Topik Terkait: Manfaat Surat ASy Syuara (halaman 14)

  • Mengenal Surat Ath-Thalaq,...
    Tips
    Rabu, 17 Mei 2023 - 18:26 WIB
    Surat Ath-Thalaq disebut juga sebagai ayat seribu dinar. Dimana dalam ayat tersebut ada janji bahwa Allah akan memberikan rezeki dari arah yang tiada disangka-sangka.
  • Asbabun Nuzul Surat...
    Hikmah
    Rabu, 08 Maret 2023 - 23:03 WIB
    Surat Al-Ankabut adalah surat yang termasuk golongan Makkiyah (diturunkan di Mekkah) terdiri 69 ayat. Berikut Asbabun Nuzul Ayat 1-4 dan Ayat ke-8.
  • Surat Yusuf Ayat 73:...
    Hikmah
    Jum'at, 25 November 2022 - 23:19 WIB
    Pada ayat ini diceritakan pembelaan saudara-saudara Nabi Yusuf ketika dituduh mencuri barang kerajaan. Mereka pun menyanggah tuduhan itu dengan kalimat sumpah.
  • Cara Membaca Tajwid...
    Tips
    Sabtu, 11 November 2023 - 17:50 WIB
    Hukum tajwid Surat Al-Qasas Ayat 81 menarik untuk dipelajari. Terlebih, bagi kaum muslim yang sedang belajar tahsin dan ilmu tajwid. Berikut penjelasannya.
  • Begini Khasiat dan Keistimewaan...
    Hikmah
    Jum'at, 18 Agustus 2023 - 09:42 WIB
    Khusus keistimewaan Surat Al-Mulk, Sayyid Muhammad Taqi Al-Muqaddam mengatakan, dapat meringankan siksa yang diterima oleh si mayit dan dapat menyelamatkannya dari siksa kubur.
  • cover top ayah
    وَقُلْ لِّـلۡمُؤۡمِنٰتِ يَغۡضُضۡنَ مِنۡ اَبۡصَارِهِنَّ وَيَحۡفَظۡنَ فُرُوۡجَهُنَّ وَلَا يُبۡدِيۡنَ زِيۡنَتَهُنَّ اِلَّا مَا ظَهَرَ مِنۡهَا‌ وَلۡيَـضۡرِبۡنَ بِخُمُرِهِنَّ عَلٰى جُيُوۡبِهِنَّ‌ۖ وَلَا يُبۡدِيۡنَ زِيۡنَتَهُنَّ اِلَّا لِبُعُوۡلَتِهِنَّ اَوۡ اٰبَآٮِٕهِنَّ اَوۡ اٰبَآءِ بُعُوۡلَتِهِنَّ اَوۡ اَبۡنَآٮِٕهِنَّ اَوۡ اَبۡنَآءِ بُعُوۡلَتِهِنَّ اَوۡ اِخۡوَانِهِنَّ اَوۡ بَنِىۡۤ اِخۡوَانِهِنَّ اَوۡ بَنِىۡۤ اَخَوٰتِهِنَّ اَوۡ نِسَآٮِٕهِنَّ اَوۡ مَا مَلَـكَتۡ اَيۡمَانُهُنَّ اَوِ التّٰبِعِيۡنَ غَيۡرِ اُولِى الۡاِرۡبَةِ مِنَ الرِّجَالِ اَوِ الطِّفۡلِ الَّذِيۡنَ لَمۡ يَظۡهَرُوۡا عَلٰى عَوۡرٰتِ النِّسَآءِ‌ۖ وَلَا يَضۡرِبۡنَ بِاَرۡجُلِهِنَّ لِيُـعۡلَمَ مَا يُخۡفِيۡنَ مِنۡ زِيۡنَتِهِنَّ‌ ؕ وَتُوۡبُوۡۤا اِلَى اللّٰهِ جَمِيۡعًا اَيُّهَ الۡمُؤۡمِنُوۡنَ لَعَلَّكُمۡ تُفۡلِحُوۡنَ
    Dan katakanlah kepada para perempuan yang beriman, agar mereka menjaga pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali yang (biasa) terlihat. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kerudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putra-putra mereka, atau putra-putra suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara perempuan mereka, atau para perempuan (sesama Islam) mereka, atau hamba sahaya yang mereka miliki, atau para pelayan laki-laki (tua) yang tidak mempunyai keinginan (terhadap perempuan) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat perempuan. Dan janganlah mereka menghentakkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertobatlah kamu semua kepada Allah, wahai orang-orang yang beriman, agar kamu beruntung.

    (QS. An-Nur Ayat 31)
    cover bottom ayah
  • Hukum Tajwid Surat Al...
    Tips
    Selasa, 19 Desember 2023 - 16:40 WIB
    Hukum tajwid Al Imran ayat 159 bisa dijadikan pelajaran penting bagi umat Islam. Terutama agar tidak salah dalam membaca dan melafalkan huruf yang ada pada ayat tersebut.
