Topik Terkait: Hari Kartini (halaman 2)

  • Hukum Hari Valentine Menurut Islam
    Tausyiah
    Rabu, 09 Februari 2022 - 09:13 WIB
    Pada 14 Februari adalah Valentines Day. Bukan hanya di Barat, di negera-negara Islam, macam Arab Saudi, Valentines Day juga dirayakan. Bagaimana Islam memandang masalah ini?
  • Rasulullah SAW Membaca Surat As-Sajdah dan Al-Insan saat Sholat Subuh di Hari Jumat
    Tausyiah
    Kamis, 18 Agustus 2022 - 17:52 WIB
    Rasulullah SAW memiliki kebiasaan membaca Alif Lam Mim Sajdah, yaitu surat ke-32, dan surat al-Insan, yaitu surat ke 76, di dalam sholat subuh pada hari Jumat
  • Beda Pendapat Soal Waktu Doa Mustajab di Hari Jumat
    Tips
    Kamis, 27 Oktober 2022 - 14:17 WIB
    Setiap muslim dianjurkan bersungguh-sunguh untuk berdoa pada siang hari di hari Jumat. Sebab di dalamnya terdapat waktu doa mustajab, maknanya semua doa bakal terkabul.
  • Apa itu Hari Tasyrik? Berikut Keutamaan dan Amalannya
    Tips
    Jum'at, 08 Juli 2022 - 15:01 WIB
    Selain makan dan minum sesuai hadis Rasulullah SAW, keutamaan dan amalan Hari Tasyrik antara lain adalah memperbanyak mengingat Allah SWT atau berzikir.
  • Begini Makna Mengencangkan Sarung Pada 10 Hari Terakhir Ramadhan
    Tausyiah
    Rabu, 05 Mei 2021 - 04:19 WIB
    Mengencangkan sarung, menjelaskan takwil para ulama, artinya mengurangi makan, tidur, dan tidak mendekat ke para istrinya. Maknanya adalah fokus beribadah.
  • cover top ayah
    اِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ اذۡكُرۡ نِعۡمَتِىۡ عَلَيۡكَ وَعَلٰى وَالِدَتِكَ‌ ۘ اِذۡ اَيَّدْتُكَ بِرُوۡحِ الۡقُدُسِ تُكَلِّمُ النَّاسَ فِىۡ الۡمَهۡدِ وَكَهۡلًا ‌ ۚوَاِذۡ عَلَّمۡتُكَ الۡـكِتٰبَ وَالۡحِكۡمَةَ وَالتَّوۡرٰٮةَ وَالۡاِنۡجِيۡلَ‌ ۚ وَاِذۡ تَخۡلُقُ مِنَ الطِّيۡنِ كَهَيْئَةِ الطَّيۡرِ بِاِذۡنِىۡ فَتَـنۡفُخُ فِيۡهَا فَتَكُوۡنُ طَيۡرًۢا بِاِذۡنِىۡ‌ وَ تُبۡرِئُ الۡاَكۡمَهَ وَالۡاَبۡرَصَ بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ تُخۡرِجُ الۡمَوۡتٰى بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ كَفَفۡتُ بَنِىۡۤ اِسۡرَآءِيۡلَ عَنۡكَ اِذۡ جِئۡتَهُمۡ بِالۡبَيِّنٰتِ فَقَالَ الَّذِيۡنَ كَفَرُوۡا مِنۡهُمۡ اِنۡ هٰذَاۤ اِلَّا سِحۡرٌ مُّبِيۡنٌ
    Dan ingatlah ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Ingatlah nikmat-Ku kepadamu dan kepada ibumu sewaktu Aku menguatkanmu dengan Rohulkudus. Engkau dapat berbicara dengan manusia pada waktu masih dalam buaian dan setelah dewasa. Dan ingatlah ketika Aku mengajarkan menulis kepadamu, (juga) Hikmah, Taurat dan Injil. Dan ingatlah ketika engkau membentuk dari tanah berupa burung dengan seizin-Ku, kemudian engkau meniupnya, lalu menjadi seekor burung (yang sebenarnya) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau menyembuhkan orang yang buta sejak lahir dan orang yang berpenyakit kusta dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau mengeluarkan orang mati (dari kubur menjadi hidup) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika Aku menghalangi Bani Israil (dari keinginan mereka membunuhmu) di kala waktu engkau mengemukakan kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, lalu orang-orang kafir di antara mereka berkata, Ini tidak lain hanyalah sihir yang nyata.

    (QS. Al-Maidah Ayat 110)
    cover bottom ayah
  • Syaikh Nawawi: Kiamat Akan Terjadi pada Waktu Fajar di Hari Jumat
    Tausyiah
    Senin, 15 Maret 2021 - 20:14 WIB
    Syaikh Nawawi Al Bantani mengungkapkan hari kiamat menjadi kerinduan bagi umat Islam, yang telah siap dengan bekal amal kehidupan. Kiamat tersebut akan terjadi pada waktu fajar di hari Jumat.
