Topik Terkait: Mengajarkan Adab Makan Pada Anak (halaman 2)

  • Kiat Mengajarkan Anak Mulai Berdakwah Sejak Dini
    Muslimah
    Kamis, 02 Desember 2021 - 16:19 WIB
    Dakwah Islam membutuhkan para pendakwah yang tangguh. Seorang pengemban dakwah tidak akan lahir begitu saja. Ia lahir melalui proses dan upaya terus-menerus, bahkan dari sejak masa kanak-kanak.
  • 10 Adab Bicara Seorang Muslimah yang Penting Diketahui
    Muslimah
    Minggu, 28 Mei 2023 - 12:30 WIB
    Dalam berbicara seorang muslim memiliki adab-adabnya, termasuk untuk seorang muslimah. Ia harus menggunakan tata karma dan tutur kata yang baik
  • 6 Adab Saat Berpakaian Bagi Muslimah yang Sering Diabaikan
    Muslimah
    Minggu, 22 Mei 2022 - 14:40 WIB
    Selain ada hukum yang mengatur bagaimana ketentuan berpakaian bagi muslimah, ada pula etika dan adab berpakaian yang juga hendaknya diperhatikan.
  • Inilah Batasan dan Adab Komunikasi dengan Lawan Jenis
    Muslimah
    Jum'at, 11 September 2020 - 07:38 WIB
    Berbicara antara laki-laki dan perempuan yang bukan mahram, sebenarnya tidak dilarang. Hanya syaratnya, pembicaraan yang dilakukan memenuhi ketentuan secara syara.
  • 6 Adab Berzikir yang Penting Diketahui Seorang Muslim
    Tips
    Senin, 05 September 2022 - 11:14 WIB
    Selayaknya ibadah lain, tentu ada adab yang harus kita penuhi ketika berzikir. Mengutip pendapat Sayyid Ustman Rahimahullah dalam kitabnya Maslakul Akhyr f al-Adiyyah wal Adzkr al-Wridah an Raslillah mencantumkan syarat dan adab dalam berdoa.
  • Adab Bertamu atau Bersilaturahmi  dalam Islam yang Penting Diketahui
    Tips
    Rabu, 10 April 2024 - 13:18 WIB
    Saat perayaan Idulfitri, umat muslim dianjurkan untuk bersilaturahmi dengan sesama saudarannya seiman. Silaturahmi tersebut biasanya saling mengunjungi atau bertamu dengan tetangga, saudara bahkan kerabat yang jauh dari tempat tinggal.
  • Adab Bertamu yang Penting Diketahui Menurut Islam
    Tips
    Rabu, 05 Juli 2023 - 18:48 WIB
    Islam mengajarkan adab-adab dalam kehidupan sehari-hari, salah satunya ketika bertamu ke rumah orang lain. Adab bertamu ini penting diketahui, agar ada norma-norma yang dijaga sebagai akhlak yang baik.
  • 5 Adab Tidur Sesuai Sunnah Rasulullah SAW yang Penting Diketahui
    Tips
    Jum'at, 04 Agustus 2023 - 11:24 WIB
    Adab tidur dalam Islam yang penting diketahui kaum muslim. Ketika ingin tertidur, sebagai umat muslim kita perlu memperhatikan dan melakukan adab-adab yang sudah ada sejak zaman kenabian. Adab ketika tidur memiliki manfaat yang sebenarnya penting untuk diri kita sendiri.
  • Adab dan Akhlak Seorang Muslimah yang Penting Diketahui
    Muslimah
    Rabu, 11 Oktober 2023 - 13:30 WIB
    Adab dan akhlak seorang muslim sebenarnya sudah diberitahukan didalam Al Quran dan hadis, namun, ada baiknya seorang muslimah kembali mengenal atau mempelajarinya lebih dalam.
  • Adab Menasihati: Pilih Waktu yang Tepat
    Hikmah
    Senin, 19 Februari 2024 - 09:49 WIB
    Salah satu ajaran dalam agama Islam adalah saling memberi nasihat. Bahkan derajatnya sama dengan fardhu ain (wajib dilakukan setiap orang Islam). Lantas bagaimana adab memberi nasihat ini?
