Topik Terkait: Ibadah Sholat (halaman 49)

  • Jalani Tawaf Ifadah,...
    Dunia Islam
    Minggu, 02 Juli 2023 - 18:16 WIB
    Jutaan jemaah haji dari berbagai negara di dunia, termasuk Indonesia, memadati Masjidilharam untuk melaksanakan tawaf ifadah sebagai rangkaian rukun haji.
  • Sholat Muslimah, Lebih...
    Tips
    Rabu, 11 Agustus 2021 - 17:27 WIB
    Sholat adalah ibadah yang sangat mendasar bagi kaum muslimin. Ibadah ini hukumnya fardhu ain, yaitu tidak boleh ditinggalkan ataupun diwakilkan kepada orang lain.
  • Gus Baha: Jangan Terlalu...
    Tausyiah
    Selasa, 18 Januari 2022 - 11:30 WIB
    Ulama ahli tafsir Quran asal Rembang Gus Baha (KH Ahmad Bahauddin Nursalim) mengatakan jangan terlalu sering mengerjakan ibadah sunnah termasuk sholat Tahajud.
  • Takut Kiamat: Ini Doa...
    Hikmah
    Jum'at, 23 Juli 2021 - 18:28 WIB
    Telah diketahui banyak orang selama lebih dari empat puluh tahun beliau melakukan salat fajar dengan wudhu salat isya. Hingga akhir wafat beliau pernah mengkhatamkan Al-Quran sebanyak 7000 kali.
  • Bacaan Niat Salat Fajar,...
    Tips
    Sabtu, 23 September 2023 - 19:45 WIB
    Bacaan niat Salat Fajar ini penting dihapalkan karena banyak keutamaan dari salat sunnah di waktu fajar atau waktu sebelum subuh tersebut.
  • cover top ayah
    اِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ اذۡكُرۡ نِعۡمَتِىۡ عَلَيۡكَ وَعَلٰى وَالِدَتِكَ‌ ۘ اِذۡ اَيَّدْتُكَ بِرُوۡحِ الۡقُدُسِ تُكَلِّمُ النَّاسَ فِىۡ الۡمَهۡدِ وَكَهۡلًا ‌ ۚوَاِذۡ عَلَّمۡتُكَ الۡـكِتٰبَ وَالۡحِكۡمَةَ وَالتَّوۡرٰٮةَ وَالۡاِنۡجِيۡلَ‌ ۚ وَاِذۡ تَخۡلُقُ مِنَ الطِّيۡنِ كَهَيْئَةِ الطَّيۡرِ بِاِذۡنِىۡ فَتَـنۡفُخُ فِيۡهَا فَتَكُوۡنُ طَيۡرًۢا بِاِذۡنِىۡ‌ وَ تُبۡرِئُ الۡاَكۡمَهَ وَالۡاَبۡرَصَ بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ تُخۡرِجُ الۡمَوۡتٰى بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ كَفَفۡتُ بَنِىۡۤ اِسۡرَآءِيۡلَ عَنۡكَ اِذۡ جِئۡتَهُمۡ بِالۡبَيِّنٰتِ فَقَالَ الَّذِيۡنَ كَفَرُوۡا مِنۡهُمۡ اِنۡ هٰذَاۤ اِلَّا سِحۡرٌ مُّبِيۡنٌ
    Dan ingatlah ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Ingatlah nikmat-Ku kepadamu dan kepada ibumu sewaktu Aku menguatkanmu dengan Rohulkudus. Engkau dapat berbicara dengan manusia pada waktu masih dalam buaian dan setelah dewasa. Dan ingatlah ketika Aku mengajarkan menulis kepadamu, (juga) Hikmah, Taurat dan Injil. Dan ingatlah ketika engkau membentuk dari tanah berupa burung dengan seizin-Ku, kemudian engkau meniupnya, lalu menjadi seekor burung (yang sebenarnya) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau menyembuhkan orang yang buta sejak lahir dan orang yang berpenyakit kusta dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau mengeluarkan orang mati (dari kubur menjadi hidup) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika Aku menghalangi Bani Israil (dari keinginan mereka membunuhmu) di kala waktu engkau mengemukakan kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, lalu orang-orang kafir di antara mereka berkata, Ini tidak lain hanyalah sihir yang nyata.

    (QS. Al-Maidah Ayat 110)
    cover bottom ayah
  • Kapan Isra dan Mikraj...
    Hikmah
    Rabu, 25 Januari 2023 - 11:29 WIB
    Isra dan Mikraj selalu diperingati kebanyakan umat Islam pada bulan Rajab, yakni 27 Rajab. Padahal, para ulama terdahulu berbeda pendapat mengenai kapan waktu kejadian peristiwa penting itu.
  • Panduan Salat Tarawih...
