Topik Terkait: Makan Nasi (halaman 4)

  • Idul Fitri, Bukan Sekadar Kembali Makan
    Tausyiah
    Minggu, 24 Mei 2020 - 05:51 WIB
    Dalam kitab-kitab fiqih disebutkan bahwa berniat tidak puasa pada saat hari Idul Fitri pahalanya seperti orang yang sedang puasa di hari-hari yang tidak dilarang.
  • Kepincut Istri Petani, Nabi Daud Tobat Sujud 40 Hari tanpa Makan dan Minum
    Hikmah
    Kamis, 16 Desember 2021 - 11:35 WIB
    Daud selain sebagai nabi juga seorang raja. Beliau sempat melakukan kesalahan. Sang raja mencintai istri seorang petani dan meminta suaminya menceraikan istrinya itu untuk ia persunting.
  • Apa yang Dilakukan Jika Ragu Kehalalan Daging yang Terhidang di Meja Makan
    Tausyiah
    Senin, 04 Juli 2022 - 19:06 WIB
    Bahkan apa pun yang tidak kita saksikan sendiri tentang penyembelihannya baik dilakukan oleh seorang muslim, walaupun dia bodoh dan fasik, ataupun oleh ahli kitab, semuanya adalah halal buat kita.
  • Batalkah Wudhu Jika Makan dan Minum?
    Tips
    Selasa, 05 Oktober 2021 - 15:33 WIB
    Batalkah wudhu jika makan? Begitu juga minum, dapatkah membatalkan wudhu kita? Para ulama berbeda pendapat dalam masalah ini. Begitu pentingnya berwudhu hingga akan batal atau sia-sia shalat seseorang jika wudhunya tidak sempurna.
  • Pola Makanan Sehat Menurut Al-Qur’an dan Hadis (1)
    Muslimah
    Minggu, 05 Juli 2020 - 07:21 WIB
    Islam sangat memerhatikan pola makanan sehat. Tidak hanya baik secara unsur tapi juga harus halal secara zat dan perolehannya. Dalam Islam, tidak semua makanan atau minuman boleh dimakan. Ada yang diharamkan oleh Allah Taala.
  • Makan Kurma Ajwa, Amalan Enak Agar Terhindar dari Sihir
    Tips
    Kamis, 11 Mei 2023 - 19:36 WIB
    Memakan kurma selain enak dan baik untuk kesehatan, ternyata salah satu amalan agar terhindar dari sihir dan sejenisnya.
  • Pola Makan Ibu Hamil dalam Pandangan Syariat Islam
    Muslimah
    Kamis, 22 Desember 2022 - 10:56 WIB
    Seorang wanita yang sedang mengandung (hamil) harus menjaga asupan makanannya agar bayi dalam kandungannya dapat menyerap makanan-makanan yang sehat, halal dan thayiiban
  • Ustaz Milenial Najmi Al Malik: Puasa Masa Pandemi Adalah Anugerah
    Dunia Islam
    Senin, 04 April 2022 - 18:57 WIB
    Ustaz Milenial Najmi Al Malik menyebut puasa di masa pandemi Covid-19 merupakan anugerah dari Allah SWT. Di mana umat Islam tidak lagi memikirkan diri sendiri dan keluarga melainkan berbagi dengan yang lain dan berharap agar pandemi segera berakhir.
  • Menjelang Subuh, Waktu Sahur Nabi dan Para Sahabat
    Tips
    Jum'at, 01 April 2022 - 17:46 WIB
    Tujuan dari mengakhirkan sahur bukan semata makan dan minum, tetapi diiringi dengan ibadah lainnya seperti salat, zikir, dan berdoa. Sebab itulah waktu terbaik untuk beribadah.
  • Melihat Bagaimana Syariat Islam Menganjurkan Pola Makan Ibu Hamil
    Muslimah
    Sabtu, 12 November 2022 - 13:20 WIB
    Seorang ibu yang sedang mengandung akan mengalami kondisi berat. Selain harus menjaga kondisinya demi keselamatan janin, si ibu juga harus menjaga asupan makanannya. Bagaimana syariat meihat kondisi ini?