  • Dahsyatnya Hari Kiamat (3): Hadits yang Tertolak tentang Dajjal
    Tausyiah
    Jum'at, 03 September 2021 - 10:26 WIB
    Buku Dahsyatnya Hari Kiamat karya Ibnu Katsir memaparkan dua hadits tentang Dajjal dengan opini Syaikh adz Dzahab. Ini yang disebutnya sebagai hadits yang tertolak,
  • 6 Tempat Terjadinya Tanda-tanda Hari Kiamat
    Hikmah
    Sabtu, 23 Juli 2022 - 07:30 WIB
    Rasulullah SAW mengabarkan tanda-tanda Kiamat baik kecil maupun besar dalam banyak riwayat Hadis. Beberapa di antaranya telah terjadi di beberapa tempat.
  • Amalan Ringan Pagi Hari Pembuka Pintu Rezeki
    Muslimah
    Senin, 15 Maret 2021 - 06:00 WIB
    Ada banyak berkah dan pahala apabila melaksanakan amalan-amalan pagi ini. Salah satunya ada amalan ringan dan mudah yang dapat membuka .pintu rezeki dan keberkahan hidup
  • Larangan di Hari Tasyrik dan Dalil-dalilnya
    Tips
    Selasa, 12 Juli 2022 - 20:36 WIB
    Larangan di hari Tasyrik (tanggal 11,12 dan 13 Dzulhijjah) yang hukumnya haram adalah berpuasa. Puasa sunnah apapun, di tiga hari setelah perayaan Idul Adha tidak diperbolehkan.
  • Dahsyatnya Sedekah di Hari Jumat
    Muslimah
    Jum'at, 26 Maret 2021 - 07:16 WIB
    Keistimewaan hari Jumat bagi umat muslim sangat luar biasa. Selain melaksanakan ibadah wajib seperti sholat jumat, ada banyak amalan sunnah di hari Jumat yang memiliki keutamaan dan pahala yang dilipatgandakan, salah satunya adalah sedekah.
  • Hadits yang Jelaskan Waktu Ijabah Doa di Hari Jumat
    Tips
    Jum'at, 15 Oktober 2021 - 08:58 WIB
    Ibnul Qayyim telah mencatat 32 keistimewaan hari Jumat. Salah satunya, pada hari itu terdapat satu waktu Allah Taala akan mengabulkan doa. Pukul berapa waktu doa diijabah itu?
  • Khutbah Jumat: Kemuliaan Hari Asyura dan Peristiwa Wafatnya Sayyidina Husain
    Tausyiah
    Jum'at, 21 Juli 2023 - 15:50 WIB
    Khutbah Jumat kali ini mengangkat tema tentang kemuliaan Hari Asyura dan peristiwa wafatnya Sayyidina Husain. Hari ini kita memasuki 3 Muharam 1445 Hijriah bertepatan Jumat, 21 Juli 2023.
  • Hari Kiamat, Sangkakala Ditiup Saat Manusia Sibuk dengan Dunianya
    Hikmah
    Senin, 23 Mei 2022 - 06:00 WIB
    Hari Kiamat benar-benar akan terjadi dan waktunya dirahasiakan oleh Allah Taala. Seluruh makhluk akan binasa dengan tiupan Sangkakala yang mengguncang alam semesta.
  • Keutamaan Berzikir di Hari Tasyrik, Raih 5 Keutamaan dan Pahalanya yang Dahsyat
    Hikmah
    Jum'at, 30 Juni 2023 - 11:20 WIB
    Hari Tasyrik atau hari ke 11,12 dan 13 Dzulhijjah, selain hari makan dan minum juga disebut sebagai hari berzikir. Allah Subhanahu wa Taala memerintahkan segenap muslim dan muslimah untuk memperbanyak zikir dan salat , baik yang wajib maupun sunah.
  • Keutamaan Hari Jumat yang Jarang Diketahui, Yuk Amalkan
    Tausyiah
    Kamis, 22 Juli 2021 - 22:01 WIB
    Selain fadhillah Surah Al-Kahfi, Yasin dan baca sholawat, ternyata masih banyak keistimewaan lain Hari Jumat yang perlu diketahui kaum muslimin. Berikut keterangannya.
  • Sunnah Memakai Pakaian Terbaik di Hari Jumat, Yuk Amalkan!
    Tips
    Jum'at, 28 April 2023 - 11:43 WIB
    Salah satu sunnah di hari Jumat adalah memakai pakaian terbaik dan membersihkan diri, terutama ketika hendak melaksanakan salat Jumat.
  • 2 Macam Takbiran Hari Raya Iduladha dan Dalilnya
    Tausyiah
    Selasa, 27 Juni 2023 - 12:56 WIB
    Salah satu amalan pada bulan Dzulhijjah atau tepatnya menjelang pelaksanaan salat Iduladha. Dalam kitab Fathul Qarib disebutkan bahwa takbir pada malam hari raya disunahkan
  • 7 Amalan Khusus yang Dianjurkan di Hari Jumat Beserta Faedahnya
    Tips
    Jum'at, 11 Agustus 2023 - 08:48 WIB
    Dalam Islam, hari Jumat juga disebut penghulunya hari (Sayyidul Ayyam). Ada 7 amalan memiliki faedah besar yang bila diamalkan di hari istimewa tersebut.
  • 3 Keutamaan Sedekah pada Hari Jumat
    Tips
    Senin, 11 April 2022 - 18:25 WIB
    Di dalam ayat Al-Quran disampaikan bahwa sedekah memiliki banyak keutamaan. Sedekah juga adalah amalan yang senantiasa dicontohkan oleh Rasulullah SAW.