Topik Terkait: Nabi Idris (halaman 3)

  • Tuduhan Palsu: Ibnu Taimiyah Melarang Ziarah Kubur Nabi
    Tausyiah
    Rabu, 10 Maret 2021 - 11:35 WIB
    Yang beliau larang adalah bepergian/safar untuk ziarah. Jadi ziarah kubur itu suatu masalah dan bepergian dalam rangka ziarah kubur itu masalah lain lagi
  • Nabi Zulkifli, Raja yang Sholat 100 Kali dalam Sehari
    Hikmah
    Minggu, 02 Januari 2022 - 16:16 WIB
    Dzulkifli berjanji akan berpuasa di siang hari, salat di malam hari, dan menahan emosi, agar bisa menjadi raja. Beliau melakukan sholat seratus kali dalam sehari.
  • Surat Shaad: Doa Nabi Sulaiman untuk Mempercepat Rezeki
    Tausyiah
    Kamis, 19 Agustus 2021 - 05:00 WIB
    Surat Shaad, doa Nabi Sulaiman untuk mempercepat rezeki perlu diketahui umat muslim. Allah memberi Nabi Sulaiman kerajaan besar setelah beliau berdoa dan diabadikan di Surat Shaad.
  • Surat Yusuf Ayat 93: Gamis Nabi Yusuf Sembuhkan Mata Nabi Yakub Atas Izin Allah
    Hikmah
    Selasa, 28 Maret 2023 - 19:37 WIB
    Setelah para saudaranya dimaafkan oleh Nabi Yusuf, mereka saling berbicara dan bercengkrama. Sampailah pada cerita ayahnya yang mengalami masalah dalam penglihatannya.
  • Doa Tobat Nabi Adam di Dalam Al-Quran
    Tips
    Kamis, 21 September 2023 - 16:41 WIB
    Di dalam Al-Quran, banyak rekomendasi doa-doa yang pernah dipanjatkan oleh para nabi dan sangat patut Anda teladani. Salah satunya adalah doa Nabi Adam as dan istrinya.
  • cover top ayah
    وَوَصَّيۡنَا الۡاِنۡسَانَ بِوَالِدَيۡهِ اِحۡسَانًا‌ ؕ حَمَلَـتۡهُ اُمُّهٗ كُرۡهًا وَّوَضَعَتۡهُ كُرۡهًا‌ ؕ وَحَمۡلُهٗ وَفِصٰلُهٗ ثَلٰـثُوۡنَ شَهۡرًا‌ ؕ حَتّٰٓى اِذَا بَلَغَ اَشُدَّهٗ وَبَلَغَ اَرۡبَعِيۡنَ سَنَةً  ۙ قَالَ رَبِّ اَوۡزِعۡنِىۡۤ اَنۡ اَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ الَّتِىۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَىَّ وَعَلٰى وَالِدَىَّ وَاَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًا تَرۡضٰٮهُ وَاَصۡلِحۡ لِىۡ فِىۡ ذُرِّيَّتِىۡ ؕۚ اِنِّىۡ تُبۡتُ اِلَيۡكَ وَاِنِّىۡ مِنَ الۡمُسۡلِمِيۡنَ
    Dan Kami perintahkan kepada manusia agar berbuat baik kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Masa mengandung sampai menyapihnya selama tiga puluh bulan, sehingga apabila dia (anak itu) telah dewasa dan umurnya mencapai empat puluh tahun dia berdoa, Ya Tuhanku, berilah aku petunjuk agar aku dapat mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau limpahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku dapat berbuat kebajikan yang Engkau ridhai; dan berilah aku kebaikan yang akan mengalir sampai kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertobat kepada Engkau dan sungguh, aku termasuk orang muslim.

    (QS. Al-Ahqaf Ayat 15)
    cover bottom ayah
  • Kisah Terkabulnya Doa Nabi Zakariya di Bulan Dzulhijjah
    Hikmah
    Senin, 11 Juli 2022 - 16:35 WIB
    Salah satu perisiwa penting di bulan Dzulhijjah adalah Nabi Zakariya lulus dari berbagai ujian, sehingga Allah SWT mengijabah doa beliau untuk memperoleh anak yang saleh.
  • Tipu Daya dan Kejinya Tokoh-Tokoh Yahudi Membunuh Nabi Isa
    Hikmah
    Jum'at, 23 Desember 2022 - 15:04 WIB
    Tatkala Nabi Isa mulai berdakwah, pembesar Yahudi dan ulama mereka melakukan pertemuan dan musyawarah menghadapi persoalan tersebut, Mereka takut Isa akan merusak agama mereka.
  • Kebiasaan Nabi Muhammad SAW ketika Bangun Tidur
    Hikmah
    Jum'at, 07 Juli 2023 - 05:43 WIB
    Imam Al-Bukhari dan Imam Muslim meriwayatkan sebuah hadis yang menjelaskan bahwa kebiasaan Nabi Muhammad SAW ketika bangun tidur adalah membaca akhir dari Surat Ali Imran.
