Topik Terkait: Keluarga Samawa (halaman 3)

  • Allah Taala Menyuruh Keluarga Nabi Daud Bekerja Sebagai Rasa Syukur
    Tausyiah
    Kamis, 08 Oktober 2020 - 06:15 WIB
    Menurut Quraish Shihab, yang dimaksud dengan bekerja adalah menggunakan nikmat yang diperoleh itu sesuai dengan tujuan penciptaan atau penganugerahannya.
  • Begini Indahnya Tradisi Kekeluargaan Warga Arab Saudi
    Dunia Islam
    Selasa, 03 Oktober 2023 - 16:10 WIB
    Menjunjung tinggi tradisi kekeluargaan dan menjaga tali kekerabatan merupakan bagian integral dari masyarakat dan budaya Saudi yang diwariskan dari satu generasi ke generasi berikutnya.
  • Tradisi Anak-Anak Arab Saudi di Malam bulan Ramadan: Salah Satunya Main Kartu
    Dunia Islam
    Minggu, 24 Maret 2024 - 02:00 WIB
    Bulan suci Ramadan adalah kesempatan bagi keluarga dan sahabat untuk berkumpul dan meningkatkan semangat kebersamaan dan kegembiraan. Begitu juga yang terjadi di Arab Saudi.
  • 3 Hak Anak yang Wajib Dipenuhi Orangtua, Apa Saja?
    Tausyiah
    Senin, 10 Agustus 2020 - 17:30 WIB
    Islam adalah agama yang sempurna karena tidak hanya mengatur urusan ibadah (hablumminallah), tetapi juga mengatur hubungan manusia dengan sesama manusia (hablumminannas).
  • Marga Keturunan Nabi di India, Ada Klaim Hindustan Pelindung Keturunan Nabi Muhammad SAW
    Dunia Islam
    Selasa, 16 Mei 2023 - 12:23 WIB
    Marga keturunan Nabi Muhammad SAW di India tersebar di berbagai wilayah. Laman Defence menyebut lebih dari 15 juta orang mengklaim sebagai keturunan dari suku Nabi di Asia Selatan.
  • cover top ayah
    وَوَصَّيۡنَا الۡاِنۡسَانَ بِوَالِدَيۡهِ اِحۡسَانًا‌ ؕ حَمَلَـتۡهُ اُمُّهٗ كُرۡهًا وَّوَضَعَتۡهُ كُرۡهًا‌ ؕ وَحَمۡلُهٗ وَفِصٰلُهٗ ثَلٰـثُوۡنَ شَهۡرًا‌ ؕ حَتّٰٓى اِذَا بَلَغَ اَشُدَّهٗ وَبَلَغَ اَرۡبَعِيۡنَ سَنَةً  ۙ قَالَ رَبِّ اَوۡزِعۡنِىۡۤ اَنۡ اَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ الَّتِىۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَىَّ وَعَلٰى وَالِدَىَّ وَاَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًا تَرۡضٰٮهُ وَاَصۡلِحۡ لِىۡ فِىۡ ذُرِّيَّتِىۡ ؕۚ اِنِّىۡ تُبۡتُ اِلَيۡكَ وَاِنِّىۡ مِنَ الۡمُسۡلِمِيۡنَ
    Dan Kami perintahkan kepada manusia agar berbuat baik kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Masa mengandung sampai menyapihnya selama tiga puluh bulan, sehingga apabila dia (anak itu) telah dewasa dan umurnya mencapai empat puluh tahun dia berdoa, Ya Tuhanku, berilah aku petunjuk agar aku dapat mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau limpahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku dapat berbuat kebajikan yang Engkau ridhai; dan berilah aku kebaikan yang akan mengalir sampai kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertobat kepada Engkau dan sungguh, aku termasuk orang muslim.

    (QS. Al-Ahqaf Ayat 15)
    cover bottom ayah
  • Kisah Keluarga Rasulullah Makan Gandum Basi di Hari Idul Fitri
    Hikmah
    Kamis, 13 Mei 2021 - 05:01 WIB
    Di saat semua orang berbahagia, di saat semua orang makan yang enak-enak. Keluarga Rasulullah justru bahagia dengan hanya makan gandum yang baunya tercium tak sedap.
  • Kisah Hikmah: Husain Cucu Rasulullah SAW Kehausan Jelang Sakaratul Maut
    Hikmah
    Jum'at, 10 Desember 2021 - 10:47 WIB
    Saat itu, Husain, cucu Rasulullah SAW yang kehausan meminta si pembunuh agar memberikannya air. Husain mencoba meraih air Sungai Efrat, namun dihalang-halangi.
  • Begini Gambaran Cinta Abdul Muthalib kepada Nabi Muhammad SAW
    Hikmah
    Kamis, 21 September 2023 - 17:59 WIB
    Spontan anak-anaknya menarik Muhammad agar mundur dari tempat tersebut. Ketika hal itu diketahui oleh Abdul Muthalib beliau menegur anak-anaknya. Biarkan cucuku ini, sungguh dia begitu istimewa, katanya.
