Topik Terkait: Kesalahan Membaca Al Fatihah (halaman 2)

  • Tafsir Surat Al Fatihah Ayat 7 : Siapa yang Dimaksud Orang yang Tersesat Itu?
    Tausyiah
    Sabtu, 05 November 2022 - 10:45 WIB
    Siapa yang dimaksud orang yang tersesat di Surat Al-Fatihah ayat ke tujuh. Mengapa Al-Quran menggunakan term ad-Dhoolliin (sesat) dalam ayat terakhir surat Al Fatihah tersebut).
  • Bolehkah Membaca Al-Kahfi Dicicil?
    Tips
    Jum'at, 24 September 2021 - 11:59 WIB
    Bolehkah membaca Al-Kahfi Dicicil? Pertanyaan ini sering muncul karena surat Al-Kahfi ini memiliki ayat yang sangat banyak dan panjang. Secara umum, Al kahfi adalah surah ke-18 dan terdiri dari 110 ayat.
  • Faedah Membaca Surat Al-Kahfi di Hari Jumat akan Diterangi Cahaya, Begini Penjelasannya
    Tips
    Jum'at, 12 Agustus 2022 - 14:00 WIB
    Salah satu faedah dan keutamaan membacanya, di antaranya akan diterangi oleh cahaya pada dua Jumat. Apa sebenarnya maksud dari cahaya dua Jumat ini?
  • Keutamaan Membaca Surat Al Waqiah 3 Kali Hingga 41 Kali
    Tips
    Selasa, 20 Desember 2022 - 14:39 WIB
    Surat Al Waqiah merupakan surat ke 56 dalam Al Quran yang terdiri dari 96 ayat dan termasuk surat Makiyah. Terdapat keutamaan bagi yang membacanya sebanyak 3 kali, 7 kali atau 41 kali.
  • Inilah Waktu Terbaik Membaca Surat Al-Kahfi
    Tips
    Kamis, 19 Agustus 2021 - 12:18 WIB
    Waktu terbaik membaca surat Al-Kahfi atau surat ke 18 dalam Al Quran terdapat dalam beberapa hadis Nabi SAW. Disebutkan bahwa waktu terbaiknya mulai Kamis malam selepas magrib hingga Jumat sore ketika matahari tenggelam.
  • cover top ayah
    هُوَ اللّٰهُ الَّذِىۡ لَاۤ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ‌ ۚ عٰلِمُ الۡغَيۡبِ وَالشَّهَادَةِ‌ ۚ هُوَ الرَّحۡمٰنُ الرَّحِيۡمُ‏ (٢٢) هُوَ اللّٰهُ الَّذِىۡ لَاۤ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ‌ۚ اَلۡمَلِكُ الۡقُدُّوۡسُ السَّلٰمُ الۡمُؤۡمِنُ الۡمُهَيۡمِنُ الۡعَزِيۡزُ الۡجَـبَّارُ الۡمُتَكَبِّرُ‌ؕ سُبۡحٰنَ اللّٰهِ عَمَّا يُشۡرِكُوۡنَ (٢٣) هُوَ اللّٰهُ الۡخَـالِـقُ الۡبَارِئُ الۡمُصَوِّرُ‌ لَـهُ الۡاَسۡمَآءُ الۡحُسۡنٰى‌ؕ يُسَبِّحُ لَهٗ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَالۡاَرۡضِ‌ۚ وَهُوَ الۡعَزِيۡزُ الۡحَكِيۡمُ (٢٤)
    Dialah Allah tidak ada tuhan selain Dia. Yang Mengetahui yang gaib dan yang nyata, Dialah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang. Dialah Allah tidak ada tuhan selain Dia. Maharaja, Yang Mahasuci, Yang Mahasejahtera, Yang Menjaga Keamanan, Pemelihara Keselamatan, Yang Mahaperkasa, Yang Mahakuasa, Yang Memiliki Segala Keagungan, Mahasuci Allah dari apa yang mereka persekutukan. Dialah Allah Yang Menciptakan, Yang Mengadakan, Yang Membentuk Rupa, Dia memiliki nama-nama yang indah. Apa yang di langit dan di bumi bertasbih kepada-Nya. Dan Dialah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.

    (QS. Al-Hasyr Ayat 22-24)
    cover bottom ayah
  • Keutamaan Membaca Surah Al-Kahfi, Yuk Amalkan!
    Tausiyah
    Kamis, 21 November 2019 - 16:45 WIB
    Surah Al-Kahfi adalah surat ke-18 dalam Kitab suci Alquran. Surah ini diturunkan di Makkah (surah Makkiyyah) terdiri dari 110 ayat. Berikut keutamaannya.
  • Keutamaan Membaca Yasin dan Al-Kahfi Sekaligus di Malam Jumat
    Tausyiah
    Kamis, 30 Juni 2022 - 21:36 WIB
    Keutamaan membaca Yasin dan Al-Kahfi sekaligus di malam Jumat penting untuk diketahui. Dua surat ini memiliki fadhillah besar apabila dibaca pada malam Jumat.
