Topik Terkait: Idul Adha 1443 H (halaman 2)

  • Ramadhan 1443 H, Lazismu Tawarkan Bantuan Rp5 Juta untuk Pelaku UMKM
    Dunia Islam
    Kamis, 31 Maret 2022 - 18:40 WIB
    Lembaga Amil Zakat Infak dan Shodaqoh Muhammadiyah (Lazismu) menggelar tujuh program unggulan pada bulan Ramadhan 1443 H/2022 M.
  • Syarat Ketat Bagi Panitia Idul Adha yang Mengambil Upah Kurban
    Tips
    Kamis, 07 Juli 2022 - 08:49 WIB
    Panitia boleh meminta upah dari pemilik hewan atas jasanya menangani hewan kurban. Karena panitia adalah berstatus wakil atau yang mewakili pemilik kurban.
  • Niat Sholat Iduladha Lengkap Arab Latin dan Tata Caranya
    Tausyiah
    Rabu, 14 Juni 2023 - 17:34 WIB
    Niat sholat Iduladha ini perlu diketahui umat muslim supaya dapat melaksanakan ibadah dengan benar. Terlebih sholat Id ini hanya dilaksanakan satu kali dalam setahun.
  • Bacaan Niat Salat Iduladha, Arab Latin dan Terjemahannya
    Tips
    Senin, 26 Juni 2023 - 17:42 WIB
    Bacaan niat salat iduladha adalah sebagai berikut: Ushall sunnata-li dil adl-h rakataini mustaqbilal qiblati (mamman/imman) lillhi tal.
  • MUI Tegaskan Ibadah Idul Adha Tak Dilarang, Hanya Dialihkan
    Dunia Islam
    Jum'at, 09 Juli 2021 - 10:10 WIB
    Majelis Ulama Indonesia (MUI) menegaskan tak melarang pelaksanaan ibadah Idul Adha, baik berupa salat sunah atau pun kurban.
  • cover top ayah
    وَحُشِرَ لِسُلَيۡمٰنَ جُنُوۡدُهٗ مِنَ الۡجِنِّ وَالۡاِنۡسِ وَالطَّيۡرِ فَهُمۡ يُوۡزَعُوۡنَ (١٧) حَتّٰٓى اِذَاۤ اَتَوۡا عَلٰى وَادِ النَّمۡلِۙ قَالَتۡ نَمۡلَةٌ يّٰۤاَيُّهَا النَّمۡلُ ادۡخُلُوۡا مَسٰكِنَكُمۡ‌ۚ لَا يَحۡطِمَنَّكُمۡ سُلَيۡمٰنُ وَجُنُوۡدُهٗۙ وَهُمۡ لَا يَشۡعُرُوۡنَ‏ (١٨) فَتَبَسَّمَ ضَاحِكًا مِّنۡ قَوۡلِهَا وَقَالَ رَبِّ اَوۡزِعۡنِىۡۤ اَنۡ اَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ الَّتِىۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَىَّ وَعَلٰى وَالِدَىَّ وَاَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًـا تَرۡضٰٮهُ وَاَدۡخِلۡنِىۡ بِرَحۡمَتِكَ فِىۡ عِبَادِكَ الصّٰلِحِيۡنَ (١٩)
    Dan untuk Sulaiman dikumpulkan bala tentaranya dari jin, manusia dan burung, lalu mereka berbaris dengan tertib. Hingga ketika mereka sampai di lembah semut, berkatalah seekor semut, Wahai semut-semut! Masuklah ke dalam sarang-sarangmu, agar kamu tidak diinjak oleh Sulaiman dan bala tentaranya, sedangkan mereka tidak menyadari. Maka dia (Sulaiman) tersenyum lalu tertawa karena (mendengar) perkataan semut itu. Dan dia berdoa, Ya Tuhanku, anugerahkanlah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku mengerjakan kebajikan yang Engkau ridhai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang shalih.

    (QS. An-Naml Ayat 17-19)
    cover bottom ayah
  • Idul Adha, Kurban, dan Keteladanan Nabi Ibrahim AS (1)
    Tausyiah
    Sabtu, 01 Agustus 2020 - 08:15 WIB
    Baik pada ibadah haji maupun Idul Adha, sosok Ibrahim AS menjadi figur sentral. Hampir semua amalan yang ada pada dua bentuk ritual Islam itu terkait dengan sejarah hidup nabi Ibrahim AS.
  • Tata Cara Salat Iduladha Lengkap dengan Niatnya
    Tips
    Rabu, 17 Mei 2023 - 11:03 WIB
    Tata cara salat Iduladha dan bacaannya ini penting diketahui kaum muslim yang sebentar lagi akan memasuki bulan Dzulhijjah atau bulan haji ini.
  • Beginilah Tampilan Terbaik Muslimah Ketika Hendak Salat Id
    Muslimah
    Rabu, 28 Juni 2023 - 11:44 WIB
    Dalam melaksanakan salat, seorang muslimah dianjurkan lebih mempercantik diri dengan hiasan (pakaian yang pantas-red), terutama dalam salat Jumat, salat jamaah dan salat Id.