  • Akhir Hindun binti Utbah, Si Pemakan Hati Hamzah Bin Abdul Muthalib
    Hikmah
    Senin, 04 Oktober 2021 - 17:55 WIB
    Hindun binti Utbah adalah arsitek pembunuh Hamzah bin Abdul Muthalib. Sejak peristiwa Perang Uhud, ia berjuluk Si Pemakan Hati. Di akhir hayatnya dia menjadi muslimah yang salehah.
  • Kisah Abdul Muthalib Pernah Bernazar Menyembelih Ayah Rasulullah SAW
    Hikmah
    Jum'at, 21 Oktober 2022 - 22:57 WIB
    Abdul Muthalib merupakan kakek Rasulullah SAW dari pihak ayahnya, yakni Abdullah. Terdapat sebuah kisah menarik, Abdullah (ayah Rasulullah SAW) nyaris disembelih oleh ayahnya sendiri.
  • Pentingnya Saling Memahami Kekurangan Pasangan dalam Rumah Tangga
    Muslimah
    Rabu, 01 Juni 2022 - 13:37 WIB
    Pondasi awal dalam berumah tangga yang perlu ditanamkan dalam diri adalah pasangan kita atau diri kita sendiri bukan seorang yang sempurna. Kita adalah pasangan yang memiliki kelemahan.
  • Niat Zakat Fitrah untuk Diri Sendiri dan Keluarga Lengkap Arab dan Terjemahan
    Tips
    Senin, 25 Maret 2024 - 15:39 WIB
    Bacaan niat zakat fitrah untuk diri sendiri dan keluarga perlu diamalkan umat muslim yang hendak menunaikan kewajibannya. Berikut bacaannya lengkap terjemahan,
  • Lelaki Beriman dari Keluarga Firaun dalam Surat Ghafir Ayat 28
    Tausyiah
    Kamis, 04 November 2021 - 16:13 WIB
    Dalam Al-Quran surat Ghafir ayat 28 Allah SWT menyebut seorang lelaki dari keluarga Firaun yang beriman dan membujuk agar sang raja tidak membunuh Nabi Musa as.
  • Ciri Sebaik-baiknya Rumah Menurut Allah Taala dan Rasul
    Hikmah
    Senin, 11 Januari 2021 - 09:17 WIB
    Rumah seorang muslim hendaknya jangan kering dari siraman agama di dalamnya. Rumah para keluarga Islam haruslah cerminan Al Quran. Jadikan rumah sebagai surga-surga kecil di dunia.
  • Aturan Nafkah Rumah Tangga dalam Islam, Ini Dalilnya
    Tausyiah
    Senin, 08 Mei 2023 - 15:27 WIB
    Aturan nafkah rumah tangga dalam Islam penting untuk diketahui para suami dan istri. Semua ulama sepakat bahwa seorang suami wajib memberi nafkah kepada istrinya.
  • 7 Fakta Keistimewaan Fatimah Az-Zahra di Mata Rasulullah SAW
    Hikmah
    Minggu, 21 Mei 2023 - 18:00 WIB
    Fatimah Az-Zahra radhiyallahu anha adalah putri bungsu kesayangan Nabi Muhammad ? dari Sayyidah Khadijah Al-Kubro. Berikut keistimewaan Fatimah di mata Rasulullah SAW.
  • 4 Amalan agar Panjang Umur, Nomor Terakhir Paling Dekat dengan Keluarga
    Tips
    Rabu, 11 Mei 2022 - 15:56 WIB
    Berbeda dengan kebanyakan umur umat manusia terdahulu yang bisa mencapai usia hingga ratusan tahun, umur umat Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam, rata-rata hanya hanya mencapai 60-70 tahun.
  • Rumah Tangga Tentram Karena Paham Agama
    Muslimah
    Selasa, 01 Juni 2021 - 07:30 WIB
    Dalam rumah tangga harus ada kasih sayang dari Qolbu di antara suami dan istri. Aktivitas keduanya selalu bernilai ibadah dan difokuskan untuk menjalankan syariat Allah Taala.
  • Pentingnya Memberi Nasehat Pasangan yang Berperilaku Buruk
    Muslimah
    Rabu, 14 Desember 2022 - 14:58 WIB
    Memiliki pasangan yang berakhlak mulia menjadi dambaan semua keluarga. Suami dan istri bisa mengingatkan pasangan yang khilaf dengan saling memberi nasehat.
  • 7 Karakter Rumah Tangga Islami, Nomor Terakhir Berperan di Lingkungan Sekitar
    Muslimah
    Senin, 06 Juni 2022 - 09:44 WIB
    Setiap pasangan muslim harus berusaha menjadikan rumah tangga yang Islami sebagaimana dicontohkan Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam dan para sahabat. Bagaimana potret rumah tangga islami itu?