Topik Terkait: Meluruskan Niat

  • Berjuang Meluruskan Niat Itu Berat, Begini Penjelasannya
    Tausyiah
    Kamis, 24 Agustus 2023 - 19:35 WIB
    Hendaknya setiap orang meluruskan niat dalam setiap amal ibadah, terutama dalam hal menuntut ilmu. Ini merupakan pekerjaan yang berat karena niat dan ikhlas itu berat.
  • Niat Seorang Mukmin Lebih Baik Ketimbang Amalnya
    Tausyiah
    Senin, 20 September 2021 - 20:53 WIB
    Dalam satu Hadis yang diriwayatkan Imam Al-Baihaqi disebutkan bahwa kedudukan niat lebih besar daripada amalnya. Berikut penjelasan Ustaz Hamdan Nasution Attantisy.
  • Niat Menyambut Bulan Suci Ramadhan yang Dilazimkan Para Ulama
    Tips
    Senin, 12 April 2021 - 09:36 WIB
    Setiap amalan tergantung pada niatnya dan bagi setiap orang apa yang dia niatkan. Berikut niat menyambut bulan suci Ramadhan sebagaimana dilazimkan para sholihin.
  • Niat Puasa Ramadan: Haruskah Setiap Malam atau Sebulan Penuh?
    Tips
    Selasa, 14 Maret 2023 - 23:59 WIB
    Niat merupakan salah satu rukun puasa Ramadan. Niat puasa ini dilakukan paling lambat sebelum terbit Fajar. Pertanyaannya, apakah harus berniat setiap malam atau sebulan penuh?
  • Hadis tentang Meluruskan Niat, Begini Pendapat Ulama
    Tausyiah
    Kamis, 24 Agustus 2023 - 19:20 WIB
    As-Suyuthi berkata: Ketahuilah bahwasanya telah mutawatir dari para imam tentang keagungan hadis niat. Imam Bukhari juga berkata: Tidak ada sebuah hadis yang lebih padat dan kaya faedah melainkan hadis ini.
  • Menggabungkan Niat Puasa Rajab dengan Qadha Ramadhan, Begini Penjelasannya
    Muslimah
    Kamis, 16 Februari 2023 - 08:49 WIB
    Bolehkah melaksanakan puasa Rajab ini sekaligus menggabungkannya dengan qadha puasa Ramadhan? Terutama bagi kalangan muslimah yang masih memiliki utang puasa karena haid dan belum menggantinya.
  • Niat Puasa Ramadhan Bahasa Indonesia, Arab, dan Inggris
    Tips
    Kamis, 14 September 2023 - 22:59 WIB
    Niat puasa Ramadhan bahasa Indonesia, Arab, dan Inggris menjadi informasi penting bagi umat Islam. Sekadar info, Puasa Ramadhan 1445 Hi akan jatuh antara tanggal 11 atau 12 Maret 2024.
  • Niat Puasa Tarwiyah Lengkap Arab Latin
    Tips
    Senin, 19 Juni 2023 - 14:23 WIB
    Niat puasa Tarwiyah lengkap Arab Latin adalah sebagai berikut:. Nawaitu shauma ghadin an ad?i sunnati yaumit tarwiyah lillhi ta?l?. Artinya:.Aku berniat puasa sunnah Tarwiyah esok hari karena Allah SWT
  • Niat Puasa Idul Adha, Tarwiyah dan Arafah
    Tips
    Senin, 04 Juli 2022 - 20:00 WIB
    Niat puasa Idul Adha dilaksakan di bulan Dzulhijah. Karena bulan ini adalah termasuk bulan yang mulia dengan berbagai amalan mulia terdapat di dalamnya. Di antaranya adalah puasa hari Tarwiyah dan puasa Arafah.
  • Sudah Mabrurkah Haji Anda? Mari Kita Teliti Kembali Niat dan Pakaian Ihram
    Tausyiah
    Senin, 11 Juli 2022 - 05:15 WIB
    Haji mabrur adalah harapan seluruh umat Islam yang telah menunaikan rukun Islam kelima tersebut. Rasulullah SAW menyebut bahwa haji yang mabrur sebagai salah satu amaliah yang paling utama.