  • Kalimat Pertama yang Diucapkan Nabi Isa Ketika Masih Bayi
    Hikmah
    Senin, 20 Desember 2021 - 20:11 WIB
    Isa Bin Maryam adalah seorang Nabi yang terlahir dari rahim perempuan suci Maryam Binti Imran. Inilah kalimat pertama yang keluar dari lisannya saat masih bayi.
  • Siksaan Abu Lahab Diringankan Karena Gembira dengan Kelahiran Nabi Muhammad
    Tausyiah
    Kamis, 22 Oktober 2020 - 10:05 WIB
    Setiap bulan Rabiul Awal kita sering mendengar kisah ini disampaikan di berbagai majelis dan perayaan Maulid Nabi. Ketika Abu Lahab diringankan siksanya karena gembira dengan kelahiran Nabi.
  • Di Manakah Surga yang Ditinggali Nabi Adam?
    Hikmah
    Jum'at, 10 Desember 2021 - 14:30 WIB
    Perbedaan pendapat yang paling sering terlontar tentang surga yang ditinggali oleh Nabi Adam adalah, apakah surga itu berada di langit ataukah di bumi? Lalu, apakah surga itu abadi atau tidak?
  • Meneladani Good Looking Nabi Yusuf, Kisah Terindah dalam Al-Quran
    Tausyiah
    Senin, 23 November 2020 - 09:04 WIB
    Barangkali dari sekian banyak kisah yang dikisahkan dalam Al-Quran, kisah Nabi Yusuf alaihissalam menjadi salah satu kisah yang paling indah. Berikut ceritanya.
  • Keistimewaan Nabi Muhammad Tak Pernah Menguap dan Mimpi Basah
    Hikmah
    Rabu, 20 Juli 2022 - 22:19 WIB
    Nabi Muhammad SAW adalah manusia sempurna yang punya banyak kelebihan. Beberapa keistimewaan beliau adalah tidak pernah menguap maupun mimpi basah.
  • Kisah Pemuka Quraisy Mendengar Bacaan Nabi Muhammad SAW
    Hikmah
    Rabu, 24 Agustus 2022 - 23:32 WIB
    Suatu malam pemuka-pemuka Quraisy seperti Abu Sufyan, Abu Jahal, Al-Akhnas keluar untuk mendengarkan bacaan Nabi Muhammad shollallohu SAW yang sedang sholat malam di rumahnya.
  • Surat Nabi Yusuf Ayat 84: Nabi Yakub Kehilangan Penglihatan karena Sedih Terus Menerus
    Hikmah
    Senin, 23 Januari 2023 - 23:48 WIB
    Lanjutan Tadabbur Surat Yusuf kali ini menceritakan kisah Nabi Yakub alaihissalam, (ayah Nabi Yusuf) kehilangan penglihatannya karena terus menerus menangis dan bersedih.
  • Nabi Khidir, Setiap Tempat yang Dipijak Berubah Hijau
    Hikmah
    Rabu, 01 Desember 2021 - 14:51 WIB
    Kisah tentang Nabi Khidir as tidak ada habisnya. Banyak keistimewaan dan mukjizat yang dimiliki nabi yang sempat berjumpa dengan Nabi Musa as ini. Setiap tempat yang ia pijak menjadi hijau.
  • Peristiwa Muharram: Setelah 40 Hari, Allah Taala Mengeluarkan Nabi Yunus dari Perut Ikan
    Hikmah
    Minggu, 31 Juli 2022 - 16:19 WIB
    Nabi Yunus digambarkan sebagai nabi yang pemarah. Beliau akhirnya dihukum Allah dalam perut ikan. Allah SWT kemudian mengampuninya dan mengeluarkan Yunus dari perut ikan laksana seorang bayi.
  • Pesan Nabi, Teladanilah Dua Orang Ini Sepeninggalku
    Hikmah
    Senin, 01 Juni 2020 - 06:30 WIB
    Para Khalifah yang mulia (Al-Khulafa al Rasyidun) merupakan golongan paling istimewa di antara para sahabat Nabi. Mereka pemilik keutamaan yang sempurna. Dari empat Khulafaur Rasyidin, ada dua sahabat terbaik.
  • Sultan Hassanal Bolkiah Keturunan Nabi Muhammad SAW, Begini Nasabnya
    Dunia Islam
    Rabu, 10 November 2021 - 19:13 WIB
    Hassanal Bolkiah adalah keturunan Nabi Muhammad SAW, yakni keturunan yang ke-43. Tahta yang diduduki saat ini merupakan warisan dari Syarif Ali yang merupakan sultan ke-3 Brunei pada tahun 1425.
  • Nabi Yeremia Sama dengan Khidir? Begini Wahyu yang Diterimanya
    Hikmah
    Senin, 06 Desember 2021 - 05:15 WIB
    Ada yang mengatakan bahwa ia adalah Nabi Khidir, sebagaimana diriwayatkan oleh Adh-Dhahhak dari Ibnu Abbas. Namun riwayat ini aneh dan tidak benar, tulis Ibnu Katsir.