  • Adab dan Amalan Menyambut Kelahiran Bayi
    Hikmah
    Selasa, 04 Februari 2020 - 15:06 WIB
    Kelahiran bayi merupakan karunia besar Allah Taala untuk para orangtua. Tak bisa dilukiskan betapa bahagianya ketika sang bayi lahir ke dunia. Berikut amalan menyambutnya.
  • Mengajarkan dan Mengajak Anak Menghidupkan Lailatulqadar
    Muslimah
    Kamis, 06 April 2023 - 10:27 WIB
    Istimewa malam Lailatulqadar, bagi setiap orang tua hendaknya tidak melupakan untuk mengajak dan mengajaarkan anak-anaknya menghidupkan Lailatulqadar dengan beribadah, taqarrub ilallah
  • Indahnya Adab Bergaul yang Diajarkan Rasulullah SAW
    Tausiyah
    Selasa, 03 Maret 2020 - 10:10 WIB
    Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam (SAW) dikenal sebagai sosok yang mempunyai banyak sahabat. Dalam bergaul, beliau senantiasa menanamkan kasih sayang.
  • Mencontoh Adab Berkomunikasi Sesuai Tuntunan Rasul
    Tips
    Senin, 22 November 2021 - 07:29 WIB
    Salah satu bentuk interaksi manusia adalah dengan berbicara atau berkomunikasi, dan alat komunikasi yang sering digunakan adalah bahasa lisan. Dan, akhlak yang baik akan mengeluarkan bahasa yang baik.
  • Inilah Hikmah Dibalik Larangan Makan dan Minum Berlebihan
    Hikmah
    Sabtu, 17 Juni 2023 - 13:24 WIB
    Islam sangat melarang makan dan minum berlebihan. Kenapa demikian? Dibalik larangan yang ditentukan syariat pasti memiliki hikmah yang luar biasa untuk kita.
  • Siap-siap Iktikaf, Jangan Lupa Perhatikan Adab-adabnya
    Tips
    Rabu, 03 April 2024 - 13:05 WIB
    Menjelang akhir Ramadan, banyak umat Muslim bersiap dan berbondong-bondong melaksanakan iktikaf. Masjid-masjid pun akan penuh dihadiri orang-orang yang beriktikaf. Jangan lupa perhatikan adab-adabnya!
  • Memuliakan Wanita, Adab yang Harus Ditanamkan kepada Anak Lelaki
    Muslimah
    Kamis, 01 Desember 2022 - 10:05 WIB
    Dalam islam, mendidik anak lelaki yang beradab mulia pada kaum wanita menjadi amat penting, karena kaum lelakilah yang kelak memimpin generasi. Mereka adalah pemimpin bagi kaum Hawa tersebut.
  • Adab Imam dan Makmum dalam Sholat Berjamaah
    Tips
    Minggu, 12 September 2021 - 21:13 WIB
    Adab imam dan makmum dalam sholat berjamaah penting untuk diketahui kaum muslimin. Sebagaimana diriwayatkan, sholat berjamaah lebih utama dari sholat sendirian 27 derajat.
  • Adab dan Doa saat Buang Hajat Sesuai Tuntunan Rasulullah SAW
    Tips
    Rabu, 28 September 2022 - 10:46 WIB
    Islam sangat memperhatikan hal-hal sekecil apapun dalam menjalankan aktivitas harian, salah satunya tentang buang hajat. Bila mengabaikannya, maka akan berakibat buruk bagi diri sendiri, juga dapat mengganggu orang lain maupun lingkungan sekitar.
  • Mengenalkan Ketauhidan Sejak Dini pada Anak
    Muslimah
    Rabu, 09 September 2020 - 18:03 WIB
    Sebagai orang tua muslim, menanamkan nilai-nilai keislaman dan ketauhidan kepada anak sangat diharuskan. Sejak ia terlahir di dunia, hingga ia benar-benar memahami agama yang dianutnya itu seraya menjalankan aturan yang ada di dalamnya.