    Tips
    Minggu, 10 Maret 2024 - 09:19 WIB
    Panduan salat tarawih dan witir ini perlu diketahui umat muslim yang akan melaksanakan salat tarawih baik berjamaah di masjid atau salat sendiri di rumah.
  • Puasa Merupakan Ibadah...
    Tausyiah
    Rabu, 06 April 2022 - 13:56 WIB
    Puasa merupakan satu ibadah yang unik. Tentu saja banyak segi keunikan puasa yang dapat dikemukakan, misalnya bahwa puasa merupakan rahasia antara Allah dan pelakunya sendiri.
  • Keistimewaan Surat Al-Jumuah...
    Tausyiah
    Kamis, 04 November 2021 - 23:33 WIB
    Surat Al-Jumuah merupakan surat yang sering dibaca oleh para Imam pada Hari Jumat. Di antara keutamaan surat ini yaitu seruan untuk sholat Jumat dan mencari rezeki.
  • Ini Fungsi Smart Card...
    Dunia Islam
    Selasa, 21 Mei 2024 - 20:51 WIB
    Ini fungsi smart card atau kartu pintar yang diberikan untuk jemaah haji Indonesia di Makkah dalam penyelenggaraan ibadah haji 1445 H/2024 M.
  • Sholat Tasbih, Keutamaan...
    Tips
    Senin, 13 September 2021 - 16:49 WIB
    Sholat tasbih adalah salah satu shalat sunnah yang dianjurkan oleh para ulama. Dinamakan demikian karena di dalam sholat tersebut banyak dibaca tasbih. Berikut keutamaan dan tata cara sholat tasbih.
  • Kemenag Susun Skema...
    Dunia Islam
    Sabtu, 01 Juni 2024 - 06:39 WIB
    Ijtimak Ulama Komisi Fatwa MUI telah mengeluarkan fatwa tentang sahnya ibadah jemaah haji Indonesia yang melakukan murur (melintas) di Muzdalifah.
  • Jadwal Sholat untuk...
    Tips
    Sabtu, 24 Juni 2023 - 00:33 WIB
    Bagi umat Islam yang tinggal di Kota Surabaya dan sekitarnya, berikut ini adalah jadwal sholat untuk hari Sabtu 24 Juni 2023 khusus wilayah tersebut. Jadwal sholat ini bersumber dari Bimas Islam Kemenag.
  • Jadwal Sholat untuk...
    Tips
    Jum'at, 21 Juli 2023 - 00:15 WIB
    Bagi umat Islam yang tinggal di Kota Semarang dan sekitarnya, berikut ini adalah jadwal sholat untuk hari Jumat 21 Juli 2023 wilayah tersebut. Jadwal sholat ini bersumber dari Bimas Islam Kemenag.
  • Jadwal Buka Puasa Jakarta...
    Dunia Islam
    Senin, 04 April 2022 - 17:21 WIB
    Jadwal buka puasa untuk wilayah Jakarta pada hari ini Senin 4 April 2022 wajib diperhatikan untuk memastikan telah masuk waktu berbuka.
  • Kuota Haji Inggris Dipangkas...
    Dunia Islam
    Rabu, 24 Mei 2023 - 10:30 WIB
    Arab Saudi telah memangkas secara drastis kuota jumlah Muslim yang diizinkan menghadiri haji dari Inggris, yakni dari 25.000 jemaah menjadi 3.600 jemaah.
  • Mbah Harun, Jemaah Haji...
    Dunia Islam
    Jum'at, 26 Mei 2023 - 09:06 WIB
    Mabh Harun tiba di menginjakkan kaki di Madinah pukul 1.10 Waktu Arab Saudi, termasuk dalam rombongan 450 jemaah haji Kloter 6 Surabaya (SUB).
  • Biar Ayahnya Kaya, Haji...
    Hikmah
    Senin, 05 Juni 2023 - 09:15 WIB
    Haji itu tidak wajib atas seseorang bila ia tidak mempunyai harta, sekalipun ayahnya adalah orang kaya. Dia tidak perlu meminta kepada ayahnya untuk dapat menunaikan ibadah haji.
  • Bacaan Niat Salat Subuh...
    Tips
    Senin, 07 Agustus 2023 - 16:48 WIB
    Bacaan niat salat subuh berjamaah wajib dihapalkan umat muslim yang akan melaksanakan salat subuh secara berjamaah, baik di masjid maupun salat di rumah.
  • Kewajiban Haji: Hukum...
    Tips
    Kamis, 23 Juni 2022 - 12:13 WIB
    Syaikh Abdul Aziz mengatakan yang lebih hati-hati adalah melontar sebelum Maghrib bagi orang yang mampu melakukan demikian itu karena berpedoman kepada Sunnah dan keluar dari perselisihan.