Topik Terkait: Hikmah Siang Dan Malam (halaman 2)

  • Hikmah Menatap Langit, Ibadah Sunnah yang Terlupakan
    Muslimah
    Jum'at, 13 November 2020 - 15:32 WIB
    Menatap langit artinya menyaksikan salah satu tanda kebesaran, keperkasaan, dan kekuasaan Allah. Maka tak heran, bila Syaikh Abdul Aziz Ath-Tharifi mengatakan bahwa menatap langit termasuk ibadah sunnah.
  • Hikmah Puasa Menurut Syaikh Ali Ahmad al-Jurjawi
    Tausyiah
    Senin, 25 Maret 2024 - 11:55 WIB
    Seseorang (yang berpuasa) menahan dirinya dari syahwatnya dan kesenangannya sebulan penuh, yang di balik itu ia tidak mengharapkan apa apa kecuali Wajah Allah Taala
  • Kisah Hikmah : Pesan dari Kuburan
    Hikmah
    Rabu, 07 Juli 2021 - 09:26 WIB
    Cinta seorang muslim kepada Allah Subhanahu wa taala mengharuskan ia mencintai Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam. Kenapa demikian? Sebab, Rasulullah merupakan kekasih Allah.
  • Inilah Hikmah Besar Dibalik Ibadah Umrah
    Hikmah
    Sabtu, 22 Juli 2023 - 14:19 WIB
    Melaksanakan ibadah haji dan umrah adalah sebuah momentum besar. Haji dan umrah juga memiliki kesamaan, yakni sama-sama menunaikan ibadah ke KakBah atau Baitullah.
  • Abu Nawas, Abu Wardah, dan Seorang Pengemis
    Hikmah
    Selasa, 23 Juni 2020 - 08:13 WIB
    Pengemis itu sangat rajin dan terampil mencabut rumput di ladang sehingga Abu Wardah menyimpulkan bahwa laki-laki pengemis itu adalah pekerja yang baik.
  • cover top ayah
    يٰۤـاَيُّهَا النَّاسُ اِنۡ كُنۡـتُمۡ فِىۡ رَيۡبٍ مِّنَ الۡبَـعۡثِ فَاِنَّـا خَلَقۡنٰكُمۡ مِّنۡ تُرَابٍ ثُمَّ مِنۡ نُّـطۡفَةٍ ثُمَّ مِنۡ عَلَقَةٍ ثُمَّ مِنۡ مُّضۡغَةٍ مُّخَلَّقَةٍ وَّغَيۡرِ مُخَلَّقَةٍ لِّـنُبَيِّنَ لَـكُمۡ‌ ؕ وَنُقِرُّ فِى الۡاَرۡحَامِ مَا نَشَآءُ اِلٰٓى اَجَلٍ مُّسَمًّى ثُمَّ نُخۡرِجُكُمۡ طِفۡلًا ثُمَّ لِتَبۡلُغُوۡۤا اَشُدَّكُمۡ ‌ۚ وَمِنۡكُمۡ مَّنۡ يُّتَوَفّٰى وَمِنۡكُمۡ مَّنۡ يُّرَدُّ اِلٰٓى اَرۡذَلِ الۡعُمُرِ لِكَيۡلَا يَعۡلَمَ مِنۡۢ بَعۡدِ عِلۡمٍ شَيۡــًٔـا‌ ؕ وَتَرَى الۡاَرۡضَ هَامِدَةً فَاِذَاۤ اَنۡزَلۡنَا عَلَيۡهَا الۡمَآءَ اهۡتَزَّتۡ وَرَبَتۡ وَاَنۡۢبَـتَتۡ مِنۡ كُلِّ زَوۡجٍۢ بَهِيۡجٍ
    Wahai manusia! Jika kamu meragukan (hari) kebangkitan, maka sesungguhnya Kami telah menjadikan kamu dari tanah, kemudian dari setetes mani, kemudian dari segumpal darah, kemudian dari segumpal daging yang sempurna kejadiannya dan yang tidak sempurna, agar Kami jelaskan kepada kamu; dan Kami tetapkan dalam rahim menurut kehendak Kami sampai waktu yang sudah ditentukan, kemudian Kami keluarkan kamu sebagai bayi, kemudian (dengan berangsur-angsur) kamu sampai kepada usia dewasa, dan di antara kamu ada yang diwafatkan dan (ada pula) di antara kamu yang dikembalikan sampai usia sangat tua (pikun), sehingga dia tidak mengetahui lagi sesuatu yang telah diketahuinya. Dan kamu lihat bumi ini kering, kemudian apabila telah Kami turunkan air (hujan) di atasnya, hiduplah bumi itu dan menjadi subur dan menumbuhkan berbagai jenis pasangan tetumbuhan yang indah.

    (QS. Al-Hajj Ayat 5)
    cover bottom ayah
  • Hikmah Diperbolehkannya Poligami Menurut Syaikh Al-Qardhawi
    Tausyiah
    Sabtu, 07 Oktober 2023 - 09:49 WIB
    Syaikh Yusuf al-Qardhawi mengatakan sesungguhnya Islam adalah risalah terakhir yang datang dengan syariat yang bersifat umum dan abadi. Yang berlaku sepanjang masa, untuk seluruh manusia.
