahabatnya ialah sebaik-baik kurun secara mutlak. Tidak ada kurun yang lebih baik daripada kurun mereka. Lalu bagaimana kurun saat ini?
  • Mendidik Remaja Mencontoh...
    Muslimah
    Sabtu, 17 Juni 2023 - 07:54 WIB
    Generasi salaf adalah generasi terbaik dari umat Islam. Secara istilah, yang dimaksud salaf adalah tiga generasi awal umat Islam yang merupakan generasi terbaik, yaitu para sahabat Nabi, para tabiin, dan tabiut tabiin
  • Pentingnya Mendidik...
    Muslimah
    Kamis, 13 Oktober 2022 - 10:14 WIB
    Generasi salaf adalah generasi terbaik dari umau Islam. Secara istilah, yang dimaksud salaf adalah tiga generasi awal umat Islam yang merupakan generasi terbaik, yaitu para sahabat Nabi, para tabiin, dan tabiut tabiin
  • UYM Berkomitmen Ciptakan...
    Dunia Islam
    Minggu, 26 Maret 2023 - 10:59 WIB
    Ustaz Yusuf Mansur atau dikenal UYM terus membangun generasi penerus bangsa agar menjadi generasi yang cinta dan hafal Quran.
  • cover top ayah
    هُوَ اللّٰهُ الَّذِىۡ لَاۤ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ‌ ۚ عٰلِمُ الۡغَيۡبِ وَالشَّهَادَةِ‌ ۚ هُوَ الرَّحۡمٰنُ الرَّحِيۡمُ‏ (٢٢) هُوَ اللّٰهُ الَّذِىۡ لَاۤ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ‌ۚ اَلۡمَلِكُ الۡقُدُّوۡسُ السَّلٰمُ الۡمُؤۡمِنُ الۡمُهَيۡمِنُ الۡعَزِيۡزُ الۡجَـبَّارُ الۡمُتَكَبِّرُ‌ؕ سُبۡحٰنَ اللّٰهِ عَمَّا يُشۡرِكُوۡنَ (٢٣) هُوَ اللّٰهُ الۡخَـالِـقُ الۡبَارِئُ الۡمُصَوِّرُ‌ لَـهُ الۡاَسۡمَآءُ الۡحُسۡنٰى‌ؕ يُسَبِّحُ لَهٗ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَالۡاَرۡضِ‌ۚ وَهُوَ الۡعَزِيۡزُ الۡحَكِيۡمُ (٢٤)
    Dialah Allah tidak ada tuhan selain Dia. Yang Mengetahui yang gaib dan yang nyata, Dialah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang. Dialah Allah tidak ada tuhan selain Dia. Maharaja, Yang Mahasuci, Yang Mahasejahtera, Yang Menjaga Keamanan, Pemelihara Keselamatan, Yang Mahaperkasa, Yang Mahakuasa, Yang Memiliki Segala Keagungan, Mahasuci Allah dari apa yang mereka persekutukan. Dialah Allah Yang Menciptakan, Yang Mengadakan, Yang Membentuk Rupa, Dia memiliki nama-nama yang indah. Apa yang di langit dan di bumi bertasbih kepada-Nya. Dan Dialah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.

    (QS. Al-Hasyr Ayat 22-24)
    cover bottom ayah
  • Di Balik Kesuksesan...
    Tausyiah
    Rabu, 26 Juli 2023 - 05:15 WIB
    Dakwah Islam pada generasi pertama telah menghasilkan generasi yang istimewa, yaitu generasi sahabat. Kemudian pada generasi setelah itu tidak lagi menghasilkan generasi semacam itu.
  • Kisah Penaklukan Persia:...
    Hikmah
    Sabtu, 30 Desember 2023 - 08:37 WIB
    Memang benar, dalam hati bangsa-bangsa yang sudah ditaklukkan itu - terutama Iran - masih tertanam rasa dendam kepada pihak pemenang yang dapat timbul dari waktu ke waktu.
  • Rekontekstualisasi Semangat...
    Dunia Islam
    Rabu, 26 Juli 2023 - 19:05 WIB
    Dosen UIN Alauddin Makassar, Abdul Rauf Muhammad Amin menjelaskan bahwa hijrah yang dilakukan seseorang harus memiliki pemaknaan yang kontekstual.
