Topik Terkait: Manfaat Surat ASy Syuara (halaman 17)

  • Toleransi Antarumat...
    Tausyiah
    Kamis, 05 September 2024 - 10:47 WIB
    Menempatkan toleransi antar-umat beragama sesuai tuntunan Surat Al Kafirun penting diketahui dan dipahami umat muslim.Bagaimana Surat Al Kafirun ini menjelaskan tentang tolernasi tersebut?
  • Tafsir Surat At Tahrim...
    Muslimah
    Rabu, 28 Desember 2022 - 13:41 WIB
    Surat At Tahrim ayat 6 adalah peringatan dari Allah Subhanahu wa Taala terhadap pentingnya kepala rumah tangga (suami) yang beriman yang mampu mendidik keluarganya (anak istrinya) pada ketaatan kepada Allah.
  • Tadabbur Surat Luqman...
    Hikmah
    Senin, 27 November 2023 - 21:35 WIB
    Tadabbur Surat Luqman Ayat 12 termasuk salah satu ayat yang menyimpan pelajaran berharga tentang hakikat bersyukur. Berikut penjelasannya.
  • Surat Yusuf Ayat 70:...
    Hikmah
    Rabu, 16 November 2022 - 23:54 WIB
    Pada ayat ini diceritakan kisah Nabi Yusuf alaihissalam melakukan satu siasat mengagumkan kepada saudara-saudara yang pernah menzaliminya di saat kecil.
  • Berikut Ini Khasiat...
    Hikmah
    Jum'at, 08 September 2023 - 14:00 WIB
    Khusus keistimewaan Surat Al-Ikhlas, Sayyid Muhammad Taqi Al-Muqaddam mengatakan dibacakan pada mata yang sakit insyaAllah akan sembuh. Berikut keistimewaan lainnya surat tersebut.
  • cover top ayah
    وَحُشِرَ لِسُلَيۡمٰنَ جُنُوۡدُهٗ مِنَ الۡجِنِّ وَالۡاِنۡسِ وَالطَّيۡرِ فَهُمۡ يُوۡزَعُوۡنَ (١٧) حَتّٰٓى اِذَاۤ اَتَوۡا عَلٰى وَادِ النَّمۡلِۙ قَالَتۡ نَمۡلَةٌ يّٰۤاَيُّهَا النَّمۡلُ ادۡخُلُوۡا مَسٰكِنَكُمۡ‌ۚ لَا يَحۡطِمَنَّكُمۡ سُلَيۡمٰنُ وَجُنُوۡدُهٗۙ وَهُمۡ لَا يَشۡعُرُوۡنَ‏ (١٨) فَتَبَسَّمَ ضَاحِكًا مِّنۡ قَوۡلِهَا وَقَالَ رَبِّ اَوۡزِعۡنِىۡۤ اَنۡ اَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ الَّتِىۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَىَّ وَعَلٰى وَالِدَىَّ وَاَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًـا تَرۡضٰٮهُ وَاَدۡخِلۡنِىۡ بِرَحۡمَتِكَ فِىۡ عِبَادِكَ الصّٰلِحِيۡنَ (١٩)
    Dan untuk Sulaiman dikumpulkan bala tentaranya dari jin, manusia dan burung, lalu mereka berbaris dengan tertib. Hingga ketika mereka sampai di lembah semut, berkatalah seekor semut, Wahai semut-semut! Masuklah ke dalam sarang-sarangmu, agar kamu tidak diinjak oleh Sulaiman dan bala tentaranya, sedangkan mereka tidak menyadari. Maka dia (Sulaiman) tersenyum lalu tertawa karena (mendengar) perkataan semut itu. Dan dia berdoa, Ya Tuhanku, anugerahkanlah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku mengerjakan kebajikan yang Engkau ridhai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang shalih.

    (QS. An-Naml Ayat 17-19)
    cover bottom ayah
  • Kisah Rasulullah SAW...
    Hikmah
    Rabu, 26 Juli 2023 - 09:48 WIB
    Nabi Muhammad SAW membaca surat Yasin ayat 1-5 ketika menghadapi orang musyrik termasuk Abu Jahal. Yaitu ketika kaum musyrik sedang berkumpul untuk berbuat makar kepada Baginda Nabi.
  • Mengapa Al Waqiah Disebut...
    Hikmah
    Kamis, 04 Januari 2024 - 10:17 WIB
    Al-Waqiah, salah satu surat dalam Al-Quran yang sudah tidak asing lagi bagi sebagian besar kaum muslimin. Surat ini diyakini sebagai surat yang memudahkan datangnya rezeki.
