Topik Terkait: Kitab Shahih Al Bukhari (halaman 3)

  • Keutamaan Surat Al Kafirun dalam Kehidupan Sehari-hari
    Tips
    Rabu, 10 November 2021 - 17:24 WIB
    Surat Al-Kafirun yang dimulai dengan ayat yang berbunyi Qul yaaaaa ayyuhal kaafiruun, merupakan surat ke 109 dalam Al-Quran yang berada dalam juz terakhir (jus Amma).
  • Membaca Al Fatihah untuk Orang Sakit
    Tips
    Sabtu, 14 Agustus 2021 - 16:43 WIB
    Membaca Al-Fatihah untuk orang sakit sangat dianjurkan, karena memiliki banyak fadhilah atau keutamaan. Selain itu, surat Al-Fatihah juga dinamakan al-Syifa (obat/penyembuh).
  • Hukum Membaca Al Quran Tapi Tidak Tahu Artinya
    Tips
    Sabtu, 13 Mei 2023 - 09:30 WIB
    Hukum membaca Al Quran akan tetapi tidak tahu artinya perlu diketahui oleh seluruh umat Islam. Sebab dengan memahami hukumnya, ibadah yang kita lakukan itu akan terasa khusyu.
  • Dahsyatnya Keutamaan Surah Al-Ikhlas, Yuk Amalkan!
    Hikmah
    Senin, 09 Desember 2019 - 22:18 WIB
    Surah Al-Ikhlas memiliki keutamaan yang luar biasa karena di dalamnya menegaskan keesaan Allah Taala dan menolak segala bentuk penyekutuan terhadap-Nya.
  • Menjalin Hubungan dengan Ahli Kitab Menurut Syaikh Al-Qardhawi
    Tausyiah
    Senin, 25 Desember 2023 - 05:15 WIB
    Islam tidak melarang mengadakan hubungan baik dan keadilan dengan golongan ghairul Islam dari agama manapun, kendati dengan penyembah berhala (watsaniyyin).
  • cover top ayah
    يٰۤـاَيُّهَا النَّاسُ اِنۡ كُنۡـتُمۡ فِىۡ رَيۡبٍ مِّنَ الۡبَـعۡثِ فَاِنَّـا خَلَقۡنٰكُمۡ مِّنۡ تُرَابٍ ثُمَّ مِنۡ نُّـطۡفَةٍ ثُمَّ مِنۡ عَلَقَةٍ ثُمَّ مِنۡ مُّضۡغَةٍ مُّخَلَّقَةٍ وَّغَيۡرِ مُخَلَّقَةٍ لِّـنُبَيِّنَ لَـكُمۡ‌ ؕ وَنُقِرُّ فِى الۡاَرۡحَامِ مَا نَشَآءُ اِلٰٓى اَجَلٍ مُّسَمًّى ثُمَّ نُخۡرِجُكُمۡ طِفۡلًا ثُمَّ لِتَبۡلُغُوۡۤا اَشُدَّكُمۡ ‌ۚ وَمِنۡكُمۡ مَّنۡ يُّتَوَفّٰى وَمِنۡكُمۡ مَّنۡ يُّرَدُّ اِلٰٓى اَرۡذَلِ الۡعُمُرِ لِكَيۡلَا يَعۡلَمَ مِنۡۢ بَعۡدِ عِلۡمٍ شَيۡــًٔـا‌ ؕ وَتَرَى الۡاَرۡضَ هَامِدَةً فَاِذَاۤ اَنۡزَلۡنَا عَلَيۡهَا الۡمَآءَ اهۡتَزَّتۡ وَرَبَتۡ وَاَنۡۢبَـتَتۡ مِنۡ كُلِّ زَوۡجٍۢ بَهِيۡجٍ
    Wahai manusia! Jika kamu meragukan (hari) kebangkitan, maka sesungguhnya Kami telah menjadikan kamu dari tanah, kemudian dari setetes mani, kemudian dari segumpal darah, kemudian dari segumpal daging yang sempurna kejadiannya dan yang tidak sempurna, agar Kami jelaskan kepada kamu; dan Kami tetapkan dalam rahim menurut kehendak Kami sampai waktu yang sudah ditentukan, kemudian Kami keluarkan kamu sebagai bayi, kemudian (dengan berangsur-angsur) kamu sampai kepada usia dewasa, dan di antara kamu ada yang diwafatkan dan (ada pula) di antara kamu yang dikembalikan sampai usia sangat tua (pikun), sehingga dia tidak mengetahui lagi sesuatu yang telah diketahuinya. Dan kamu lihat bumi ini kering, kemudian apabila telah Kami turunkan air (hujan) di atasnya, hiduplah bumi itu dan menjadi subur dan menumbuhkan berbagai jenis pasangan tetumbuhan yang indah.

    (QS. Al-Hajj Ayat 5)
    cover bottom ayah
  • Surat Al Waqiah Juz Berapa?
    Tausyiah
    Sabtu, 25 November 2023 - 14:14 WIB
    Membaca, memahami, dan merenungkan makna dari surat Al Waqiah memiliki banyak keutamaan. Beberapa di antaranya termaktub dalam hadis-hadis yang menyebutkan keberkahan bagi mereka yang membiasakan diri membaca surat ini.
  • Inilah Wujud Beriman kepada Kitab-kitab Allah Taala
    Hikmah
    Rabu, 24 Mei 2023 - 17:03 WIB
    Salah satu dari rukun iman dalam Islam adalah iman kepada kitab Allah. Bagaimana sebenarnya perwujudan dari iman kepada kitab Allah subhanahu wa taala ini?
