Topik Terkait: Krisis Kesehatan (halaman 500)

  • Masya Allah! Sahabat Nabi Sempat Hijrah ke Indonesia
    Hikmah
    Selasa, 05 November 2019 - 16:31 WIB
    Sebelum hijrah ke Madinah, Rasulullah dan para sahabat melakukan hijrah ke negeri Habsyah (Ethiopia) dan sempat ke Indonesia melalui kota pelabuhan Barus yang terletak di pesisir barat Sumatera.
  • Amalan Syeikh Abu Bakar As-Syibli yang Bikin Bangga Rasulullah
    Hikmah
    Rabu, 06 November 2019 - 15:15 WIB
    Dalam Kitab Nashoihul Ibad karya Syeikh Nawawi Al-Bantani diceritakan kisah seorang ulama sufi yang membuat bangga Rasulullah SAW karena amalan dzikir dan wiridnya.
  • Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Mencari Teman
    Tausiyah
    Rabu, 06 November 2019 - 18:15 WIB
    Rasulullah SAW pernah bersabda, Seseorang bergantung pada agama teman karibnya. Karena itu, hendaknya kalian memperhatikan siapa yang harus dijadikan teman karib.
  • 20 Adab Pergaulan dan Persahabatan Menurut Imam Al-Ghazali
    Tausiyah
    Kamis, 07 November 2019 - 05:15 WIB
    Orang yang bahagia adalah yang bisa mengambil pelajaran dari orang lain. Seorang mukmin merupakan cermin bagi mukmin yang lain.
  • Habib Alwi: Inilah 5 Ayat Pertama yang Diturunkan ke Bumi
    Tausiyah
    Kamis, 07 November 2019 - 17:33 WIB
    Bagaimana proses turunnya Alquran kepada Nabi SAW dan ayat apa yang pertama kali diturunkan? Berikut ulasan singkat Habib Alwi bin Abdurrahman Al-Habsyi (Pimpinan Ponpes Nurul Muhtadin Baalawy Srengseng).
  • cover top ayah
    وَوَهَبۡنَا لَهٗۤ اِسۡحٰقَ وَيَعۡقُوۡبَ‌ؕ كُلًّا هَدَيۡنَا ‌ۚ وَنُوۡحًا هَدَيۡنَا مِنۡ قَبۡلُ‌ وَمِنۡ ذُرِّيَّتِهٖ دَاوٗدَ وَسُلَيۡمٰنَ وَاَيُّوۡبَ وَيُوۡسُفَ وَمُوۡسٰى وَ هٰرُوۡنَ‌ؕ وَكَذٰلِكَ نَجۡزِى الۡمُحۡسِنِيۡنَۙ (٨٤) وَزَكَرِيَّا وَيَحۡيٰى وَعِيۡسٰى وَاِلۡيَاسَ‌ؕ كُلٌّ مِّنَ الصّٰلِحِيۡنَۙ (٨٥) وَاِسۡمٰعِيۡلَ وَالۡيَسَعَ وَيُوۡنُسَ وَلُوۡطًا‌ ؕ وَكُلًّا فَضَّلۡنَا عَلَى الۡعٰلَمِيۡنَۙ (٨٦) وَمِنۡ اٰبَآٮِٕهِمۡ وَذُرِّيّٰتِهِمۡ وَاِخۡوَانِهِمۡ‌ۚ وَاجۡتَبَيۡنٰهُمۡ وَهَدَيۡنٰهُمۡ اِلٰى صِرَاطٍ مُّسۡتَقِيۡمٍ (٨٧) ذٰ لِكَ هُدَى اللّٰهِ يَهۡدِىۡ بِهٖ مَنۡ يَّشَآءُ مِنۡ عِبَادِهٖ‌ؕ وَلَوۡ اَشۡرَكُوۡا لَحَبِطَ عَنۡهُمۡ مَّا كَانُوۡا يَعۡمَلُوۡنَ (٨٨)
    Dan Kami telah menganugerahkan Ishak dan Yakub kepadanya. Kepada masing-masing telah Kami beri petunjuk; dan sebelum itu Kami telah memberi petunjuk kepada Nuh, dan kepada sebagian dari keturunannya (Ibrahim) yaitu Dawud, Sulaiman, Ayyub, Yusuf, Musa, dan Harun. Dan demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik, dan Zakaria, Yahya, Isa, dan Ilyas. Semuanya termasuk orang-orang yang shalih, dan Ismail, Ilyasa‘, Yunus, dan Luth. Masing-masing Kami lebihkan (derajatnya) di atas umat lain (pada masanya), (dan Kami lebihkan pula derajat) sebagian dari nenek moyang mereka, keturunan mereka dan saudara-saudara mereka. Kami telah memilih mereka (menjadi nabi dan rasul) dan mereka Kami beri petunjuk ke jalan yang lurus. Itulah petunjuk Allah, dengan itu Dia memberi petunjuk kepada siapa saja di antara hamba-hamba-Nya yang Dia kehendaki. Sekiranya mereka mempersekutukan Allah, pasti lenyaplah amalan yang telah mereka kerjakan.

    (QS. Al-An'am Ayat 84-88)
    cover bottom ayah
  • Tiga Penghafal Quran Pertama di Dunia
    Hikmah
    Jum'at, 08 November 2019 - 16:10 WIB
    Ada tiga penghafal quran pertama dalam sejarah Islam yang memiliki andil mengumpulkan lembaran Alquran sepeninggal Rasulullah SAW.
