Topik Terkait: Kisah Nabi Ismail

  • Kisah Kurban Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail Berdasar Al-Quran
    Tausyiah
    Kamis, 16 Juni 2022 - 17:39 WIB
    Peristiwa penyembelihan Nabi Ismail dan asal-usul ibadah kurban ini dimulai dari surah as-Saffat ayat 99-100 yang berisi kisah penantian panjang Nabi Ibrahim akan kehadiran seorang anak.
  • Kisah Nabi Ibrahim Mengunjungi Makkah tapi Tak Berjumpa Ismail
    Hikmah
    Rabu, 16 Agustus 2023 - 14:20 WIB
    Pada salah satu perjalanannya, ia sampai di Makkah dan mendapatkan bahwa putranya tidak ada di rumah. Waktu itu, Ismail telah tumbuh menjadi lelaki dewasa dan telah kawin.
  • Kisah Nabi Ismail yang Mengagumkan, Ada 6 Pelajaran
    Hikmah
    Sabtu, 11 Januari 2020 - 05:15 WIB
    Ismail adalah salah seorang Nabi yang merupakan putra tercinta Nabi Ibrahim alaihissalam (AS). Beliau disebut dalam Al-Quran dalam 12 ayat atau 12 tempat.
  • Kisah Nabi Ibrahim dan Ismail, Asal Usul Kurban Iduladha
    Hikmah
    Rabu, 28 Juni 2023 - 13:20 WIB
    Kisah Nabi Ibrahim dan Ismail menjadi asal muasal adanya perayaan Iduladha. Perayaan ini akan dilaksanakan setiap satu tahun sekali yang ditandai dengan adanya penyembelihan hewan kurban.
  • Mengapa Nabi-Nabi Keturunan Semit? Begini Penjelasan Imam Chirri
    Hikmah
    Jum'at, 29 Desember 2023 - 12:53 WIB
    Sejarah Agama yang mempercayai keesaan Tuhan menunjukkan bahwa semua Nabi-nabi mereka berasal dari golongan Semit. Sebagian besar dari mereka berasal dari turunan Nabi Ibrahim.
  • cover top ayah
    هُوَ اللّٰهُ الَّذِىۡ لَاۤ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ‌ ۚ عٰلِمُ الۡغَيۡبِ وَالشَّهَادَةِ‌ ۚ هُوَ الرَّحۡمٰنُ الرَّحِيۡمُ‏ (٢٢) هُوَ اللّٰهُ الَّذِىۡ لَاۤ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ‌ۚ اَلۡمَلِكُ الۡقُدُّوۡسُ السَّلٰمُ الۡمُؤۡمِنُ الۡمُهَيۡمِنُ الۡعَزِيۡزُ الۡجَـبَّارُ الۡمُتَكَبِّرُ‌ؕ سُبۡحٰنَ اللّٰهِ عَمَّا يُشۡرِكُوۡنَ (٢٣) هُوَ اللّٰهُ الۡخَـالِـقُ الۡبَارِئُ الۡمُصَوِّرُ‌ لَـهُ الۡاَسۡمَآءُ الۡحُسۡنٰى‌ؕ يُسَبِّحُ لَهٗ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَالۡاَرۡضِ‌ۚ وَهُوَ الۡعَزِيۡزُ الۡحَكِيۡمُ (٢٤)
    Dialah Allah tidak ada tuhan selain Dia. Yang Mengetahui yang gaib dan yang nyata, Dialah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang. Dialah Allah tidak ada tuhan selain Dia. Maharaja, Yang Mahasuci, Yang Mahasejahtera, Yang Menjaga Keamanan, Pemelihara Keselamatan, Yang Mahaperkasa, Yang Mahakuasa, Yang Memiliki Segala Keagungan, Mahasuci Allah dari apa yang mereka persekutukan. Dialah Allah Yang Menciptakan, Yang Mengadakan, Yang Membentuk Rupa, Dia memiliki nama-nama yang indah. Apa yang di langit dan di bumi bertasbih kepada-Nya. Dan Dialah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.

    (QS. Al-Hasyr Ayat 22-24)
    cover bottom ayah
  • Ini Mengapa Keturunan Nabi Ismail sempat Menyembah Batu
    Hikmah
    Kamis, 30 November 2023 - 10:41 WIB
    Pada saat meninggalkan Makkah, keturunan Nabi Ismail itu masing-masing membawa batu. Batu-batu dari Tanah Haram tersebut mereka agungkan untuk meluapkan kerinduan terhadap Makkah.
  • Siapa Anak Nabi Ibrahim yang Dikurbankan? Nabi Ismail atau Habi Ishaq?
    Hikmah
    Jum'at, 10 Mei 2024 - 11:30 WIB
    Siapa anak Nabi Ibrahim alaihissalam yang dikurbankan ? Pertanyaan ini berkutat di dua nama anak Nabi Ibrahim yakni Ismail dan Ishaq
  • Kisah Nabi Musa dan Nabi Khidir di Surat Al-Kahfi
    Tausyiah
    Sabtu, 31 Juli 2021 - 21:41 WIB
    Kisah Nabi Musa dan Nabi Khidir di Surat Al-Kahfi tepatnya di ayat 60-82. Pada ayat ini dijelaskan Allah SWT membimbing Nabi Musa supaya terlepas dari kesombonganya
  • Kisah Nabi Khidir dan Amalan yang Paling Dicintai Allah
    Hikmah
    Selasa, 21 Januari 2020 - 05:15 WIB
    Dalam Kitab Kisah Nabi Khidir karya Ibnu Hajar Asqalani diceritakan kisah pengajaran Nabi Khidir kepada seorang ulama tabiin yang menjadi penasehat dan pendamping Khalifah Sulaiman bin Abdul Malik.