  • Hukum Tajwid Surat Al-Fatihah Beserta Penjelasan dan Cara Bacanya
    Tips
    Selasa, 02 Januari 2024 - 17:15 WIB
    Hukum tajwid surat Al Fatihah ayat 1-7 lengkap penting dipelajari umat Muslim. Tak hanya untuk menambah pengetahuan, namun juga meminimalisir kesalahan ketika membacanya.
  • Bolehkah Membaca Al Quran dengan Aurat yang Masih Terbuka?
    Muslimah
    Rabu, 21 April 2021 - 08:11 WIB
    Kegiatan tadarus Al-Quran di bulan Ramadhan sangat dianjurkan. Hanya saja, masih ada perempuan muslimah yang ketika membaca Al-Quran ini, dengan aurat yang masih terbuka. Bagaimana hukumnya?
  • Keutamaan dan Manfaat Membaca Surat Al-Ghasyiyah
    Tips
    Kamis, 12 Januari 2023 - 22:56 WIB
    Surat Al-Ghasyiyah adalah surat ke-88 dalam mushaf Al-Quran. Surat yang terdiri 26 ayat ini memiliki keutamaan dan manfaat yang tak banyak diketahui kaum muslim.
  • Jangan Gagal Paham! Ini Hukum Membaca Al-Quran di Kuburan
    Tausyiah
    Jum'at, 20 November 2020 - 09:25 WIB
    Al-Quran adalah hudal lin-naas, petunjuk bagi semua manusia. Pertanyaannya, bagaimana hukum membaca Al-Quran di kuburan?
  • Hukum Membaca Taawudz Sebelum Al-Fatihah dalam Sholat
    Tips
    Senin, 16 Oktober 2023 - 23:58 WIB
    Bagaimana hukum membaca Taawudz sebelum membaca Surat Al-Fatihah dalam sholat? Apakah di rakaat pertama saja atau dibaca di setiap rakaat?
  • Surat Al-Kahfi untuk Doa Apa? Simak Penjelasannya
    Tausyiah
    Senin, 27 November 2023 - 19:21 WIB
    Salah satu surat yang memiliki keutamaan dalam Al-Quran adalah Al-Kahfi. Surat ke-18 ini terletak pada juz 15 terdiri dari 110 ayat, termasuk kategori Surat Makkiyah (diturunkan di Mekkah).
  • Orang Pertama yang Membaca Al-Quran Terang-terangan di Zaman Nabi
    Hikmah
    Kamis, 01 September 2022 - 14:20 WIB
    Ketika fase dakwah sirriyah, Al-Quran belum diperdengarkan di tengah kaum musyrik Mekkah. Namun seorang sahabat memberanikan diri membaca Al-Quran terang-terangan.
  • Membaca Al Fatihah untuk Orang Sakit
    Tips
    Sabtu, 14 Agustus 2021 - 16:43 WIB
    Membaca Al-Fatihah untuk orang sakit sangat dianjurkan, karena memiliki banyak fadhilah atau keutamaan. Selain itu, surat Al-Fatihah juga dinamakan al-Syifa (obat/penyembuh).
  • Penjelasan Makna dari Hadis Membaca Surat Al Ikhlas Setara dengan Sepertiga Al Quran
    Tips
    Senin, 31 Oktober 2022 - 09:30 WIB
    Ada keutamaan yang paling dahsyat yang pernah disabdakan Rasulullah Shallalahu Alaihi wa Sallam. Yakni, membaca Surat Al Ikhlas akan disetarakan oleh Allah Subhanahu wa Taala seperti halnya membaca sepertiga Al-Quran.
  • 6 Keutamaan Membaca Al Kahfi di Hari Jumat, Salah Satunya Dihindarkan dari Fitnah Dajjal
    Hikmah
    Kamis, 14 September 2023 - 16:09 WIB
    Surat Al Kahfi merupakan surat ke-18 dalam Al Quran, bagi umat Muslim yang rutin membaca Al Kahfi pada hari Jumat, mereka bisa mendapatkan banyak keutamaan.
  • Surat Al-Fatihah: Amalan untuk Mendatangkan Jodoh
    Tips
    Kamis, 19 Agustus 2021 - 14:43 WIB
    Surat al-Fatihah adalah surah pertama dalam al-Quran. Sebagian kaum muslim meyakini bahwa fadhilah surat Al-Fatihah antara lain dapat menjadi amalan untuk mendatangkan jodoh.
  • Hukum Wanita Membaca Al-Quran Tetapi Tidak Berjilbab, Begini Penjelasannya
    Muslimah
    Rabu, 20 April 2022 - 12:54 WIB
    Kegiatan tadarus Al-Quran di bulan Ramadhan menjadi pemandangan umum yang sering kita jumpai. Hanya saja, masih ada sebagian muslimah yang ketika membaca Al-Quran ini, dengan aurat yang masih terbuka.
  • Inilah Waktu-waktu yang Dianjurkan Membaca Shalawat
    Muslimah
    Rabu, 16 Desember 2020 - 08:48 WIB
    Bershalawat merupakan salah satu cara kaum muslim untuk mengekspresikan kecintaan terhadap Baginda Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam. Dan inilah waktu-waktu yang tepat dianjurkannya membaca shalawat.