Topik Terkait: Meninggal Dunia

  • Doa Setelah Membaca Surat Yasin untuk Orang Meninggal Dunia
    Tips
    Senin, 23 Oktober 2023 - 15:45 WIB
    Doa setelah membaca surat Yasin untuk orang meninggal berikut ini dinukil dari buku Kedahsyatan Membaca Al Quran yang ditulis oleh Amirulloh Syarbini, Sumantri Jamhari dan Randi Renggana.
  • Arwah Bayi dan Anak-anak Kecil yang Meninggal Dunia
    Tausyiah
    Kamis, 21 Januari 2021 - 21:21 WIB
    Anak merupakan amanah dan kebanggaan orangtua yang mengasuhnya ketika di dunia. Ada yang bertanya, apabila bayi atau anak-anak kecil wafat, bagaimanakah arwah dan kedudukannya?
  • 6 Adab Syariyah dalam Mengurus Orang yang Baru Meninggal Dunia
    Tips
    Senin, 09 Januari 2023 - 14:56 WIB
    Syaikh Yusuf al-Qardhawi menyebut ada beberapa adab syariyah yang harus dilakukan secara langsung terhadap orang yang baru saja meninggal dunia dan sebelum dimandikan.
  • Kurban untuk Orang yang sudah Meninggal, Bolehkah?
    Tausyiah
    Jum'at, 09 Juli 2021 - 16:59 WIB
    Ibadah kurban pada dasarnya ditujukan kepada orang yang masih hidup, sudah balig, berakal, dan memiliki kelapangan harta. Lantas, bagaimana dengan kurban untuk orang yang sudah meninggal?
  • Innalillah, Ulama Kharismatik Tuan Guru Zuhdi Meninggal Dunia
    Hikmah
    Sabtu, 02 Mei 2020 - 19:33 WIB
    Indonesia kembali berduka dengan berpulangnya seorang ulama kharismatik Banjarmasin Kalimantan Selatan, Tuan Guru KH Ahmad Zuhdiannor Sabtu, 2 Mei 2020 pukul 06.43 WIB.
  • Meninggal sebelum Melaksanakan Haji bagi Orang yang Terkena Kewajiban
    Hikmah
    Senin, 29 Mei 2023 - 07:08 WIB
    Orang yang terkena kewajiban haji dan meninggal sebelum melaksanakannya, maka boleh diambilkan dari hartanya biaya untuk menghajikan dan mengumrahkannya.
  • Doa untuk Bayi yang Meninggal Dunia Lengkap Teks Arab, Latin, dan Terjemah
    Tips
    Senin, 29 April 2024 - 11:45 WIB
    Doa untuk bayi yang meninggal dunia terutama karena keguguran penting diketahui kaum muslim. Doa ini terdapat dalam kitab Shahih al-Bukhari
  • Menjadi Bidadari di Dunia
    Muslimah
    Minggu, 01 November 2020 - 08:39 WIB
    Bidadari seringkali digambarkan seorang perempuan yang cantik jelita tiada tara. Setiap perempuan tentu sangat memimpikan menjadi bidadari, tak hanya di akhirat kelak, termasuk juga bidadari di dunia.
  • Tipu Daya Duniawi (1): Banyak Ayat Al-Quran dan Hadits yang Mencela Dunia
    Tausyiah
    Minggu, 22 Agustus 2021 - 19:20 WIB
    Banyak ayat Al-Quran dan hadits-hadits yang mencela dunia. Bahkan al-Quran lebih sering mencela kehidupan dunia dan mengajak manusia agar berpaling dari dunia dan kembali kepada kampung akhirat.
  • Pahala Meninggal di Kota Suci Makkah, Diperkenankan Memberi Syafaat 70 Orang Kerabatnya
    Hikmah
    Selasa, 04 Juli 2023 - 10:43 WIB
    Tidak sedikit keutamaan pahala meninggal di kota suci Makkah. Jemaah haji yang wafat di tanah suci dalam kondisi beribadah karena Allah Taala maka ia termasuk syahid.
