Topik Terkait: Hudzaifah Ibnul Yaman (halaman 2)

  • Begini Cara Menjauhi Ujub Menurut Ibnul Qayyim
    Tausyiah
    Selasa, 19 Januari 2021 - 08:40 WIB
    Ulama ahli Fiqih yang hidup pada abad ke-13, Ibnu Qayyim Al-Jauziyyah (1292-1350) memberi tips agar terhindar dari penyakit ujub, riya dan sombong.
  • Yaman Pra-Islam: Abrahah dan Pembantaian 20.000 Umat Nasrani
    Hikmah
    Sabtu, 30 Mei 2020 - 05:00 WIB
    Kisah ini terjadi di Yaman pada masa pra-Islam. Kala itu, Yaman adalah negeri di Jazirah Arab yang amat diperhitungkan. Negeri dengan peradaban yang kuat.
  • Pesan Imam Ibnul Qayyim Ketika Ditimpa Takdir yang Buruk
    Tausyiah
    Jum'at, 09 Desember 2022 - 15:27 WIB
    Takdir manusia sudah ditentukan Allah Subhanahu wa taala, baik takdir yang baik maupun takdir yang buruk.Lantas bagaimana sikap seorang muslim terhadap ketentuan takdir ini, terutama jika harus mengalami takdir yang buruk?
  • Keistimewaan Tarim, Kota Seribu Wali yang Diberkahi (1)
    Hikmah
    Rabu, 21 April 2021 - 17:31 WIB
    Tarim, sebuah kota bersejarah terletak di wilayah Hadhramaut, Yaman. Jaraknya sekitar 640 Km dari Sana, ibukota Yaman. Tarim dikenal sebagai daerah yang dijuluki kota seribu para wali.
  • Kisah Salim Maula Abu Hudzaifah yang Mengagumkan
    Hikmah
    Kamis, 28 Mei 2020 - 17:44 WIB
    Kisah sahabat Nabi shallallahu alaihi wa sallam yang satu ini benar-benar sarat dengan hikmah. Perjalanan hidupnya sungguh mengagumkan hingga berakhir syahid di medang perang.
  • cover top ayah
    اِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ اذۡكُرۡ نِعۡمَتِىۡ عَلَيۡكَ وَعَلٰى وَالِدَتِكَ‌ ۘ اِذۡ اَيَّدْتُكَ بِرُوۡحِ الۡقُدُسِ تُكَلِّمُ النَّاسَ فِىۡ الۡمَهۡدِ وَكَهۡلًا ‌ ۚوَاِذۡ عَلَّمۡتُكَ الۡـكِتٰبَ وَالۡحِكۡمَةَ وَالتَّوۡرٰٮةَ وَالۡاِنۡجِيۡلَ‌ ۚ وَاِذۡ تَخۡلُقُ مِنَ الطِّيۡنِ كَهَيْئَةِ الطَّيۡرِ بِاِذۡنِىۡ فَتَـنۡفُخُ فِيۡهَا فَتَكُوۡنُ طَيۡرًۢا بِاِذۡنِىۡ‌ وَ تُبۡرِئُ الۡاَكۡمَهَ وَالۡاَبۡرَصَ بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ تُخۡرِجُ الۡمَوۡتٰى بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ كَفَفۡتُ بَنِىۡۤ اِسۡرَآءِيۡلَ عَنۡكَ اِذۡ جِئۡتَهُمۡ بِالۡبَيِّنٰتِ فَقَالَ الَّذِيۡنَ كَفَرُوۡا مِنۡهُمۡ اِنۡ هٰذَاۤ اِلَّا سِحۡرٌ مُّبِيۡنٌ
    Dan ingatlah ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Ingatlah nikmat-Ku kepadamu dan kepada ibumu sewaktu Aku menguatkanmu dengan Rohulkudus. Engkau dapat berbicara dengan manusia pada waktu masih dalam buaian dan setelah dewasa. Dan ingatlah ketika Aku mengajarkan menulis kepadamu, (juga) Hikmah, Taurat dan Injil. Dan ingatlah ketika engkau membentuk dari tanah berupa burung dengan seizin-Ku, kemudian engkau meniupnya, lalu menjadi seekor burung (yang sebenarnya) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau menyembuhkan orang yang buta sejak lahir dan orang yang berpenyakit kusta dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau mengeluarkan orang mati (dari kubur menjadi hidup) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika Aku menghalangi Bani Israil (dari keinginan mereka membunuhmu) di kala waktu engkau mengemukakan kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, lalu orang-orang kafir di antara mereka berkata, Ini tidak lain hanyalah sihir yang nyata.

    (QS. Al-Maidah Ayat 110)
    cover bottom ayah
  • Berikut Penyimpangan Kaum Sufi Menurut Al-Imam Ibnul Qayyim Al-Jauzi
    Tausyiah
    Sabtu, 05 Desember 2020 - 05:00 WIB
    Ilmu tasawuf akan meningkat ke bidang makrifat perkenalan, setelah itu ke arah khasab ungkapan dan karunia Allah. Hal ini diperoleh melalui pembersihan hati nurani
  • Ini Mengapa Warga Yaman Ngeri AS Masukkan Houthi sebagai Teroris
    Dunia Islam
    Jum'at, 23 Februari 2024 - 14:39 WIB
    Memasukkan Houthi dalam daftar teroris dianggap dapat melumpuhkan pengiriman uang dan transaksi keuangan serta menghancurkan perekonomian yang sudah terpuruk tanpa merugikan Houthi secara langsung
  • Enam Jenis Bisikan Setan yang Merasuki Manusia
    Muslimah
    Selasa, 17 November 2020 - 18:28 WIB
    Salah satu jalan jin merasuki tubuh manusia adalah melalui bisikan. Yakni penguasaan setan atas diri manusia dengan membuatnya tidak sadar. Misalnya sering menghayal, berandai-andai atau memikirkan sesuatu yang tidak mendatangkan manfaat sama sekali.