  • Surat Yusuf Ayat 17-18:...
    Hikmah
    Kamis, 18 November 2021 - 23:58 WIB
    Pada ayat berikutnya, saudara-saudara Nabi Yusuf menceritakan kebohongan yang penuh rekayasa yang membuat ayah mereka Nabi Yakub pingsan.
  • Tafsir Surat Al-Mulk...
    Hikmah
    Rabu, 09 November 2022 - 22:31 WIB
    Tak hanya menciptakan langit dan bumi, Allah juga menciptakan bintang yang indah untuk menghias langit. Ada 3 tujuan penciptaan bintang dalam tafsir Surat Al-Mulk ayat 5.
  • Surat Al-Baqarah Ayat...
    Tips
    Selasa, 20 Juni 2023 - 22:46 WIB
    Surah Al-Baqarah ayat 284-286 lengkap Arab dan latin termasuk ayat-ayat yang agung. Siapa yang membaca 2 ayat terakhir Surat Al-Baqarah pada malam hari, maka dia akan diberikan kecukupan.
  • Surat Muhammad Ayat...
    Hikmah
    Senin, 07 Agustus 2023 - 11:54 WIB
    Surat Muhammad ayat 8-9, misalnya, dapat dijadikan wasilah atau doa agar dapat mengalahkan musuh. Adapun caranya yaitu dengan membaca ayat tersebut secara rutin dan istikamah.
  • Hukum Tajwid Surat Yasin...
    Tips
    Rabu, 03 Juli 2024 - 12:30 WIB
    Hukum tajwid Surat Yasin ayat 12 ini dapat dijadikan bahan pembelajaran bagi umat muslim, karena banyak mengandung hukum bacaan mad.
  • Tadabbur Surat Al-Fath...
    Hikmah
    Senin, 04 Desember 2023 - 20:52 WIB
    Surat Al-Fath ayat 1 termasuk ayat yang dicintai Nabi Muhammad SAW. Beliau sangat gembira dengan turunnya ayat yang mengabarkan kemenangan bagi Nabi dan umat Islam tersebut.
  • 4 Manfaat Surat Yasin...
    Tips
    Senin, 25 Juli 2022 - 15:57 WIB
    Setidaknya ada 4 manfaat surat Yasin untuk orang yang masih hidup. Salah satunya, mendapatkan keberkahan, memperoleh kebahagiaan, dan dosa-dosa diampuni Allah SWT.
  • Surat Yusuf Ayat 35:...
    Tausyiah
    Minggu, 13 Februari 2022 - 21:40 WIB
    Surat Yusuf Ayat 35 mengandung pelajaran berharga bagi kita bahwa orang benar dan jujur seringkali dipenjara oleh penguasa demi melanggengkan kekuasaannya.
  • Rutin Membaca Surat...
    Muslimah
    Selasa, 31 Mei 2022 - 10:00 WIB
    Surat Al-Waqiah adalah salah satu surat yang dikenal sebagai surat penuh berkah. Keberkahannya mampu melenyapkan kemiskinan dan mendatangkan rezeki bagi siapa saja yang rutin membacanya setiap hari
  • 3 Ayat Terakhir Surat...
    Tips
    Rabu, 28 Agustus 2024 - 10:26 WIB
    Bacaan 3 ayat terakhir surat Al Hasyr dalam bahasa latin dan Arab beserta artinya ini, penting diketahui dan diamalkan. Apalagi banyak keistimewaan dan keutamaan dari surat tersebut.
  • Ummu Hisyam binti Haritsah,...
    Muslimah
    Kamis, 11 Mei 2023 - 10:52 WIB
    Banyak sahabat Rasulullah shallalahu alaihi wa sallam di kalangan muslimah (sahabiyah) yang cerdas dan membantu Nabi SAW dalam menegakkan syariat Islam. Salah satunya adalah Ummu Hisyam binti Haritsah
  • Surat Yusuf Ayat 104:...
    Hikmah
    Rabu, 10 Mei 2023 - 20:50 WIB
    Allah mengingatkan Nabi Muhammad SAW supaya tidak meminta upah kepada siapa pun, sebagai imbalan atas dakwah dan ajakan untuk menyembah Allah Tuhan yang Maha Esa.
  • Asbabun Nuzul Surat...
    Hikmah
    Kamis, 02 Maret 2023 - 17:39 WIB
    Surat Al-Hujurat ayat 13 yang dibacakan pada pembukaan Piala Dunia 2022 di Qatar ternyata memiliki Asbabun Nuzul atau sebab turunnya tersendiri. Berikut ulasannya.
  • 4 Resep Menuntut Ilmu...
    Tausyiah
    Sabtu, 21 Agustus 2021 - 09:05 WIB
    Dai lulusan Universitas Islam Madinah Saudi Arabia, Ustaz Budi Ashari memaparkan empat resep menuntut ilmu dari Imam Asy-Syabi (Amir bin Syurahbil).