  • Keutamaan Meninggal di Hari Lebaran
    Tips
    Selasa, 25 April 2023 - 12:24 WIB
    Keutamaan meninggal di hari Lebaran adalah baik dengan asumsi bahwa yang meninggal telah menjalankan kewajiban selama Ramadan dan mengeluarkan zakat fitrah pada saat sebelum lebaran.
  • Meninggal Dunia, Apakah Masih Punya Kewajiban Puasa?
    Tips
    Rabu, 29 April 2020 - 17:15 WIB
    Apabila seseorang meninggal dunia di bulan Ramadhan, apakah masih punya kewajiban puasa? Berikut penjelasan Ustaz Farid Numan Hasan (dai lulusan Sastra Arab Universitas Indonesia) mengenai hal ini.
  • Dampak Maksiat, Rugi di Dunia dan Akhirat
    Muslimah
    Selasa, 22 Juni 2021 - 12:00 WIB
    Orang yang berbuat maksiat pasti akan merugi di dunia dan akhirat. Karena perbuatan maksiat itu akan menyengsarakan pelakunya. Sebab, mereka durhaka kepada Allah dan rasul-NYA.
  • Baru Mendarat di Indonesia, 1 Jemaah Haji Meninggal Dunia
    Dunia Islam
    Selasa, 04 Juli 2023 - 22:44 WIB
    Satu jemaah haji kloter pertama dikabarkan meninggal dunia setibanya di Bandara Soekarno Hatta (Soetta), pada Selasa (4/7/2023). Jemaah haji tersebut sudah dikabarkan sakit saat pesawat transit di Medan.
  • 5 Bentuk Ujian Manusia di Dunia, Salah Satunya Kesusahan yang Harus Disabari
    Hikmah
    Kamis, 10 Agustus 2023 - 18:23 WIB
    Ujian manusia di dunia diberikan lantaran kasih sayang Allah amat besar untuk mengetahui siapa yang imannya benar sehingga layak baginya surga dan siapa yang imannya dusta sehingga layak baginya neraka.
  • Menag: Tujuh Jemaah Haji Indonesia Wafat di Arafah
    Dunia Islam
    Rabu, 28 Juni 2023 - 03:00 WIB
    Tujuh jemaah haji Indonesia meninggal dunia saat puncak ibadah haji di Arafah. Para jemaah haji tersebut meninggal saat menjalani perawatan di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI).
  • Cara Memanfaatkan Waktu di Dunia Menurut Pandangan Ulama
    Tips
    Kamis, 21 Juli 2022 - 09:19 WIB
    Singkatnya waktu di dunia harus dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh kaum muslim. Para ulama merupakan teladan kita dalam masalah memanfaatkan waktu sebaik-baiknya di dunia ini
  • Nasihat yang Mesti Disampaikan Kepada Orang yang Akan Meninggal
    Tips
    Rabu, 28 Desember 2022 - 14:33 WIB
    Imam Nawawi mengatakan orang yang sedang menunggu orang yang akan meninggal dunia disukai membangkitkan harapannya kepada rahmat Allah, menganjurkannya untuk berbaik sangka kepada Allah.
  • Keindahan Dunia yang Bisa Mendatangkan Ujian Hidup
    Hikmah
    Senin, 06 November 2023 - 08:11 WIB
    Ada keindahan dunia yang sangat disukai manusia, padahal keindahan itulah yang bisa menjadi ujian hidup bagi seorang hamba. Apa saja keindahan dunia tersebut?
  • Bertambah 9 Orang, 56 Jemaah Haji Indonesia Wafat di Arab Saudi
    Dunia Islam
    Selasa, 13 Juni 2023 - 13:49 WIB
    Jumlah jemaah haji Indonesia yang wafat di Tanah Suci kembali bertambah 8 orang. Dengan penambahan ini, maka total jemaah haji yang meninggal dunia hingga saat ini sebanyak 56 orang.