Topik Terkait: Minum Kopi

  • Tradisi Minum Kopi: Inovasi Dunia Islam untuk Umat Manusia
    Dunia Islam
    Jum'at, 24 September 2021 - 07:54 WIB
    Banyak kenikmatan yang kita dapatkan sehari-harinya ditemukan di dunia Islam tetapi sejarahnya tidak diketahui banyak orang. Kopi dan tradisi minum kopi adalah salah satunya
  • Doa Minum Obat dan Mohon Kesembuhan Ketika Sakit
    Tips
    Senin, 27 September 2021 - 16:24 WIB
    Doa minum obat merupakan salah satu ikhtiar ketika akan minum obat untuk memohon kesembuhan dari sakit yang sedang kita alami. Dengan berdoa kita berharap Allah Subhanahu wa taala mengangkat penyakitnya.
  • Doa Ketika Minum Air Zamzam
    Tips
    Jum'at, 09 Juni 2023 - 15:59 WIB
    Doa ketika akan minum air zamzam ini hendaknya diamalkan, terutama oleh jemaah haji yang tengah menjalankan ibadah haji.Namun doa ini juga bisa diamalkan oleh setiap muslim yang akan minum air zamzam juga.
  • Rasulullah SAW Suka Air Dingin dan Manis, Ini 7 Tuntunan Adab Minum
    Tips
    Jum'at, 14 Januari 2022 - 07:16 WIB
    Setidaknya ada 7 adab minum yang diajarkan Rasulullah SAW. Di sisi lain, dalam sebuah hadits juga disebutkan bahwa Nabi Muhammad SAW gemar minum minuman yang dingin dan manis.
  • Agar Ngopi Berkah, Ini Doa dan Wirid Sebelum Minum Kopi
    Tips
    Jum'at, 25 Juni 2021 - 21:38 WIB
    Bagi Anda penikmat kopi (qohwah) ada baiknya mengamalkan doa dan wirid ini agar minumannya mendatangkan manfaat dan keberkahan. Berikut amalannya.
  • Doa Istimewa Ketika Minum Air Zamzam
    Tausyiah
    Selasa, 04 Agustus 2020 - 17:46 WIB
    Ketika Abdullah Ibnul Mubarak, ulama ahli fikih dan ahli hadis (wafat 181 Hijriyah), hendak minum air Zamzam beliau teringat hadis yang diriwayatkannya sendiri.
  • Doa Saat Minum Obat agar Tidak Menjadi Racun
    Tips
    Selasa, 04 Juli 2023 - 10:57 WIB
    Ketika akan meminum obat, kita dianjurkan membaca doa agar obat yang kita minum tidak menjadi racun dalam tubuh, dan bisa menjadi ikhtiar kita untuk sembuh dari rasa sakit tersebut.
  • Adab Minum Air Putih Agar Berkah dan Berkhasiat
    Tips
    Jum'at, 31 Desember 2021 - 21:03 WIB
    Air adalah salah satu karunia besar Allah untuk kelangsungan hidup manusia. Agar air yang kita minum menjadi berkah ada baiknya kita mengamalkan adab berikut.
  • Islam Sangat Melarang Makan dan Minum Berlebihan, Begini Penjelasannya
    Tausyiah
    Rabu, 09 Agustus 2023 - 12:29 WIB
    Islam sangat melarang makan dan minum berlebihan . Kenapa demikian? Dibalik larangan yang ditentukan syariat pasti memiliki hikmah yang luar biasa untuk kita.
  • Orang-Orang Arab Jahiliah Selalu Disilaukan untuk Minum Khamar
    Hikmah
    Jum'at, 26 Januari 2024 - 13:31 WIB
    Orang-orang Arab dalam masa kejahilannya selalu disilaukan untuk minum khamar dan menjadi pencandu arak. Ini dapat dibuktikan dalam bahasa mereka yang tidak kurang dari 100 nama dibuatnya untuk mensifati khamar itu.