  • Idul Fitri Sebagai Pengingat Akan Akhirat, Begini Kata Imam Ghazali
    Tausyiah
    Rabu, 12 Mei 2021 - 17:24 WIB
    Idul Fitri bukanlah momen berfoya-foya dengan kesenangan duniawi. Apalagi sampai lupa kepada Allah SWT. Justru, hikmah adanya Idul Fitri di dunia adalah sebagai pengingat akan akhirat.
  • Bolehkah Menyalurkan Daging Kurban ke Daerah Lain?
    Tausyiah
    Minggu, 03 Juli 2022 - 18:34 WIB
    Umat muslim diperintahkan menyembelih hewan kurban pada Hari Raya Idul Adha. Pertanyaannya, bolehkah menyalurkan daging kurban ke daerah lain?
  • Khutbah Idul Adha Singkat, Dahsyatnya Pahala Berkurban
    Tausyiah
    Senin, 11 Juli 2022 - 17:47 WIB
    Umat muslim telah menunaikan salah satu ibadah mulia pada Hari Raya Idul Adha, Ahad kemarin. Berikut Khutbah Idul Adha singkat yang dapat kita jadikan iktibar.
  • Tata Cara Salat Idul Adha dan Sunnah-sunnahnya
    Tausiyah
    Sabtu, 10 Agustus 2019 - 07:30 WIB
    Selain Salat Idul Fitri, umat Islam juga dianjurkan mendirikan Salat Idul Adha setiap tanggal 10 Dzulhijjah. Tahun ini (1440 Hijriyah), Hari Raya Idul Adha jatuh pada hari Minggu (11/8/2019).
  • 2 Jenis Takbiran di Hari Raya Idul Adha
    Tips
    Rabu, 06 Juli 2022 - 10:02 WIB
    Salah satu amalan pada bulan Dzulhijjah atau tepatnya menjelang pelaksanaan shalat Idul Adha. Dalam kitab Fathul Qarib disebutkan bahwa takbir pada malam hari raya disunnahkan
  • Malam Idul Fitri Waktu Mustajab untuk Bermunajat, Berikut Doanya
    Tips
    Sabtu, 23 Mei 2020 - 21:33 WIB
    Malam Idul Fitri merupakan malam istimewa dan waktu mustajab untuk bermunajat kepada Allah Taala. Salah satu amalan yang dianjurkan adalah berdoa dan menghidupkan takbiran
  • Cerita Faiz Arsyad, Mahasiswa Indonesia yang Pertama Kali Rayakan Idul Adha di Rusia
    Dunia Islam
    Sabtu, 09 Juli 2022 - 19:40 WIB
    Faiz Arsyad adalah anak muda yang berasal dari Kota Bekasi. Kini sedang menempuh pendidikan Master (S2) di High School of Economics atau HSE University Rusia.
  • Pandangan Fikih Islam tentang Salat Idul Fitri di Rumah
    Tips
    Kamis, 21 Mei 2020 - 03:30 WIB
    Jika sebelumnya salat Jumat tak bisa dilangsungkan karena kekhawatiran bahaya virus ini, maka bagaimana dengan pelaksanaan Salat Idul Fitri yang hanya sekali dalam setahun?
  • Hukum Sholat Idul Fitri: Mayoritas Ulama Anggap Sunah, Mazhab Hanafiyah Mewajibkan
    Tips
    Sabtu, 30 April 2022 - 16:10 WIB
    Lebaran sebentar lagi. Idul Fitri ditandai dengan sholat dua rakaat, biasanya di lapangan atau di masjid. Lalu, bagaimana sebenarnya kedudukan hukum salat id?
  • Selamat Idul Fitri, Indahnya Toleransi dan Saling Memaafkan
    Tausyiah
    Minggu, 24 Mei 2020 - 09:00 WIB
    Hari ini umat Islam di seluruh dunia merayakan hari kemenangan Idul Fitri 1441 Hijriyah. Disebut hari kemenangan karena kaum muslimin telah berjuang mengekang nafsu selama sebulan penuh.
  • Hukum Kurban: Rasulullah SAW Menyembelih 2 Ekor Domba Jantan
    Tausyiah
    Rabu, 21 Juni 2023 - 13:20 WIB
    Rasulullah SAW memerintahkan kepada para sahabatnya agar mereka menyembelih jadza dari domba, dan tsaniyya dari yang selain domba. Begini penjelannya.
  • Salat Idul Fitri dan Jumlah Jamaah yang Dipersyaratkan
    Tips
    Senin, 04 Mei 2020 - 09:50 WIB
    Pelaksanaan Salat Id tahun ini akan berbeda dari biasanya karena situasi pandemik wabah saat ini. Bagaimana cara mengerjakannya dan berapa jumlah jamaah yang dipersyaratkan? Berikut penjelasannya.