  • Khaizuran, Perempuan Pertama yang Menginisiasi Perayaan Maulid di Makkah-Madinah
    Hikmah
    Jum'at, 08 November 2019 - 22:36 WIB
    Khaizuran (170 H/786 M), ibu dari Amirul Mukminin Musa Al-Hadi dan Khalifah Harun Al-Rasyid, datang ke Madinah dan memerintahkan penduduk mengadakan perayaan Maulid Nabi di Masjid Nabawi.
  • Kelahiran Sang Cahaya di Atas Segala Cahaya
    Hikmah
    Sabtu, 09 November 2019 - 05:15 WIB
    Malam itu, tidak seperti malam-malam biasanya. Di Arasy sana, para malaikat bergemuruh melafadzkan zikir memuji keagungan Tuhan yang Maha Esa. Sebagian lagi sibuk menghiasi pintu surga-surga.
  • Kisah Anak Adam dan Kejahatan Pertama di Muka Bumi
    Hikmah
    Senin, 11 November 2019 - 05:15 WIB
    Ulama Mesir Syeikh Ahmad Al-Mishri mengulas kisah anak Adam yang diabadikan oleh Alquran. Kisah ini merupakan kejahatan pertama yang terjadi di muka bumi.
  • 3 Jenis Hati, Semoga Kita yang Ketiga
    Tausiyah
    Senin, 11 November 2019 - 14:32 WIB
    Founder Darut Tauhid KH Abdullah Gymnastiar menyampaikan kajian Dhuha di Masjid As-Syarif, Kompleks Sekolah Islam Al-Azhar, BSD, Tangerang Selatan.
  • Nasihat Indah Habib Kadzim Saat Maulid Akbar di Monas
    Tausiyah
    Senin, 11 November 2019 - 16:40 WIB
    Al-Habib Musa Kadzim bin Jafar Assegaf (Ulama dari Tarim Hadhramaut, Yaman) menyampaikan nasihat indah saat Maulid Nabi di Lapangan Monas Jakarta Sabtu (9/11/2019).
  • Ini Kunci Hidup Bahagia Menurut AA Gym
    Tausiyah
    Selasa, 12 November 2019 - 07:05 WIB
    Dai yang juga Founder Darut Tauhid KH Abdullah Gymnastiar (AA Gym) memberi tips hidup bahagia dalam kajian Dhuha belum lama ini.
  • Pesan Habib Nabiel Al-Musawa Saat Merayakan Maulid Nabi
    Tausiyah
    Senin, 11 November 2019 - 22:35 WIB
    Para salaf kita mengatakan jika ingin mencintai Nabi Muhammad shallallaahu alaihi wa sallam (SAW) tidak perlu cari dalil karena sudah menjadi kewajiban bagi orang yang beriman.
  • Kisah Budak Hitam yang Bakal Menjadi Raja di Surga
    Hikmah
    Selasa, 12 November 2019 - 07:05 WIB
    Ulama besar Syeikh Ibnu Athoillah As-Sakandari (wafat 1309) mengungkap sebuah kunci agar dapat menghasilkan buah takwa yang sempurna. Beliau juga menceritakan kisah budak yang menjadi ahli surga.
  • 40 Hadis Amalan Ringan Berpahala Besar (1)
    Tausiyah
    Selasa, 12 November 2019 - 16:06 WIB
    Rasulullah SAW pernah bersabda dalam satu hadis, barangsiapa yang menghidupkan sunnahku berarti ia telah mencintaiku. Barangsiapa yang mencintaiku maka kelak ia akan menemaniku di surga.
  • Agama Bangsa Arab Sebelum Kedatangan Islam
    Hikmah
    Rabu, 13 November 2019 - 05:15 WIB
    Banyak yang bertanya bagaimana kondisi kehidupan agama bangsa Arab sebelum diutusnya Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam (SAW)? Berikut ulasannya.
  • Amalan Memperlancar Rezeki
    Tausiyah
    Rabu, 13 November 2019 - 09:00 WIB
    Berikut amalan memperlancar rezeki yang pernah disampaikan ulama kharismatik asal Yaman, Habib Umar bin Hafidz dalam satu nasihatnya.
  • Dokter Zaidul Akbar, Inspirator Sehat Ala Rasulullah
    Hikmah
    Rabu, 13 November 2019 - 17:06 WIB
    Ketika dunia belum mengenal pola tidur yang sehat dan belum tahu cara menjaga kesehatan, Rasulullah SAW sudah mengajarkan itu semua kepada para sahabat.
  • Ini Standar Hewan Halal yang Dipaparkan di Forum Pangan Halal Dunia
    Tausiyah
    Kamis, 14 November 2019 - 20:12 WIB
    Ketua Komite Syariah WHFC, Asrorun Niam Sholeh memaparkan standar hewan halal untuk dijadikan pedoman bagi lembaga sertifikasi halal dunia.
  • Ustazah Aini: Inilah Denda Berjima Saat Haid
    Tausiyah
    Senin, 18 November 2019 - 17:28 WIB
    Ulama Fiqih sepakat bahwa berhubungan suami istri saat haid adalah dosa besar. Ulama dari kalangan mazhab Syafii berpendapat bahwa sepasang suami istri yang melakukannya dikenai denda.