Topik Terkait: Hukum Minum Alkohol Tapi Tidak Mabuk (halaman 88)

  • Bolehkah Puasa Syawal...
    Tausyiah
    Selasa, 25 April 2023 - 08:37 WIB
    Bolehkah puasa Syawal dikerjakan tidak berurutan? Hal ini sering ditanyakan kaum muslim mengingat waktunya yang cukup panjang di bulan Syawal dan melaksanakannya selama 6 hari. Bagaimana menurut syariat?
  • Doa Agar Tidak Galau...
    Tausiyah
    Rabu, 11 Desember 2019 - 20:40 WIB
    Rasulullah SAW mengajarkan hikmah dan memberi tips kepada umatnya dalam menghadapi ujian hidup. Salah satunya mengajarkan doa agar tidak dilanda kesedihan, lemah, malas. Berikut Doanya:
  • Mahasiswa Yahudi Lela...
    Dunia Islam
    Senin, 05 Februari 2024 - 12:04 WIB
    Pada tanggal 5 Desember 2023, saya bergabung dengan rekan-rekan mahasiswa Yahudi di luar Kongres Amerika Serikat untuk memprotes resolusi yang menggabungkan kritik terhadap Israel dengan anti-Semitisme.
  • Hukum Menonton Konser...
    Tausyiah
    Sabtu, 20 Mei 2023 - 09:24 WIB
    Hukum menonton konser menjadi salah satu hukum yang perlu diketahui oleh umat Islam. Sebab dengan mengetahuinya, menjadikan seorang muslim tidak lagi salah mengartikannya.
  • Perjalanan Haji Usai,...
    Dunia Islam
    Senin, 10 Juli 2023 - 11:58 WIB
    Seluruh agenda Ibadah haji 1.444 Hijriyah telah rampung, dan kini Kementerian Agama Republik Indonesia kembali membuka akses ibadah umroh. Menyikapi hal tersebut, banyak perusahaan travel dan umrah telah menyiapkan program-program barunya
  • Ibu Hamil Ingin Tetap...
    Muslimah
    Senin, 03 April 2023 - 10:20 WIB
    Di bulan Ramadan, ibu hamil termasuk golongan yang diperbolehkan tidak berpuasa bila kondisinya memang tidak memungkinan. Namun tidak berarti tidak bisa berpuasa sama sekali.
  • Batasan Wanita Karier...
    Muslimah
    Jum'at, 02 Juni 2023 - 13:56 WIB
    Batasan wanita karier dalam Islam perlu dipahami oleh kaum muslimah yang memilih bekerja di luar rumah. Batasan ini penting, karena wanita karier akan menghabiskan lebih banyak waktunya di luar rumah.
  • Imam Al-Ghazali: Musik...
    Tausyiah
    Rabu, 22 Mei 2024 - 05:15 WIB
    Watak tak-berdosa dari musik dan tarian yang diperlakukan sekadar sebagai hiburan, juga dibenarkan oleh hadis shahih yang kita terima dari Siti Aisyah.
  • Peristiwa Muharam: Firaun...
    Hikmah
    Selasa, 25 Juli 2023 - 16:03 WIB
    Raja sombong ini pada detik-detik kematiannya, hendak bertobat karena menyadari kebenaran Nabi Musa. Tobat ini gagal karena Malaikat Jibril menyumpal mulut Firaun dengan lumpur laut.
  • Inilah yang Boleh dan...
    Muslimah
    Jum'at, 20 Mei 2022 - 14:33 WIB
    Selama ini batasan aurat seorang wanita muslimah kerap dipermasalahkan, sebab terjadi perbedaan pendapat di kalangan ulama. Batasan aurat wanita juga turut dibedakan berdasarkan siapa yang melihatnya
  • Bagi Muslimah, Inilah...
    Muslimah
    Minggu, 03 Desember 2023 - 11:23 WIB
    Dalam Islam, ternyata menggunting atau cukur bulu rambut di bagian tubuh tertentu seperti area kemaluan dan ketiak ada aturannya dalam syariat
  • Amalan Sahabat Pemilik...
    Hikmah
    Kamis, 08 September 2022 - 05:10 WIB
    Satu-satunya sahabat Nabi yang mendapat kemuliaan terbang dengan kedua sayapnya di Surga ialah Sayyidina Jafar bin Abi Thalib radhiyallahu anhu. Ini amalannya.
  • Quraish Shihab Tidak...
    Dunia Islam
    Senin, 25 Juli 2022 - 15:30 WIB
    Quraish Shihab tidak ingin dipanggil Habib meskipun merupakan keturunan Nabi Muhammad SAW. Ia menjelaskan masih memiliki jalur keturunan Nabi Muhammad, namun dirinya enggan dipanggil habib.
  • Ini Mengapa Tidak Semua...
    Dunia Islam
    Jum'at, 20 Oktober 2023 - 19:58 WIB
    Tidak semua bangsa Yahudi mendukung gerakan Zionis yang mencita-citakan berdirinya negeri Yahudi di Palestina. Mereka yang kini kejam terhadap bangsa Palestina itu berasal dari Yahudi Askhemazim.
  • Konsep Maslahah Menurut...
    Hikmah
    Jum'at, 22 Januari 2021 - 21:10 WIB
    Salah satu tujuan hukum Islam adalah kemaslahatan, baik kemaslahatan di dunia maupun kemaslahatan di akhirat. Dalil maslahat merupakan salah satu dalil mukhtalif di kalangan para ulama.
  • Puasa Tak Hanya Menahan...
    Dunia Islam
    Sabtu, 24 April 2021 - 12:25 WIB
    Berpuasa tidak hanya mengajarkan menahan nafsu, tetapi sebagai perisai atau benteng dari perbuatan yang buruk.
  • Tajwid Surat Al Kafirun...
    Tips
    Senin, 08 Januari 2024 - 12:00 WIB
    Tajwid Surat Al Kafirun ini perlu dipahami oleh setiap muslim, mengingat surah ini jadi salah satu suratan pendek yang dibaca ketika salat fardhu.
  • 7 Dosa Besar yang Membinasakan:...
    Tausyiah
    Kamis, 19 Mei 2022 - 16:22 WIB
    Tobat tidak menghilangkan kewajiban menerima hukuman. Inilah pendapat yang paling kuat di antara dua pendapat dalam Mazhab Syafii dan ini pula pendapat jumhur ulama.
  • Habib Jindan: Umur Panjang...
    Tausyiah
    Senin, 05 Juli 2021 - 08:21 WIB
    Kebanyakan orang menginginkan umur panjang dan minta didoakan agar diberi umur panjang. Umat Islam mesti hati-hati dengan doa seperti ini. Kenapa demikian?
  • Kepercayaan yang Berkembang...
    Hikmah
    Rabu, 17 Juli 2024 - 10:41 WIB
    Semua hal itu dan fanatisme berlebihan terhadap Husain ra tidak pernah diajarkan oleh para Imam Mazhab. Selain itu, tidak ada dalil yang cukup kuat untuk menjadi hujjah praktik tersebut.