  • Niat Puasa Arafah, Teks Arab dan Terjemah Bahasa Indonesia
    Tips
    Selasa, 14 Mei 2024 - 05:04 WIB
    Berikut ini niat puasa Arafah, teks arab dan terjemah bahasa Indonesia. Niat ini hendaknya dilafazkan mulai malam ini sebelum terbit Fajar. Namun, dibolehkan berniat di pagi harinya.
  • Bagaimana Lafaz Niat Haji? Begini Penjelasannya
    Tips
    Senin, 06 Mei 2024 - 12:15 WIB
    Bagaimana lafaz niat haji atau niat melaksanakan ibadah haji? Seperti diketahui, ibadah haji merupakan rukun islam kelima yang hukumnya wajib dilaksanakan bagi setiap muslim yang mampu.
  • Berikut 6 Lafal Niat Puasa Ramadhan
    Tips
    Senin, 04 April 2022 - 04:05 WIB
    Salah satu rukun puasa adalah niat yang waktunya ditentukan yaitu setelah masuknya waktu Maghrib sampai sebelum masuknya waktu Subuh. Berikut 6 versi lafal niat puasa Ramadhan..
  • Niat Puasa Nisfu Syaban Lengkap dengan Arti dan Keutamaannya
    Tausyiah
    Kamis, 23 Februari 2023 - 12:50 WIB
    Selain dianjurkan berpuasa pada waktu pagi hingga magrib, di malam Nisfu Syaban umat muslim juga dianjurkan menghidupkan malam istimewa tersebut dengan beribadah.
  • Bacaan Niat Salat Tarawih 23 Rakaat dan 11 Rakaat Berjamaah Beserta Niat Salat Witir
    Tips
    Minggu, 10 Maret 2024 - 09:34 WIB
    Bacaan niat salat Tarawih berjamaah dan Witir merupakan hal yang wajib diketahui umat muslim. Salat Tarawih umumnya dikerjakan 20 rakaat ditambah 3 rakaat salat Witir (23 rakaat). Sebagian muslim mengerjakan 8 rakaat ditambah 3 rakaat Witir (11 rakaat).
  • Lafaz Niat Puasa Sunnah Harian Bulan Muharram, Tasua dan Asyura
    Tausyiah
    Rabu, 19 Agustus 2020 - 21:46 WIB
    Umat Islam dianjurkan memperbanyak amal saleh di bulan Muharram mengingat besarnya fadhillah yang dimilikinya. Adapun amalan yang dimaksud adalah menghidupkan puasa sunnah.
  • Niat Puasa Ramadhan Beserta Waktu yang Tepat Mengamalkannya
    Tips
    Selasa, 29 Maret 2022 - 08:29 WIB
    Niat puasa Ramadhan merupakan keinginan untuk melaksanakan ibadah puasa di bulan Ramadhan. Niat sendiri adalah hal yang sangat mendasar dalam setiap ibadah, termasuk dalam puasa.
  • Perhatikan 4 Hal Ini Terkait Niat Puasa Ramadan
    Tausyiah
    Minggu, 10 Maret 2024 - 09:04 WIB
    Ada beberapa hal yang harus kita perhatikan terkait niat puasa Ramadan yang akan kita jalankan, agar puasa Ramadan benar-benar bernilai ibadah.
  • Bacaan Niat Sahur Puasa Ramadan, Arab, Latin dan Terjemahannya
    Tips
    Selasa, 19 September 2023 - 14:08 WIB
    Bacaan niat sahur puasa Ramadan tidak diajaran secara khusus dalam kitab-kitab hadis maupun kitab-kitab fiqih terkemuka macam Fiqih Sunnah, Fiqih Islam wa Adillatuhu, Fiqih Empat Madzhab.
  • Niat Sholat Tahajud dan Witir, Cara serta Waktunya
    Tips
    Selasa, 22 Juni 2021 - 10:02 WIB
    Sholat tahajud dan sholat witir adalah rangkaian ibadah yang termasuk qiyamul lail atau sholat lail (sholat malam). Berikut ini penjelasan tentang waktu dan niat sholat tahajud dan sholat witir yang perlu diketahui.