  • Rahasia Kemenangan Tentara...
    Hikmah
    Rabu, 08 Januari 2020 - 17:29 WIB
    Dalam Buku The Art of Islamic War karya Shohihul Hasan diulas bagaimana pasukan muslim mendapat kemenangan besar ketika berhadapan dengan musuh-musuhnya.
  • Perang Jelang Kiamat,...
    Dunia Islam
    Jum'at, 03 November 2023 - 05:10 WIB
    Salah satu Nubuwah Nabi tentang peperangan di akhir zaman dikenal dengan istilah Al-Malhamah Al-Kubra. Sebuah pertempuran besar antara kaum muslim melawan bangsa Romawi (Bani Ashfar).
  • Sejarah dan Nama 12...
    Dunia Islam
    Selasa, 17 Oktober 2023 - 07:30 WIB
    Sejarah dan nama 12 suku bangsa Israel ini menarik untuk diketahui. Pasalnya, suku-suku tersebut melahirkan banyak keturunan yang memiliki sifat yang mirip dengan generasi Israel saat ini.
  • Bangsa Arab Pra-Islam:...
    Hikmah
    Senin, 09 September 2024 - 19:55 WIB
    Mayoritas penduduk Jazirah Arab di masa Jahiliyah menyembah berhala, sedangkan minoritas di antara mereka ada orang Yahudi di Yatsrib, orang Kristen Najran di Arabia Selatan dan sedikit yang beragama Hanif di Makkah.
  • Di Balik Kegagalan Dakwah...
    Tausyiah
    Kamis, 27 Juli 2023 - 14:51 WIB
    Sayyid Quthb mengatakan pada generasi awal Al-Quran menjadi jantung dan rujukan satu-satunya dakwah sehingga melahirkan generasi sahabat, atau generasi yang istimewa.
  • Bani Israil, Bangsa...
    Hikmah
    Sabtu, 04 November 2023 - 10:25 WIB
    Bani Israil merupakan bangsa yang paling sering diceritakan dalam al-Quran. Terhitung 41 kali kata Bani Israil diulang, juga terdapat dua ayat yang hanya menyebutkan kata israil.
  • Beginilah Kehancuran...
    Dunia Islam
    Sabtu, 20 Januari 2024 - 12:30 WIB
    Dalam Al-Quran, Allah Taala memberikan solusi paling sempurna untuk memberi petunjuk kepada manusia dalam menghadapi masalah, termasuk salah satunya masalah perang Yahudi dan Palestina.
  • Kisah Tentara Mongol...
    Hikmah
    Rabu, 04 September 2024 - 16:46 WIB
    Kekejaman tentara Mongol sampai saat ini tak bisa dihapuskan dari sejarah. Peristiwa ini terjadi ketika Genghis Khan meninggal, lalu digantikan oleh cucunya Hulagu Khan.
  • Pesantren Baitul Muqoddas...
    Santri
    Rabu, 26 Januari 2022 - 15:57 WIB
    Pesantren jadi salah satu alternatif pendidikan yang tepat bagi anak, karena tak hanya mendapatkan pendidikan secara umum, tapi juga mendapatkan ilmu agama.
  • Begini Watak Bangsa...
    Hikmah
    Senin, 09 September 2024 - 16:37 WIB
    Watak negatif bangsa Arab salah satunya adalah gemar berperang. Hidup di Jazirah Arab yang gersang dan tandus memerlukan tambahan sumber menunjang kehidupan.
  • Pembebasan Syam: Kisah...
    Hikmah
    Sabtu, 09 Desember 2023 - 10:05 WIB
    Panglima perang kaum muslimin, Khalid bin Walid menempuh perjalanan dari Irak menuju Syam sesuai perintah Khalifah Abu Bakar Ash-Shiddiq. Khalid dan pasukannya harus membebaskan Syam dari Romawi.
  • Presiden PKS Berharap...
    Dunia Islam
    Jum'at, 07 Mei 2021 - 18:08 WIB
    Hanya dalam hitungan akan berpisah dengan bulan suci Ramadhan 1422 H. Momen 10 hari terakhir memiliki keutamaan yang sangat besar untuk mengoptimalkan ibadah.