Topik Terkait: Haji Reguler (halaman 26)

  • 7 Jalan Masuk Kota Makkah:...
    Dunia Islam
    Rabu, 08 Mei 2024 - 14:38 WIB
    Benarkah ada 7 jalan masuk Kota Makkah? Ahli sejarah Makkah, Dr Muhammad Ilyas Abdul Ghani pernah menuliskan bahwa ada tiga pintu masuk utama ke Kota Makkah, yakni Mala, Misfalah, dan Syubaikah.
  • Filipina Akan Berangkatkan...
    Dunia Islam
    Selasa, 14 Mei 2024 - 14:58 WIB
    Filipina akan memberangkatkan 5.000 orang jemaah haji pada tahun ini. Komisi Nasional Muslim Filipina menjelaskan kloter pertama akan berangkat ke Arab Saudi minggu depan.
  • Suhu 48 Derajat Celsius...
    Dunia Islam
    Selasa, 11 Juni 2024 - 15:32 WIB
    Pemerintah Arab Saudi memperingatkan kenaikan suhu mencapai 48C saat jemaah bersiap untuk menunaikan ibadah haji pekan ini. Jemaah haji diminta mempersiapkan diri.
  • Paspor Calhaj Tertinggal...
    Dunia Islam
    Minggu, 11 Juni 2023 - 20:27 WIB
    Ketua Bidang Keagamaan DPP Partai Perindo Abdul Khaliq Ahmad meminta para calon jemaah haji (calhaj) untuk menyiapkan satu tas khusus untuk dokumen-dokumen penting selama pelaksanaan ibadah haji.
  • Dear Jemaah Haji, Smart...
    Dunia Islam
    Kamis, 30 Mei 2024 - 17:52 WIB
    Kemenag telah merilis aplikasi Kawal Haji. Aplikasi ini menjadi kanal penghubung antarjemaah haji, petugas, keluarga, dan publik, serta stakeholder lainnya.
  • cover top ayah
    وَوَهَبۡنَا لَهٗۤ اِسۡحٰقَ وَيَعۡقُوۡبَ‌ؕ كُلًّا هَدَيۡنَا ‌ۚ وَنُوۡحًا هَدَيۡنَا مِنۡ قَبۡلُ‌ وَمِنۡ ذُرِّيَّتِهٖ دَاوٗدَ وَسُلَيۡمٰنَ وَاَيُّوۡبَ وَيُوۡسُفَ وَمُوۡسٰى وَ هٰرُوۡنَ‌ؕ وَكَذٰلِكَ نَجۡزِى الۡمُحۡسِنِيۡنَۙ (٨٤) وَزَكَرِيَّا وَيَحۡيٰى وَعِيۡسٰى وَاِلۡيَاسَ‌ؕ كُلٌّ مِّنَ الصّٰلِحِيۡنَۙ (٨٥) وَاِسۡمٰعِيۡلَ وَالۡيَسَعَ وَيُوۡنُسَ وَلُوۡطًا‌ ؕ وَكُلًّا فَضَّلۡنَا عَلَى الۡعٰلَمِيۡنَۙ (٨٦) وَمِنۡ اٰبَآٮِٕهِمۡ وَذُرِّيّٰتِهِمۡ وَاِخۡوَانِهِمۡ‌ۚ وَاجۡتَبَيۡنٰهُمۡ وَهَدَيۡنٰهُمۡ اِلٰى صِرَاطٍ مُّسۡتَقِيۡمٍ (٨٧) ذٰ لِكَ هُدَى اللّٰهِ يَهۡدِىۡ بِهٖ مَنۡ يَّشَآءُ مِنۡ عِبَادِهٖ‌ؕ وَلَوۡ اَشۡرَكُوۡا لَحَبِطَ عَنۡهُمۡ مَّا كَانُوۡا يَعۡمَلُوۡنَ (٨٨)
    Dan Kami telah menganugerahkan Ishak dan Yakub kepadanya. Kepada masing-masing telah Kami beri petunjuk; dan sebelum itu Kami telah memberi petunjuk kepada Nuh, dan kepada sebagian dari keturunannya (Ibrahim) yaitu Dawud, Sulaiman, Ayyub, Yusuf, Musa, dan Harun. Dan demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik, dan Zakaria, Yahya, Isa, dan Ilyas. Semuanya termasuk orang-orang yang shalih, dan Ismail, Ilyasa‘, Yunus, dan Luth. Masing-masing Kami lebihkan (derajatnya) di atas umat lain (pada masanya), (dan Kami lebihkan pula derajat) sebagian dari nenek moyang mereka, keturunan mereka dan saudara-saudara mereka. Kami telah memilih mereka (menjadi nabi dan rasul) dan mereka Kami beri petunjuk ke jalan yang lurus. Itulah petunjuk Allah, dengan itu Dia memberi petunjuk kepada siapa saja di antara hamba-hamba-Nya yang Dia kehendaki. Sekiranya mereka mempersekutukan Allah, pasti lenyaplah amalan yang telah mereka kerjakan.

    (QS. Al-An'am Ayat 84-88)
    cover bottom ayah
  • Jemaah Haji Diimbau...