  • Inilah Berkah Membaca Surat Al Waqiah Rutin Setiap Hari
    Tips
    Selasa, 08 November 2022 - 09:10 WIB
    Ada banyak berkah membaca surat Al Waqiah yang rutin setiap hari, yakni Allah Taala akan memberikan banyak manfaat. Salah satunya adalah kemudahan rezeki dan dihindari dari kesusahan.
  • Penanganan Covid-19, Muhammadiyah Gelorakan Semangat Al-Maun
    Hikmah
    Rabu, 25 Maret 2020 - 13:18 WIB
    Perlu dibuka relawan kesehatan dari unsur RS Muhammadiyah, juga relawan dari PT Muhammadiyah dan &lsquoAsiyiyah dari fakultas-fakultas kesehatan.
  • Hadis Arbain: Barangsiapa Beriman kepada Allah dan Hari Akhir
    Tips
    Kamis, 16 November 2023 - 10:05 WIB
    Berikut ini adalah hadis Arbain ke-15 dari 42 daftar hadis Arbain karangan Imam Nawawi. Meski bernama Arban (berarti 40), kitab ini tak memuat hadis dengan jumlah persis 40, melainkan 42 hadis.
  • Surat Al-Kautsar, Surat Terpendek yang Keutamaannya Banyak
    Muslimah
    Rabu, 30 September 2020 - 08:26 WIB
    Surat ini merupakan surat terpendek dalam Al-Quran karena hanya terdiri dari tiga ayat saja. Namun, surat Al-Kautsar ternyata memiliki keutamaan dan faedah yang banyak.
  • Imam Syafii: Usia 7 Tahun Hafal Al-Quran dan 13 Tahun Hafal Kitab al-Muwaththa
    Hikmah
    Selasa, 10 Agustus 2021 - 05:00 WIB
    Sebutan asy-Syafii dinisbatkan kepada kakeknya yang bernama Syafi bin as-Saib. Beliau bertemu nasabnya dengan Rasulullah SAW pada Abdi Manaf bin Qushay, kakek Rasulullah yang ketiga.
  • Benarkah Islam Melarang Bersahabat dengan Orang Yahudi dan Nasrani?
    Tausyiah
    Minggu, 31 Desember 2023 - 14:23 WIB
    Ibnu Jarir dalam tafsirnya menjelaskan bahwa ayat tersebut turun berkenaan dengan sikap orang Yahudi Bani Quraizhah yang mengkhianati perjanjian mereka dengan Nabi SAW.
  • Keutamaan Menghafal 10 Ayat Surat Al Kahfi
    Tips
    Jum'at, 08 Oktober 2021 - 16:51 WIB
    Sebuah hadits menyatakan barangsiapa menghafal 10 ayat pertama atau terakhir dari surat Al-Kahfi, maka ia terlindungi dari Dajjal. Berikut 10 ayat pertama surat Al Kahfi tersebut.
  • Kisah Penipu Ulung Diampuni Allah Berkat Kesaksian 2 Orang
    Hikmah
    Selasa, 23 Agustus 2022 - 08:43 WIB
    Berikut kisah seorang penipu ulung yang mendapat ampunan Allah karena pujian dua orang kepadanya. Kisah ini tergolong unik namun sarat pelajaran berharga.
  • Siapa yang Dimaksud Orang yang Tersesat di Surat Al-Fatihah?
    Tausyiah
    Selasa, 27 September 2022 - 13:00 WIB
    Siapa yang dimaksud orang yang tersesat di Surat Al-Fatihah ayat ke 7. Mengapa Al-Quran menggunakan terminologi ad-Dhoolliin (sesat) dalam ayat terakhir surat Al Fatihah tersebut)?
  • Kekeliruan Ahli Kitab Yahudi dan Nasrani Diabadikan dalam Al-Quran
    Hikmah
    Selasa, 12 Desember 2023 - 23:21 WIB
    Al-Quran mengabadikan keyakinan keliru Ahli Kitab Yahudi dan Nasrani tentang ilmu Tauhid. Berikut ucapan yang keluar dari mulut mereka.
  • Menyebut Asma Allah Waktu Menyembelih Hewan, Bagaimana dengan Sembelihan Ahli Kitab?
    Tausyiah
    Jum'at, 01 Juli 2022 - 17:03 WIB
    Allah memberikan perkenan untuk makan makanan ahli kitab sebagaimana halnya dalam persoalan-persoalan perkawinan. Hal ini sebagaimana difirmankan Allah dalam QS al-Maidah ayat 5.
  • Tafsir Al-Mulk Ayat 23: Tiga Karunia Allah yang Sering Tak Disyukuri Manusia
    Tausyiah
    Kamis, 29 Desember 2022 - 23:43 WIB
    Tiga karunia Allah untuk manusia yaitu: telinga, mata dan hati nurani disebutkan dalam Surat Al-Mulk ayat 23. Karunia Allah ini sering tidak disyukuri oleh manusia.
  • Ini Dalil Mendoakan Mayit dengan Membaca Al-Fatihah
    Tausyiah
    Senin, 12 Juli 2021 - 19:47 WIB
    Anjuran mendoakan mayit merupakan bagian dari perintah syariat. Ada yang bertanya, apakah ada dasar hukum mendoakan orang yang meninggal dengan membaca Surah Al-Fatihah?