Topik Terkait: Gurun Sahara (halaman 279)

  • Dahsyatnya Pahala Sholawat...
    Tips
    Senin, 12 Desember 2022 - 15:30 WIB
    Di antara bacaan sholawat, salah satunya adalah shalawat al-alil Qodri. Dialah bacaan sholawat agar Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam senantiasa hadir dalam hati dan pribadi kita.
  • Nasihat yang Perlu Disampaikan...
    Tips
    Selasa, 13 Desember 2022 - 09:20 WIB
    Sudah selayaknya bagi seorang yang menjenguk saudaranya sesama muslim yang sakit untuk memberinya nasihat dengan jujur, menyuruhnya berbuat maruf dan mencegahnya dari kemunkaran.
  • Doa dan Jampi Saat Membezuk...
    Tips
    Kamis, 15 Desember 2022 - 17:40 WIB
    Cara seorang muslim menjenguk saudaranya yang sakit berbeda dengan cara yang dilakukan orang lain (selain Islam), karena disertai dengan jampi dan doa.
  • Keutamaan Membaca Al-Quran...
    Tips
    Jum'at, 16 Desember 2022 - 13:46 WIB
    Surat Al Qariah menceritakan kejadian-kejadian pada hari kiamat, yang tentu menjadi mengingat kita untuk mempersiapkan bekal akhirat nanti.
  • Kisah Dramatis Ayuba...
    Dunia Islam
    Jum'at, 16 Desember 2022 - 19:13 WIB
    Ayuba Suleiman Diallo adalah seorang hafid al-Quran, bangsawan Muslim asli asal Afrika Barat. Saat ia berusia 31 tahun secara dramatis nasibnya berubah total. Ia dijual sebagai budak ke Amerika.
  • cover top ayah
    يٰۤـاَيُّهَا النَّاسُ اِنۡ كُنۡـتُمۡ فِىۡ رَيۡبٍ مِّنَ الۡبَـعۡثِ فَاِنَّـا خَلَقۡنٰكُمۡ مِّنۡ تُرَابٍ ثُمَّ مِنۡ نُّـطۡفَةٍ ثُمَّ مِنۡ عَلَقَةٍ ثُمَّ مِنۡ مُّضۡغَةٍ مُّخَلَّقَةٍ وَّغَيۡرِ مُخَلَّقَةٍ لِّـنُبَيِّنَ لَـكُمۡ‌ ؕ وَنُقِرُّ فِى الۡاَرۡحَامِ مَا نَشَآءُ اِلٰٓى اَجَلٍ مُّسَمًّى ثُمَّ نُخۡرِجُكُمۡ طِفۡلًا ثُمَّ لِتَبۡلُغُوۡۤا اَشُدَّكُمۡ ‌ۚ وَمِنۡكُمۡ مَّنۡ يُّتَوَفّٰى وَمِنۡكُمۡ مَّنۡ يُّرَدُّ اِلٰٓى اَرۡذَلِ الۡعُمُرِ لِكَيۡلَا يَعۡلَمَ مِنۡۢ بَعۡدِ عِلۡمٍ شَيۡــًٔـا‌ ؕ وَتَرَى الۡاَرۡضَ هَامِدَةً فَاِذَاۤ اَنۡزَلۡنَا عَلَيۡهَا الۡمَآءَ اهۡتَزَّتۡ وَرَبَتۡ وَاَنۡۢبَـتَتۡ مِنۡ كُلِّ زَوۡجٍۢ بَهِيۡجٍ
    Wahai manusia! Jika kamu meragukan (hari) kebangkitan, maka sesungguhnya Kami telah menjadikan kamu dari tanah, kemudian dari setetes mani, kemudian dari segumpal darah, kemudian dari segumpal daging yang sempurna kejadiannya dan yang tidak sempurna, agar Kami jelaskan kepada kamu; dan Kami tetapkan dalam rahim menurut kehendak Kami sampai waktu yang sudah ditentukan, kemudian Kami keluarkan kamu sebagai bayi, kemudian (dengan berangsur-angsur) kamu sampai kepada usia dewasa, dan di antara kamu ada yang diwafatkan dan (ada pula) di antara kamu yang dikembalikan sampai usia sangat tua (pikun), sehingga dia tidak mengetahui lagi sesuatu yang telah diketahuinya. Dan kamu lihat bumi ini kering, kemudian apabila telah Kami turunkan air (hujan) di atasnya, hiduplah bumi itu dan menjadi subur dan menumbuhkan berbagai jenis pasangan tetumbuhan yang indah.

    (QS. Al-Hajj Ayat 5)
    cover bottom ayah
  • Mengapa Tidak Ada Nabi...
    Dunia Islam
    Selasa, 20 Desember 2022 - 13:21 WIB
    Semua umat muslim mempercayai bahwa Nabi Muhammad SAW adalah utusan Allah dan hamba-Nya. Ada pertanyaan unik, mengapa tidak ada Nabi yang diutus ke Nusantara?
