Topik Terkait: Kaum Tsamud (halaman 3)

  • Puasa Kaum Sufi: Menjaga 7 Anggota Tubuh
    Tausyiah
    Jum'at, 07 April 2023 - 08:00 WIB
    Seorang sufi berpengaruh, Al-Harits al-Muhasibi (wafat 243 H), mengemukakan bahwa ada tujuh anggota badan yang patut dijaga, terlebih ketika Ramadan. Apa saja?
  • Asap Jelang Kiamat, Bikin Kepala Kaum Kafir seperti Dipanggang di Atas Bara Api
    Hikmah
    Rabu, 02 November 2022 - 11:15 WIB
    Pada detik-detik menjelang kiamat akan muncul kabut dan asap yang memenuhi langit. Kabut itu tak begitu berbahaya bagi kaum mukmin. Mirip penyakit pilek saja. Namun menyakitkan bagi si kafir.
  • Asbabun Nuzul Al-Maidah Ayat 49, Tipu Daya Kaum Yahudi yang Ingin Menyesatkan Nabi
    Hikmah
    Senin, 13 Februari 2023 - 20:10 WIB
    Surat Al-Maidah ayat 49 menceritakan sikap kaum Yahudi yang ingin menyesatkan Nabi Muhammad SAW. Allah mengabarkan kepada Rasulullah SAW agar mewaspadai tipu daya mereka.
  • Kisah Zulaikha: Ketika Kaum Wanita Terfitnah Lelaki
    Muslimah
    Rabu, 08 Desember 2021 - 08:16 WIB
    Sering digambarkan bahwa fitnah terbesar di dunia selalu datang dari kaum wanita, namun demikian bukan berarti wanita pun tidak bisa terfitnah oleh kaum lelaki.
  • Kisah Tragis Kaum Rass: Jadi Batu Hitam Dihimpit Dua Bukit
    Hikmah
    Senin, 11 Mei 2020 - 15:04 WIB
    Al-Quran mengabadikan kisah hancurnya sejumlah kaum. Pada Surat Al-Furqan ayat 38 disebut selain Kaum Aad dan Tasmud ada penduduk Rass. Siapakah kaum Rass itu?
  • cover top ayah
    وَوَهَبۡنَا لَهٗۤ اِسۡحٰقَ وَيَعۡقُوۡبَ‌ؕ كُلًّا هَدَيۡنَا ‌ۚ وَنُوۡحًا هَدَيۡنَا مِنۡ قَبۡلُ‌ وَمِنۡ ذُرِّيَّتِهٖ دَاوٗدَ وَسُلَيۡمٰنَ وَاَيُّوۡبَ وَيُوۡسُفَ وَمُوۡسٰى وَ هٰرُوۡنَ‌ؕ وَكَذٰلِكَ نَجۡزِى الۡمُحۡسِنِيۡنَۙ (٨٤) وَزَكَرِيَّا وَيَحۡيٰى وَعِيۡسٰى وَاِلۡيَاسَ‌ؕ كُلٌّ مِّنَ الصّٰلِحِيۡنَۙ (٨٥) وَاِسۡمٰعِيۡلَ وَالۡيَسَعَ وَيُوۡنُسَ وَلُوۡطًا‌ ؕ وَكُلًّا فَضَّلۡنَا عَلَى الۡعٰلَمِيۡنَۙ (٨٦) وَمِنۡ اٰبَآٮِٕهِمۡ وَذُرِّيّٰتِهِمۡ وَاِخۡوَانِهِمۡ‌ۚ وَاجۡتَبَيۡنٰهُمۡ وَهَدَيۡنٰهُمۡ اِلٰى صِرَاطٍ مُّسۡتَقِيۡمٍ (٨٧) ذٰ لِكَ هُدَى اللّٰهِ يَهۡدِىۡ بِهٖ مَنۡ يَّشَآءُ مِنۡ عِبَادِهٖ‌ؕ وَلَوۡ اَشۡرَكُوۡا لَحَبِطَ عَنۡهُمۡ مَّا كَانُوۡا يَعۡمَلُوۡنَ (٨٨)
    Dan Kami telah menganugerahkan Ishak dan Yakub kepadanya. Kepada masing-masing telah Kami beri petunjuk; dan sebelum itu Kami telah memberi petunjuk kepada Nuh, dan kepada sebagian dari keturunannya (Ibrahim) yaitu Dawud, Sulaiman, Ayyub, Yusuf, Musa, dan Harun. Dan demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik, dan Zakaria, Yahya, Isa, dan Ilyas. Semuanya termasuk orang-orang yang shalih, dan Ismail, Ilyasa‘, Yunus, dan Luth. Masing-masing Kami lebihkan (derajatnya) di atas umat lain (pada masanya), (dan Kami lebihkan pula derajat) sebagian dari nenek moyang mereka, keturunan mereka dan saudara-saudara mereka. Kami telah memilih mereka (menjadi nabi dan rasul) dan mereka Kami beri petunjuk ke jalan yang lurus. Itulah petunjuk Allah, dengan itu Dia memberi petunjuk kepada siapa saja di antara hamba-hamba-Nya yang Dia kehendaki. Sekiranya mereka mempersekutukan Allah, pasti lenyaplah amalan yang telah mereka kerjakan.

    (QS. Al-An'am Ayat 84-88)
    cover bottom ayah
  • Inilah Beda Kriteria Hadis Kaum Rafidah dengan Sunni
    Hikmah
    Senin, 09 Oktober 2023 - 11:51 WIB
    Ketiga kriteria tersebut dipandang tidak sahih oleh ulama Sunni. Berikut ini ringkasan kriteria penerimaan riwayat hadis menurut ulama Suni, dengan perbedaan yang jelas.