  • Wasiat Imran bin Hushain Menjelang Ajal: Sembelihlah Hewan dan Adakanlah Jamuan Makan
    Hikmah
    Rabu, 09 November 2022 - 13:41 WIB
    Tatkala Imran hendak meninggal, wasiatnya kepada kaum kerabat dan para sahabatnya ialah, Jika kalian telah kembali dari pemakamanku, sembelihlah hewan dan adakanlah jamuan makan.
  • 10 Adab Makan Rasulullah SAW yang Patut Diteladani
    Tips
    Jum'at, 18 Agustus 2023 - 20:27 WIB
    Adab dan cara makan Rasulullah penting diteladani seluruh umat Islam di dunia. Selain terdapat keberkahan, mengikuti cara makan Rasulullah terbukti bermanfaat bagi kesehatan.
  • Nabi Adam Turun ke Bumi, 40 Tahun Tidak Makan dan 500 Tahun Terpisah dengan Hawa
    Hikmah
    Selasa, 25 Januari 2022 - 05:15 WIB
    Selama 40 tahun semenjak terusir dari surga dan tinggal di bumi, Nabi Adam tidak pernah makan. Di sisi lain, Nabi Adam dan Siti Hawa terpisah selama 500 tahun.
  • Hikmah di Balik Larangan Makan dan Minum Berlebihan
    Tips
    Kamis, 13 Januari 2022 - 17:16 WIB
    Karena serba mudah, saat ini pola hidup berlebihan lebihan termasuk dalam hal makanan menjadi terbiasa. Padahal, Islam sangat melarang makan berlebihan ini.
  • Berapa Kali Jemaah Haji Dapat Makan di Tanah Suci? Begini Penjelasan Kemenag
    Dunia Islam
    Rabu, 22 Mei 2024 - 17:13 WIB
    Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi memastikan selama di Tanah Suci, jemaah haji Indonesia mendapat layanan katering yang diberikan setiap hari. Selama di Tanah Suci, jemaah mendapat makan 3 kali sehari yaitu pagi, siang, dan malam.
  • 12.750 Boks Makan Disiapkan untuk Jemaah Haji Kuota Tambahan di Madinah
    Dunia Islam
    Jum'at, 16 Juni 2023 - 16:59 WIB
    Layanan Konsumsi Daerah Kerja (Daker) Madinah menyiapkan 12.750 boks makanan untuk jemaah haji kuota tambahan yang transit di Madinah.
  • Memberi Makan Berbuka Jalan Menuju Surga
    Tips
    Senin, 03 April 2023 - 16:40 WIB
    Buka puasa bersama atau bukber lazim diselenggarakan banyak pihak di masa Ramadan. Selain menggalang silaturahim, pahala memberi makan untuk berbuka puasa amat besar.
  • Selama Puncak Haji, Jemaah Dapat Makan 3 Kali Sehari
    Dunia Islam
    Jum'at, 14 Juni 2024 - 13:15 WIB
    Jemaah haji Indonesia hari ini mulai diberangkatkan ke Arafah untuk melaksanakan wukuf pada 9 Zulhijah atau Sabtu (15/6/2024).
  • Adab Makan yang Jarang Diperhatikan
    Muslimah
    Kamis, 18 Februari 2021 - 10:36 WIB
    Banyak perkara-perkara kesehatan itu berkaitan dengan adab makan. Cara makan yang salah bisa berujung kepada datangnya penyakit, munculnya penyakit. Maka tidak boleh kita sepelekan masalah ini.
  • Memaknai Idul Fitri Antara  Kembali Suci dan Kembali Makan
    Tips
    Sabtu, 23 Mei 2020 - 03:47 WIB
    Idul fitri, secara umum ada yang melihat kepada makna substansinya di satu sisi. Ada juga yang memandang dari aspek makna literalnya dan asal kata fitri