  • Kisah Nabi Nuh dan Perempuan yang Ditinggal Mati Putranya
    Hikmah
    Minggu, 28 November 2021 - 22:19 WIB
    Nabiyullah Nuh alaihissalam adalah salah satu Rasul yang dikaruniai umur panjang. Berikut kisah Nabi Nuh dan perempuan yang meratapi kematian anaknya yang berusia 300 tahun.
  • Tobat Nabi Daud, Metafor dan Sindiran Berdasar Kisah Israiliyat?
    Hikmah
    Kamis, 30 Desember 2021 - 12:36 WIB
    Kisah Nabi Daud yang kepincut perempuan istri tetangganya lalu bertobat kepada Allah SWT lebih sebagai kisah israiliyat. Kisah ini sendiri dikaitkan dengan tafsir Al-Quran surat Shaad ayat 22-25.
  • Kisah Tobatnya Seorang Penyanyi karena Mendengar Ucapan Sahabat Nabi
    Hikmah
    Rabu, 19 Februari 2020 - 09:17 WIB
    Ketika sahabat Nabi Abdullah bin Masud radhiallahu anhu (RA) berjalan di Kota Kufah, ada sekelompok ahli maksiat sedang berkumpul dan bernyanyi di sebuah rumah.
  • Kisah Nabi Nuh dan Bahteranya, Inilah Penumpang yang Selamat dari Banjir Besar
    Hikmah
    Minggu, 10 September 2023 - 05:10 WIB
    Kisah Nabi Nuh alaihissalam dan bahteranya menyelamatkan pengikutnya dari banjir besar menarik untuk diulas. Siapa saja yang ikut dalam bahtera Nabi Nuh itu? Berikut ulasannya.
  • Kisah Nabi Ibrahim Dapat Bocoran Perihal Azab Negeri Kaum Luth
    Hikmah
    Rabu, 29 Desember 2021 - 16:33 WIB
    Jauh sebelum Allah SWT menurunkan azab kepada penduduk di lima kota: Sabah, Sarah, Amarah, Duma, dan Sodom, ternyata Nabi Ibrahim telah mendapatkan bocoran info tersebut.
  • Kisah Nabi Ibrahim dan Mukjizatnya yang Tak Terbakar Api
    Hikmah
    Sabtu, 02 September 2023 - 12:36 WIB
    Kisah Nabi Ibrahim dan mukjizatnya yang tak terbakar api sudah sangat populer. Peristiwa ini diyakini terjadi pada 10 Muharram di era Babilonia dipimpin Raja Namruz.
  • Kisah Nabi Isa dan Enam Mukjizatnya (2)
    Hikmah
    Sabtu, 28 Desember 2019 - 05:21 WIB
    Sebelumnya telah dijelaskan bahwa Nabi Isa alaihissalam (Isa Al-Masih) memiliki 6 mukjizat yang diabadikan dalam Al-Quran. Mukjizat itu sebagai tanda dan bukti kenabian beliau.
  • Nabi Ibrahim Menyuruh Nabi Ismail Ceraikan Istrinya, Ini Sebabnya
    Hikmah
    Selasa, 06 Oktober 2020 - 10:12 WIB
    Suatu ketika, Nabi Ibrahim alaihissalam datang ke Mekkah untuk mengunjungi anaknya, yaitu Nabi Ismail. Ketika itu, Nabi Ibrahim memerintahkan Nabi Ismail untuk menceraikan istrinya.
  • Peristiwa Muharam: Kisah Jin Sakhr Melakukan Kudeta di Kerajaan Nabi Sulaiman
    Hikmah
    Sabtu, 22 Juli 2023 - 10:29 WIB
    Jin Sakhr sempat melakukan kudeta di Kerajaan Nabi Sulaiman. Akibatnya, Nabi Sulaiman kehilangan tahtanya. Pada 10 Muharram Allah mengembalikan kerajaan Nabi Sulaiman tersebut.
  • Kisah Pertemuan Nabi Musa dan Nabi Khidir, Yuk Ambil Hikmahnya!
    Hikmah
    Sabtu, 26 Oktober 2019 - 05:15 WIB
    Pertemuan Nabi Musa alaihissalam (AS) dan Nabi Khidir AS adalah kisah luar biasa yang sarat hikmah. Berikut kisah selengkapnya.
  • Kisah Allah Taala Mengangkat Nabi Ibrahim sebagai Khalilullah pada 10 Muharam
    Hikmah
    Rabu, 19 Juli 2023 - 09:23 WIB
    Pada bulan Muharam, tepatnya 10 Muharam, diyakini sebagai hari pembakaran Nabi Ibrahim as oleh Raja Namrudz. Ada juga yang mengatakan pada hari itu Allah mengangkat Nabi Ibrahim sebagai Khalilullah atau kekasih Allah Taala.