Topik Terkait: Imran Bin Hushain (halaman 2)

  • Kisah Umar bin Khattab dan Tangisan Bayi yang Mengubah Kebijakannya
    Hikmah
    Rabu, 07 Juni 2023 - 22:22 WIB
    Ada satu kisah Umar bin Khattab yang sangat menyentuh ketika mendengar tangisan bayi. Berikut kisahnya diceritakan oleh Ustaz Ahmad Syahrin Thoriq.
  • Ketika Bilal bin Rabah Tak Mampu Lagi Mengumandangkan Adzan
    Hikmah
    Kamis, 18 November 2021 - 19:40 WIB
    Bilal bin Rabah tak mampu lagi mengumandangkan Adzan pascawafatnya Rasulullah SAW. Bilal tak sanggup lagi meneruskan Adzannya tatkala sampai pada kalimah Asyhadu anna Muhammadan Rasulullah.
  • Mari ke Surga..! Slogan Khawarij Saat Perang Melawan Pasukan Ali bin Abu Thalib
    Hikmah
    Selasa, 09 Februari 2021 - 07:28 WIB
    Jumlah anggota pasukan Khawarij lebih kurang 1.500 orang, termasuk anggota pasukan penunggang kuda. Kebanyakan mereka tewas dan tinggal 400 orang begitu perahg usai.
  • Kisah Utsman bin Affan Didoakan Rasulullah SAW karena Kedermawanannya
    Hikmah
    Senin, 05 Juni 2023 - 22:31 WIB
    Kisah Utsman bin Affan radhiyallahu anhu didoakan Rasulullah shallallahu alaihi wasallam (SAW) salah satu kisah penuh ibrah. Nabi mendoakan Utsman karena kedermawanannya.
  • Gara-gara Harta Kekayaan, Khalifah Umar bin Khattab Menangis
    Hikmah
    Selasa, 03 November 2020 - 13:58 WIB
    Umar berkata, demi Allah, jika Allah memberikan yang semacam ini kepada suatu bangsa, pasti mereka akan saling mendengki, saling membenci. Setelah itu permusuhan antara mereka akan berlarut-larut.
  • cover top ayah
    وَوَهَبۡنَا لَهٗۤ اِسۡحٰقَ وَيَعۡقُوۡبَ‌ؕ كُلًّا هَدَيۡنَا ‌ۚ وَنُوۡحًا هَدَيۡنَا مِنۡ قَبۡلُ‌ وَمِنۡ ذُرِّيَّتِهٖ دَاوٗدَ وَسُلَيۡمٰنَ وَاَيُّوۡبَ وَيُوۡسُفَ وَمُوۡسٰى وَ هٰرُوۡنَ‌ؕ وَكَذٰلِكَ نَجۡزِى الۡمُحۡسِنِيۡنَۙ (٨٤) وَزَكَرِيَّا وَيَحۡيٰى وَعِيۡسٰى وَاِلۡيَاسَ‌ؕ كُلٌّ مِّنَ الصّٰلِحِيۡنَۙ (٨٥) وَاِسۡمٰعِيۡلَ وَالۡيَسَعَ وَيُوۡنُسَ وَلُوۡطًا‌ ؕ وَكُلًّا فَضَّلۡنَا عَلَى الۡعٰلَمِيۡنَۙ (٨٦) وَمِنۡ اٰبَآٮِٕهِمۡ وَذُرِّيّٰتِهِمۡ وَاِخۡوَانِهِمۡ‌ۚ وَاجۡتَبَيۡنٰهُمۡ وَهَدَيۡنٰهُمۡ اِلٰى صِرَاطٍ مُّسۡتَقِيۡمٍ (٨٧) ذٰ لِكَ هُدَى اللّٰهِ يَهۡدِىۡ بِهٖ مَنۡ يَّشَآءُ مِنۡ عِبَادِهٖ‌ؕ وَلَوۡ اَشۡرَكُوۡا لَحَبِطَ عَنۡهُمۡ مَّا كَانُوۡا يَعۡمَلُوۡنَ (٨٨)
    Dan Kami telah menganugerahkan Ishak dan Yakub kepadanya. Kepada masing-masing telah Kami beri petunjuk; dan sebelum itu Kami telah memberi petunjuk kepada Nuh, dan kepada sebagian dari keturunannya (Ibrahim) yaitu Dawud, Sulaiman, Ayyub, Yusuf, Musa, dan Harun. Dan demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik, dan Zakaria, Yahya, Isa, dan Ilyas. Semuanya termasuk orang-orang yang shalih, dan Ismail, Ilyasa‘, Yunus, dan Luth. Masing-masing Kami lebihkan (derajatnya) di atas umat lain (pada masanya), (dan Kami lebihkan pula derajat) sebagian dari nenek moyang mereka, keturunan mereka dan saudara-saudara mereka. Kami telah memilih mereka (menjadi nabi dan rasul) dan mereka Kami beri petunjuk ke jalan yang lurus. Itulah petunjuk Allah, dengan itu Dia memberi petunjuk kepada siapa saja di antara hamba-hamba-Nya yang Dia kehendaki. Sekiranya mereka mempersekutukan Allah, pasti lenyaplah amalan yang telah mereka kerjakan.

    (QS. Al-An'am Ayat 84-88)
    cover bottom ayah
  • Tak Mudah bagi Umar bin Khattab untuk Jalankan Wasiat Khalifah Abu Bakar
    Hikmah
    Rabu, 09 September 2020 - 16:30 WIB
    Khalifah Umar berencana mengadakan mobilisasi pasukan ke Irak, sebagaimana diwasiatkan Khalifah Abu Bakar. Hanya saja, umat Islam menyambut dingin rencana tersebut.