  • Kisah Muslimah Amerika...
    Dunia Islam
    Kamis, 22 Desember 2022 - 07:55 WIB
    Attallah Shabazz adalah seorang aktris, penulis, diplomat, dan pembicara motivasi Amerika. Dia putri sulung pasangan Malcolm X dan Betty Shabazz.
  • Nama Nabi Isa dalam...
    Dunia Islam
    Kamis, 22 Desember 2022 - 23:09 WIB
    Nama Nabi Isa alaihissalam dalam beberapa bahasa menarik untuk diketahui. Dalam perspektif Islam, Nabi Isa merupakan seorang Rasul Allah yang diutus untuk Bani Israil.
  • Surat Yusuf Ayat 76:...
    Hikmah
    Kamis, 22 Desember 2022 - 23:48 WIB
    Allah dengan kekuasaan-Nya mengatur taktik Nabi Yusuf untuk mencapai tujuannya. Pada lanjutan tadabur Surat Yusuf ini, Allah berkehendak menguji saudara-saudara Nabi Yusuf.
  • Manfaat Membaca Ayat...
    Tips
    Minggu, 11 Desember 2022 - 15:42 WIB
    Ayat Kursi memiliki banyak keistimewaan dan keutamaannya, salah satunya dilindungi Allah Subhanahu wa taala dari bahaya godaan setan dan banyak manfaat lainnya.
  • Memahami Kembali Perintah...
    Tausyiah
    Senin, 12 Desember 2022 - 00:43 WIB
    Dua hari lalu, Jumat 9 Desember (Sabtu 10 Desember waktu Indonesia) saya hadir sebagai salah seorang narasumber di acara seminar internasional IKADI (Ikatan Dai Indonesia).
  • Pendapat Ibnu Qayyim...
    Tausyiah
    Selasa, 13 Desember 2022 - 16:04 WIB
    Salah satu prinsip dasar keimanan dari agama Islam yang dibawa oleh Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi wa Sallam adalah beriman kepada al-qadar atau mempercayai takdir Allah Subhanahu wa Taala.
  • Pengertian Tabaruk dan...
    Tausyiah
    Rabu, 14 Desember 2022 - 15:44 WIB
    Pengertian tabaruk dan hal-hal yang dibolehka di dalamnya perlu diketahui umat muslim. Tabaruk artinya mengambil berkah dari sesuatu. Berikut contoh tabaruk yang dibolehkan.
  • Keutamaan Besar Membaca...
    Tips
    Jum'at, 16 Desember 2022 - 08:07 WIB
    Keutamaan besar membaca surat Al Kahfi di hari Jumat bagi seorang muslim di antaranya adalah akan diterangi oleh cahaya pada dua Jumat
  • Kisah Ngerinya Hari...
    Hikmah
    Jum'at, 16 Desember 2022 - 18:02 WIB
    Kisah ngerinya hari Kiamat pada Surah Al-Qariah perlu ditadabburi umat muslim sebagai peringatan untuk menyiapkan bekal iman dan takwa. Berikut gambarannya.
  • Pernikahan-pernikahan...
    Muslimah
    Sabtu, 17 Desember 2022 - 14:41 WIB
    Tidak semua pernikahan itu halal dalam Islam. Ada pernikahan-pernikahan yang wajib dibatalkan karena hukumnya haram dan telah dilarang oleh Allah dan Rasul-Nya
  • Kisah Tehmina Khan Muslimah...
    Dunia Islam
    Minggu, 18 Desember 2022 - 12:18 WIB
    Saya menganggap diri saya sebagai seorang pengembara Muslim. Saya tidak terlalu kerasan tinggal Amerika. Dulu saya memandang diri saya seperti sebuah bola tenis yang dipukul ke sana kemari.
  • Zakat Tak Ada Kaitannya...
    Tausyiah
    Senin, 19 Desember 2022 - 05:15 WIB
    Kiai Masdar mengatakan bicara soal zakat dikaitkan dengan pemerataan ada kesan memaksakan diri, mangada-ada! Anehnya orang tak kunjung kapok menjadikannya sebagai tema
  • Agama Warga Negara Kamboja...
    Dunia Islam
    Senin, 19 Desember 2022 - 16:25 WIB
    Kamboja adalah negara di Asia Tenggara dengan bentuk pemerintahan monarki konstitusional. Di negara ini, raja menjadi kepala negara, sedangkan kepala pemerintahan dipimpin perdana menteri.
  • Sifat Muslim Seperti...
    Tausyiah
    Rabu, 21 Desember 2022 - 08:22 WIB
    Kata jujur sering diidentikkan dengan ucapan atau perkataan yang jujur dari lisan kita. Sehingga dinyatakan bahwa kejujuran pada ucapan adalah bentuk kejujuran yang dikenal oleh semua umat manusia