  • Houthi: Pendukung Tuhan dari Yaman di Laut Merah
    Dunia Islam
    Rabu, 17 Januari 2024 - 18:59 WIB
    Amerika Serikat dan Inggris melancarkan serangan militer di Yaman yang oleh Houthi digambarkan sebagai tindakan biadab. Namun siapakah pejuang Yaman yang menjadi jantung dari eskalasi ini?
  • Ponpes Attaqwa Putra Bekasi Teken MoU dengan Mahad Darul Hadist Tarim Yaman
    Dunia Islam
    Senin, 28 Agustus 2023 - 20:07 WIB
    Pondok Pesantren Attaqwa Putra, Bekasi, Jawa Barat menandatangani kerja sama dengan Mahad Darul Hadits Tarim Yaman.
  • Kisah Aswad al-Ansi, Nabi Palsu yang Sempat Menguasai Yaman
    Hikmah
    Senin, 13 Juli 2020 - 15:47 WIB
    Aswad bin Inza al-Ansi sudah mendakwakan dirinya nabi sejak masa Rasulullah. Setelah Abu Bakar dilantik ia muncul dan mendapat pengikut beberapa orang.
  • 4 Sikap Mengabaikan Al Quran Menurut Imam Ibnul Qayyim
    Tausyiah
    Senin, 15 Januari 2024 - 10:58 WIB
    Di zaman sekarang, banyak orang-orang yang mengaku Islam namun enggan atau mengabaikan Al-Quran sebagai kitabullah. Padahal kewajiban muslim adalah membaca dan mengamalkan isi Al Quran itu dalam kehidupan sehari-hari.
  • Dosa Perbuatan Haram Tidak Terbatas pada Pribadi si Pelakunya
    Tausyiah
    Sabtu, 12 September 2020 - 05:00 WIB
    Allah Subhanahu wa Taala tidak memberikan suatu kesempitan (baca haram) kepada hambanya, melainkan di situ juga dibuka suatu keleluasaan di segi lain.
  • Kisah Ulama Mengislamkan 200 Orang dan Membuat 200 Ribu Orang Bertobat
    Hikmah
    Rabu, 07 Desember 2022 - 16:22 WIB
    Sosok ulama yang satu ini benar-benar luar biasa dan dapat dijadikan teladan bagi para Dai dan Asatidz. Berkat tausiyahnya, sebanyak 200 orang memeluk Islam pada masanya.
  • Memaknai Ramadhan, Menyelami Kehidupan Santri di Yaman
    Dunia Islam
    Selasa, 27 April 2021 - 10:57 WIB
    Ramadhan merupakan momentum yang disediakan Allah sebagai kesempatan untuk memperbaiki diri, juga waktu yang paling tepat menempa dan mengasah kecerdasan.
  • Kisah Dzu Nuwas, Pembantai 20.000 Orang Nasrani yang Mati Tenggelam di Laut
    Hikmah
    Rabu, 14 September 2022 - 05:15 WIB
    Kisah Dzu Nuwas, pembantai 20.000 orang Nasrani yang mati tenggelam di laut saat dikejar oleh pasukan yang dipimpin oleh Aryat dan Abrahah disampaikan Ibnu Katsir.
  • Keistimewaan Wanita Tarim: Tak Kenal Musik, Hari-harinya Adalah Ibadah
    Muslimah
    Kamis, 21 Oktober 2021 - 22:38 WIB
    Wanita-wanita Tarim, Hadhramaut Yaman sering dijuluki bidadarinya bumi. Aurat mereka terjaga dalam balutan jubah-jubah berwarna hitam gelap.
  • Ulama Kharismatik Yaman Habib Abu Bakar Al-Adni Meninggal Dunia, Ini Profilnya
    Dunia Islam
    Jum'at, 29 Juli 2022 - 16:02 WIB
    Kita baru saja kehilangan ulama kharismatik Hadhramaut Yaman, Al-Habib Abu Bakar Al-Adni Baalawy, yang meninggal dunia pada Rabu 28 Dzulhijjah 1443 H pada usia 75 tahun.
  • 6 Pandangan Menyikapi Takdir Menurut Imam Ibnul Qayyim
    Tausyiah
    Kamis, 16 Februari 2023 - 09:31 WIB
    Takdir manusia di dunia sudah ditetapkan Allah Subhanahu wa taala, bahkan jauh sebelum ia dilahirkan ke dunia. Ada takdir yang baik, begitu juga ada takdir yang buruk.
  • 4 Ulama Besar Yaman Keturunan Nabi Muhammad SAW
    Dunia Islam
    Selasa, 03 Oktober 2023 - 21:20 WIB
    Ulama Yaman keturunan Nabi Muhammad SAW sebenarnya sangat banyak. Bukan tanpa alasan, Yaman (Hadhramaut) sejak dulu sudah dikenal sebagai kampung para Wali dan Dzurriyah Nabi.