  • Said bin Amir: Gajinya sebagai Gubernur Dibagikan untuk Rakyat Miskin
    Hikmah
    Rabu, 08 September 2021 - 17:45 WIB
    Said bin Amir menjadi gubernur di wilayah Syria. Hidupnya bersahaja bahkan cenderung miskin. Gajinya sebagai pejabat tinggi sebagian besar dibagi-bagikan kepada rakyatnya yang miskin.
  • Kisah Syahidnya Imam Said di Tangan Penguasa Zalim Hajjaj bin Yusuf
    Hikmah
    Sabtu, 05 November 2022 - 07:05 WIB
    Kisah syahidnya Imam Said bin Jubair (wafat 95 H atau 714 Masehi) di tangan penguasa zalim Hajjaj bin Yusuf patut dijadikan pelajaran berharga. Berikut kisahnya.
  • Sebelum Umar bin Khattab Wafat, Pendeta Yahudi: Waktunya Tinggal 3 Hari
    Hikmah
    Kamis, 14 Desember 2023 - 13:56 WIB
    Suatu ketika Kaab al-Ahbar mendatangi Khalifah Umar bin Khattab dan berkata: Amirulmukminin, ketahuilah bahwa dalam tiga hari ini Anda akan meninggal.
  • Kisah Abdullah Bin Ubay Sebarkan Api Kebencian terhadap Kaum Muhajirin
    Hikmah
    Rabu, 04 Mei 2022 - 05:15 WIB
    Abdullah bin Ubay bin Salul menjadi gembong kaum munafik karena dengki dan membeci Nabi Muhammad. Rasulullah dianggap penghalang dirinya untuk menjadi penguasa Madinah.
  • Asbabun Nuzul Surat Ali Imran Ayat 78 Terkait Perilaku Buruk Pendeta Yahudi
    Hikmah
    Rabu, 28 Desember 2022 - 22:40 WIB
    Perilaku buruk pendeta Yahudi yang suka merekayasa dan mengubah isi Kitab Allah menjadi pelajaran berharga bagi umat Islam. Hal ini disebutkan dalam Surat Ali Imran ayat 78.
  • Polemik Ijtihad Umar Bin Khattab yang Mengundang Perdebatan Sengit
    Hikmah
    Senin, 06 Juni 2022 - 18:52 WIB
    Ijtihad Khalifah Umar bin Khattab terkait pembagian harta rampasan berupa tanah-tanah pertanian mengundang perdebatan sengit. Sahabat Nabi yang paling keras menentang adalah Bilal bin Rabah.
  • Kisah Amr bin Ash Menaklukkan Barqah dan Tripoli Tanpa Perlawanan
    Hikmah
    Kamis, 07 Desember 2023 - 16:45 WIB
    Amr bin Ash adalah sahabat Nabi Muhammad SAW. Beliau dikenal sebagai pahlawan penakluk Mesir. Lebih dari itu, menurut Muhammad Husein Haekal, ia juga penakluk Yerusalem.
  • Kisah Tobatnya Malik Bin Dinar, Preman yang Menjadi Ulama di Masa Tabiin
    Tausyiah
    Selasa, 16 Maret 2021 - 22:08 WIB
    Kisah tobatnya Malik bin Dinar Al-Sami termasuk kisah yang sangat inspiratif. Kisah pertobatan beliau layak dijadikan pelajaran berharga bagi yang sedang menjemput hidayah Allah.
  • 5 Karomah Sayyidina Ali bin Abi Thalib
    Hikmah
    Senin, 22 Juni 2020 - 17:45 WIB
    Salah satu keistimewaan Ali bin Abi Thalib adalah orang kedua memeluk Islam, setelah Sayyidah Khadijah istri Nabi Shallallahu alahi wa sallam. Selain keistimewaan itu, ada 5 karomah Sayyidina Ali.
  • Keturunan Rasulullah SAW: Cucu Ali bin Abu Thalib yang Banyak Julukan
    Hikmah
    Jum'at, 16 Juli 2021 - 17:49 WIB
    Kaumnya memberi julukan Zainul Abdin dan julukan ini justru lebih dikenal daripada nama aslinya. Selain itu karena sujud yang sangat lama, penduduk Madinah juga menyebutnya sebagai Assajad.
  • Thalhah bin Ubaidillah, Berjalan di Muka Bumi Sesudah Kematiannya
    Hikmah
    Senin, 13 April 2020 - 14:35 WIB
    Siapa yang ingin melihat orang berjalan di muka bumi sesudah mengalami kematiannya, lihatlah Thalhah! Itu adalah ucapan Rasulullah SAW saat perang Uhud.
  • Kisah sebelum Umar bin Khattab Terbunuh: Ada yang Melempar Kepalanya saat Haji
    Hikmah
    Rabu, 13 Desember 2023 - 16:04 WIB
    Jubair mendengar orang berkata dari gunung itu: Demi yang punya Kakbah, biar tahu, sesudah tahun ini Umar tidak akan pernah lagi dalam keadaan begini!
  • Teperdaya Amr bin Al-Ash, Abu Musa Berhentikan Ali bin Abu Thalib sebagai Khalifah
    Hikmah
    Sabtu, 06 Februari 2021 - 20:08 WIB
    Seperti orang terkena sihir Abu Musa mengiakan saja apa yang diminta oleh Amr, kendatipun ia telah diperingatkan oleh Ibnu Abbas agar jangan bicara lebih dulu.
  • Sulit Menyakinkan Umat Islam, Begini Pengakuan Umar bin Khattab
    Hikmah
    Rabu, 09 September 2020 - 14:57 WIB
    Mereka memang sudah mengenal Umar sebagai yang suka berterus terang, lahirnya sama dengan batinnya, yang dikatakannya dan yang tidak dikatakannya sama.