  • Cara Buka Puasa Sesuai Sunnah Nabi, Makan Kurma Atau Minum Air Dulu?
    Tips
    Kamis, 30 Maret 2023 - 17:05 WIB
    Umat Islam perlu mengamalkan cara buka puasa sesuai sunnah Nabi Muhammad shollallahu alaihi wasallam. Mana yang harus didahulukan, makan kurma atau minum air putih?
  • Hukum Memelihara Anjing Menurut Pandangan Islam
    Hikmah
    Selasa, 16 Maret 2021 - 17:31 WIB
    Berita seorang perempuan bercadar memiliki selter anjing di daerah Kabupaten Bogor mendadak viral. Bagaimana hukum memelihara anjing menurut pandangan Islam?
  • Haram Hukumnya, Duduk-Duduk dengan Orang yang Minum Arak
    Tausyiah
    Sabtu, 14 November 2020 - 13:32 WIB
    Setiap muslim diperintah untuk menghentikan kemungkaran kalau menyaksikannya. Tetapi kalau tidak mampu dia harus menyingkir dan menjaga masyarakat dan keluarganya.
  • Begini Doa sebelum Makan dan Minum yang Diajarkan Syaikh Ali Al-Khawwas
    Tips
    Minggu, 14 Mei 2023 - 13:21 WIB
    Syekh Muhammad bin Ahmad Al-Hajjar Al-Madani dalam kitabnya menyampaikan wasiat Syaikh Ali Al-Khawwas berkaitan dengan tuntunan doa ketika menghadapi berbagai hidangan.
  • Kisah Malaikat Bertamu ke Rumah Nabi Ibrahim, Tidak Makan dan Minum
    Hikmah
    Selasa, 15 Februari 2022 - 16:36 WIB
    Malaikat tak berjenis kelamin, maknanya bukan lelaki atau pun perempuan. Lalu, apakah makhluk gaib ini makan dan minum, layaknya manusia dan binatang?
  • Mengapa Tape Halal Sedangkan Bir Haram? Ini Penjelasannya
    Tausyiah
    Rabu, 27 September 2023 - 20:50 WIB
    Mengapa tape halal sedangkan Bir diharamkan? Berikut ini penjelasan syariat sebagaimana dijelaskan oleh Ustaz Farid Numan Hasan.
  • Hukum Minum Air Kencing Unta Menurut 4 Mazhab
    Tausyiah
    Rabu, 13 September 2023 - 14:23 WIB
    Hukum air kencing unta akan berbeda di setiap mazhabnya. Terlebih air kencing unta, mungkin adalah salah satu bahan yang paling tidak biasa untuk dibahas dalam konteks hukum agama.
  • Nilai Secangkir Kopi Bagi Imam Syafii
    Hikmah
    Sabtu, 12 Desember 2020 - 15:20 WIB
    Pantas saja Imam Syafii (150-204 Hijriyah) bernama asli Abu Abdullah Muhammad bin Idris Asy-Syafii dikenal sebagai puncak pemimpin para Imam mazhab Fiqh Syafieyyah.
  • Amalan Doa Minum Obat Agar Tidak Menjadi Racun
    Tips
    Minggu, 18 Juli 2021 - 15:41 WIB
    Di tengah pandemi saat ini mungkin banyak kaum muslimin mengonsumsi obat untuk meningkatkan imunitas tubuh. Berikut amalan doa minum obat agar tidak menjadi racun.
  • Batalkah Wudhu Jika Makan dan Minum?
    Tips
    Selasa, 05 Oktober 2021 - 15:33 WIB
    Batalkah wudhu jika makan? Begitu juga minum, dapatkah membatalkan wudhu kita? Para ulama berbeda pendapat dalam masalah ini. Begitu pentingnya berwudhu hingga akan batal atau sia-sia shalat seseorang jika wudhunya tidak sempurna.