  • Surat Al-Hadid Ayat...
    Hikmah
    Minggu, 13 Agustus 2023 - 09:05 WIB
    Surat Al-Hadid ayat 25, misalnya, dapat dijadikan wasilah doa untuk melindungi diri dari kejahatan begal atau perampok. Adapun caranya yaitu dengan membaca ayat tersebut..
  • Khasiat Surat As-Syamsu,...
    Hikmah
    Kamis, 31 Agustus 2023 - 18:25 WIB
    Keistimewaan Surat As-Syamsu antara lain dapat menyembuhkan sakit disentri. Surat ini juga dapat menambah hafalan, diterima di sisi masyarakat dan pangkat (jabatan)
  • Khasiat Surat An-Naziat,...
    Hikmah
    Rabu, 23 Agustus 2023 - 17:26 WIB
    Khusus keistimewaan surat An-Naziat, Sayyid Al-Muqaddam mengatakan, barangsiapa yang membacanya saat berhadapan dengan musuh atau penguasa maka dia akan selamat dari kejahatan mereka.
  • Tadabur Surat An-Nur,...
    Tausyiah
    Selasa, 13 Juni 2023 - 17:24 WIB
    Surat An-Nur adalah surat ke-24 dalam mushaf Al-Quran. Surat ini terdiri atas 64 ayat dan termasuk golongan surah Madaniyah. Berikut kandungan dan keutamaannya.
  • Manfaat Dahsyat Surah...
    Tips
    Rabu, 20 Oktober 2021 - 05:15 WIB
    Muhammad Taqi Al-Muqaddam menyebutkan keistimewaan surah At-Tahrim sebagai penyembuh. Menurutnya, surat ini jika dibaca dapat menyembuhkan berbagai penyakit, termasuk kesurupan.
  • Hukum Tajwid Surat Al...
    Tips
    Senin, 18 Maret 2024 - 10:37 WIB
    Hukum tajwid surat Al Fath ayat 29 ini dapat dijadikan referensi untuk mempelajari dan mendalami ilmu tajwid. Karena mempelajari ilmu ini hukumnya fardhu kifayah.
  • Mengulik Asbabun Nuzul...
    Tips
    Kamis, 14 Desember 2023 - 08:29 WIB
    Asbabun nuzul Surat Maryat ayat 77 menjadi pembahasan menarik untuk diketahui. Dengan memahaminya, umat Muslim bisa mengetahui asal-usul atau penyebab turunnya ayat tersebut.
  • Asbabun Nuzul Surat...
    Hikmah
    Senin, 26 Desember 2022 - 22:48 WIB
    Asbabun Nuzul Surat Al-Falaq berkaitan dengan sakit yang pernah dialami Nabi Muhammad shollallohu alaihi wasallam. Surat ini memiliki keutamaan sebagai perlindungan.
  • Tadabbur Surat An-Nur...
    Tausyiah
    Selasa, 05 Desember 2023 - 17:30 WIB
    Ayat sebelumnya telah dijelaskan adab dan etika etika memasuki rumah yang berpenghuni. Pada tadabbur ayat selanjutnya Allah menguraikan etika memasuki rumah yang tak berpenghuni.
  • Mandi Sebelum Subuh,...
    Tips
    Senin, 14 Februari 2022 - 23:50 WIB
    Mandi sebelum Subuh memiliki keutamaan pahala dan manfaat untuk kesehatan. Inilah kebiasaan orang-orang terdahulu yang dapat kita teladani.
  • Hukum Tajwid Surat Yasin...
    Tips
    Rabu, 17 Juli 2024 - 13:05 WIB
    Hukum tajwid Surat Yasin ayat 77 penting dipelajari kaum muslim. Tak sekadar menambah pengetahuan, namun juga ditujukan agar nantinya tidak keliru ketika membacanya.
  • Surat Al-Kahfi untuk...
    Tausyiah
    Senin, 27 November 2023 - 19:21 WIB
    Salah satu surat yang memiliki keutamaan dalam Al-Quran adalah Al-Kahfi. Surat ke-18 ini terletak pada juz 15 terdiri dari 110 ayat, termasuk kategori Surat Makkiyah (diturunkan di Mekkah).
  • Arti Surat Al Fatihan...
    Tips
    Selasa, 03 September 2024 - 10:38 WIB
    Arti Surat Al Fatihah dari ayat 1 sampai 7 ini, penting diketahui karena surat pertama dalam Al Quran ini selalu dibaca ketika salat fardhu maupun salat sunah.