    Dunia Islam
    Sabtu, 24 Juni 2023 - 12:00 WIB
    Jelang puncak haji, jemaah diimbau untuk menyiapkan diri. Selain fisik, emaah juga harus menghafalkan nama maktab dan tenda tempat tinggal agar tidak kesasar.
  • Cerita Haru Sukanti,...
    Dunia Islam
    Kamis, 23 Mei 2024 - 08:19 WIB
    Cerita bakti seorang anak yang berjuang memberangkatkan haji orang tuanya. Sosok itu adalah Sukanti, yang rela menjadi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Negeri Jiran demi menghajikan ayahnya, Suroso, yang tunanetra.
  • Sakit, Jemaah Haji Lansia...
    Dunia Islam
    Minggu, 04 Juni 2023 - 16:01 WIB
    Ada yang menggelitik ketika Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy meninjau Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) di Madinah. Muhadjir diminta menemani Ngadiran (81), jemaah haji asal Rokan Hilir, Riau ke Kebun Kurma.
  • 4 Bagian Larangan-Larangan...
    Hikmah
    Jum'at, 31 Mei 2024 - 06:52 WIB
    Larangan-larangan ihram dari sisi fidyah terbagi menjadi empat (4) bagian, antara lain yang tidak ada fidyah padanya: yaitu akad nikah. Kedua, yang fidyahnya sangat berat, yaitu jima dalam hajil.
  • Katering Berhenti Sementara...
    Dunia Islam
    Sabtu, 24 Juni 2023 - 22:04 WIB
    Menjelang penghentian sementara pasokan katering pada puncak haji. Sejumlah jemaah mulai mempersiapkan diri.
  • Kisah Haji Ibnu Jubair...
    Dunia Islam
    Selasa, 27 Juni 2023 - 08:34 WIB
    Kala itu, Timur Tengah sedang kacau di tengah runtuhnya Kekaisaran Fatimiyah dan pembentukan negara Muslim yang bersatu di bawah Salahuddin Al Ayyubi.
  • Cerita Rahmatulloh Meraih...
    Dunia Islam
    Senin, 19 Juli 2021 - 08:39 WIB
    Ibadah haji 1442 H sudah mulai dilaksanakan dan saat ini 60.000 jamaah sedang bersiap untuk berangkat ke Padang Arafah setelah bermalam di Mina.
  • 240 Jemaah Haji Lansia...
    Dunia Islam
    Selasa, 27 Juni 2023 - 03:03 WIB
    Sebanyak 240 jemaah haji lansia dan disabilitas akan disafariwukufkan. Mereka adalah jemaah haji yang memiliki keterbatasan fisik dalam pergerakan.
  • Tata Cara Berihram dalam...
    Tips
    Jum'at, 17 Mei 2024 - 11:06 WIB
    Barangsiapa yang menaiki pesawat terbang karena ingin berhaji atau umrah atau untuk keduanya secara bersamaan, maka sesungguhnya ia berihram di dalam pesawat apabila telah sejajar salah satu miqat-miqat ini.
  • Jemaah Haji Diimbau...
    Dunia Islam
    Selasa, 13 Juni 2023 - 09:58 WIB
    Bagi jemaah yang tiba di Mekkah tengah malam atau dini hari, Subhan mengimbau untuk tetap beristirahat terlebih dahulu.
  • Penambahan Fasilitas...
    Dunia Islam
    Sabtu, 08 Juni 2024 - 12:16 WIB
    Direktur Bina Haji Direktorat Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama Arsad Hidayat mengapresiasi penambahan fasilitas fast track untuk jemaah haji Indonesia yang diberikan Arab Saudi. Upaya Pemerintah Arab Saudi menambah fasilitas fast track bandara di Indonesia ternyata ada perubahan hasil.
  • Jemaah Haji yang Miliki...
    Dunia Islam
    Kamis, 30 Mei 2024 - 10:46 WIB
    Jemaah haji Indonesia yang memiliki komorbid atau penyakit penyerta diminta membawa obat sendiri jika salat di Masjid Nabawi. Imbauan ini disampaikan Kepala Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Madinah, dr Karmijono.
  • 15 Jemaah Haji Indonesia...
    Dunia Islam
    Minggu, 26 Mei 2024 - 10:20 WIB
    Jemaah Haji Indonesia yang wafat menjelang puncak haji 2024 bertambah menjadi 15 orang, baik di Madinah, Makkah dan Jeddah. Demikian data Siskohat Kemenag hingga Sabtu.
  • Fase Pemulangan ke Tanah...
    Dunia Islam
    Sabtu, 22 Juni 2024 - 15:37 WIB
    Operasional pemulangan jemaah haji ke Tanah Air hari ini dimulai. Jemaah haji yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) SUB 01 mengawali fase pemulangan jemaah dan diterbangkan dari Bandara King Abdul Azis, Jeddah. Kloter SUB 01 take off menuju Indonesia pada pukul 03.15 Waktu Arab Saudi.
  • 8 Kewajiban Orang yang...
    Tips
    Jum'at, 03 Mei 2024 - 15:22 WIB
    Barangsiapa bertujuan melakukan perjalanan panjang untuk haji atau yang lainnya maka wajib membayar utangnya atau minta izin orang-orang yang memberikan piutang.