  • Negara Israel, Hadiah Inggris untuk Kaum Yahudi
    Dunia Islam
    Selasa, 17 Oktober 2023 - 11:37 WIB
    Negara Israel bisa dibilang adalah hadiah Inggris untuk kaum Yahudi. Ini terjadi setelah Zionis gagal merayu penguasa Ottoman, Sultan Abdul Hamid II, yang kala itu Palestina menjadi wilayah Kekhalifahan Utsmani.
  • Pidato Rasulullah Jelang Ramadhan: Rezeki Kaum Mukmin Ditambah
    Tausyiah
    Sabtu, 03 April 2021 - 19:55 WIB
    Meskipun sebagian ahli menyebut hadis ini berstatus dhaif, kandungannya masih bisa diamalkan karena berkaitan dengan fadhailul amal (keutamaan amal).
  • Berlebihan Memburu Keindahan, Hal yang Sering Diremehkan Kaum Wanita
    Muslimah
    Selasa, 17 Agustus 2021 - 06:46 WIB
    Banyak kaum wanita yang mengorbankan hartanya untuk memburu keindahan dan mengejar kebutuhan - kebutuhan sekunder yang sebenarnya bukan hal mendesak, meski juga tidak diharamkan.
  • Duramsyil Binasa, Allah Membuat Kaum Nabi Nuh  Mandul Semua
    Hikmah
    Senin, 27 April 2020 - 02:31 WIB
    Allah mewahyukan kepada Nuh: Tidak ada lagi benih dalam tulang belakang laki-laki dan perut wanita yang akan beriman, yang menyambut dakwahmu. Allah memandulkan mereka.
  • Khotbah Jumat: Kejahatan Kaum Yahudi Sepanjang Sejarah
    Tausyiah
    Jum'at, 01 Desember 2023 - 06:43 WIB
    Khotbah Jumat kali ini masih mengangkat topik perjuangan Palestina menghadapi agresi Israel. Hari ini bertepatan Jumat 17 Jumadil Awal 1445 Hijriyah atau 1 Desember 2023.
  • Yahudi Indonesia: Menjadi Hantu yang Nyaman dan Tidak Pernah Terlihat
    Dunia Islam
    Senin, 06 November 2023 - 14:35 WIB
    Salah satu masalahnya adalah tidak terlihatnya orang-orang Yahudi selama puluhan tahun telah membuat kita menjadi hantu yang nyaman dan tidak pernah terlihat.
  • Inilah Dosa Jariyah yang Dianggap Biasa Kaum Muslimah
    Muslimah
    Sabtu, 14 Januari 2023 - 05:15 WIB
    Masih banyak kaum wanita muslimah yang menyepelekan dosa-dosa jariyah, bahkan menganggap hal tersebut sebagai hal biasa saja.
  • Ain, Pandangan Dosa yang Disepelekan Kaum Wanita
    Muslimah
    Rabu, 02 Maret 2022 - 16:13 WIB
    Penyakit ain atau penyakit yang muncul karena pandangan mata, seringkali diremehkan oleh kebanyakan kaum wanita. Padahal, pandangan ain ini, salah satu dosa besar bagi yang melakukannya.
  • Salah Paham Umat Islam terhadap Tasawuf dan Kaum Sufi
    Hikmah
    Rabu, 12 Juli 2023 - 13:38 WIB
    Sebelum abad ke-19, hampir mustahil untuk mengklaim bahwa Sufisme tidak ada kaitannya dengan Islam. Ini karena, hingga akhir abad ke-18, ulama terkemuka di Makkah dan Madinah sangat dipengaruhi oleh tasawuf.
  • Mengenal Menorah, Lambang Israel yang Berbentuk Lilin
    Dunia Islam
    Selasa, 17 Oktober 2023 - 10:24 WIB
    Menorah adalah salah satu simbol penting dalam budaya Yahudi dan merupakan lambang resmi Negara Israel. Bentuknya yang khas, dengan tujuh cabang lilin, memiliki makna mendalam dan sejarah yang panjang.
  • Kisah Umar Bin Khattab Kesal Atas Keputusan Rasulullah SAW Berunding dengan Kaum Kafir
    Hikmah
    Kamis, 28 April 2022 - 21:23 WIB
    Pembicaraan dilanjutkan antara kedua pihak untuk mengadakan perjanjian dan mencari perdamaian. Tetapi Umar tampaknya sudah kesal benar karena Nabi menyetujui pembicaraan demikian.
  • Tak hanya Harta, Inilah Ragam Bentuk Sedekahnya Kaum Muslimah
    Muslimah
    Jum'at, 14 Januari 2022 - 06:53 WIB
    Dorongan bersedekah berlaku untuk semua muslim, terutama kaum wanita, bahkan, Rasulullah memberi anjuran lebih terhadap kaum muslimah untuk sedekah dalam beberapa hadis yang disampaikan para sahabat
  • Inilah Hadis yang Sangat Ditakuti Kaum Yahudi Israel
    Dunia Islam
    Minggu, 05 November 2023 - 05:10 WIB
    Ada satu Hadis Nabi yang sangat ditakuti kaum Yahudi terjadi di akhir zaman nanti. Ketakutan kaum Yahudi ini menjadi fakta bahwa mereka sebenarnya mengakui kebenaran Hadis Nabi SAW.
  • Kisah Rasulullah SAW Merobohkan Masjid Dirar yang Dibangun Kaum Anshar
    Hikmah
    Jum'at, 07 Oktober 2022 - 17:24 WIB
    Kisah Rasulullah SAW memerintahkan merubuhkan Masjid Dirar setelah beliau mendapat wahyu bahwa masjid itu dibangun untuk memecah belah umat Islam. Masjid tersebut dibangun orang-orang munafik yang menyatu dengan kaum Anshar.