  • Besok Malam Nisfu Syaban, Jangan Lupa Perbanyak Amal Ibadah Ini!
    Tips
    Jum'at, 23 Februari 2024 - 09:17 WIB
    Malam Nisfu Syaban 1445 Hijriyah jatuh besok malam, Sabtu 24 Februari (malam minggu). Malam Nisfu Syaban memiliki fadhilah (keutamaan) tersendiri.
  • Apa Keistimewaan dari Malam Nuzulul Quran? Begini Penjelasannya
    Hikmah
    Selasa, 26 Maret 2024 - 05:15 WIB
    Apa keistimewaan dari malam Nuzulul Quran atau disebut juga malam peristiwa diturunkan ayat Al Quran untuk pertama kalinya itu? Begini penjelasannya!
  • Puasa Ramadan dan Lima Hikmah di Dalamnya
    Tausyiah
    Minggu, 24 Maret 2024 - 04:05 WIB
    Puasa Ramadan memiliki lima pelajaran. Antara lain, puasa diawasi dan dinilai sendiri Allah, miniatur kehidupan, melatih berbagi, melatih kejujuran dan puasa mencetak orang takwa.
  • Kuah Berbalas Makjun: Lagi-Lagi Abu Nawas Ngerjain Baginda Raja
    Hikmah
    Minggu, 17 Mei 2020 - 03:40 WIB
    Dulu baginda memberi hamba kuahnya, sekarang hamba memberi baginda isinya, ujar Abu Nawas sembari menyebut biaya merahasiakan kejadian ini seratus dinar.
  • Cara Aneh Abu Nawas Memasak, Baginda Jadi Kelaparan
    Hikmah
    Kamis, 21 Mei 2020 - 03:29 WIB
    Setelah semuanya terkumpul, Abu Nawas mohon kepada sultan untuk pergi ke belakang rumah. Ia menggantung sebuah periuk besar pada sebuah pohon, menjerangnya.
  • Begini Hukum Musafir yang Memaksa Menggauli Istri di Siang Ramadhan
    Tausyiah
    Selasa, 05 April 2022 - 05:15 WIB
    Berdasarkan ungkapan ini maka musafir yang sampai ke tempatnya dalam keadaan tidak berpuasa dibolehkan baginya untuk makan dan minum pada sisa hari itu. Adapun bersetubuh?
  • Strategi Maling, Abu Nawas Kena Tipu
    Hikmah
    Senin, 11 Mei 2020 - 02:17 WIB
    Rencana Abu Nawas berjalan lancar. Hampir semua orang membicarakan keajaiban tongkatnya. Berita ini juga terdengar oleh para pencuri yang telah menipu Abu Nawas.
  • Abu Nawas Menjual Baginda Raja Kepada Pedagang Budak
    Hikmah
    Senin, 04 Mei 2020 - 15:42 WIB
    Begitu banyak tumpukan kayu di belakang rumah badui itu sehingga memandangnya saja Sultan Harun Al Rasyid sudah merasa ngeri, apalagi harus mengerjakannya.
  • 10 Nama Malam Nisfu Syaban, Salah Satunya sebagai Malam Hadiah
    Hikmah
    Kamis, 22 Februari 2024 - 12:32 WIB
    Karena keistimewaannya, malam Nisfu Syaban memiliki nama-nama lain yang disematkan untuknya. Nama-nama apa saja? Berikut penjelasannya.
  • Kisah Hikmah, Seorang Putri Pengusaha Jatuh Cinta kepada Budak Ayahnya
    Hikmah
    Senin, 24 Juli 2023 - 20:53 WIB
    Banyak kisah dan peristiwa aneh penuh hikmah bisa dijadikan penghibur sekaligus pelajaran berharga. Berikut kisah seorang putri pengusaha jatuh cinta kepada budak ayahnya.
  • Menganggap Jadi Kadi sebagai Bala, Abu Nawas Berpura-pura Gila
    Hikmah
    Minggu, 26 April 2020 - 16:35 WIB
    Abu Nawas mengatakan dengan jujur, sungguh mengherankan, telinga Ayah yang sebelah kanan berbau harum sekali. Tapi yang sebelah kiri kok baunya amat busuk?
  • Najamudin Kubra dan Orang yang Mudah Naik Darah
    Hikmah
    Kamis, 14 Mei 2020 - 15:35 WIB
    Orang yang baru saja terbunuh itu seorang pembunuh ia sedang dalam perjalanan untuk kejahatan yang paling mengerikan selama perjalanan hidupnya.
  • Pendapat Ulama 4 Mazhab Terkait Amalan Malam Nisfu Syaban
    Tausyiah
    Minggu, 05 Maret 2023 - 22:00 WIB
    Salah satu keutamaan Syaban adalah bulan dinaikkannya amalan manusia kepada Allah, Rabb semesta alam. Lalu bagaimana dengan amalan malam Nisfu Syaban? Berikut pendapat 4 Mazhab.
  • Abu Nawas Dianggap Gila karena Mencari Neraka di Siang Hari
    Hikmah
    Sabtu, 22 Januari 2022 - 09:35 WIB
    Bagaimana mungkin orang secerdas Abu Nuwas berjalan di siang hari dengan membawa lampu, ketika sinar matahari menyorot tajam? Sudah gilakah dia?