Topik Terkait: Nama Islami (halaman 2)

  • Memberi Nama Anak yang Disukai Allah Taala
    Muslimah
    Jum'at, 04 Desember 2020 - 10:36 WIB
    Dalam Islam, memberi nama anak yang bagus dan baik sangat dianjurkan. Karena dalam nama biasanya mengandung doa dan harapan. Untuk itulah, setiap orangtua berusaha memberikan nama terbaik bagi sang buah hati.
  • Inilah Pahala Membantu Saudara Menikah
    Tausiyah
    Selasa, 29 Oktober 2019 - 16:05 WIB
    Dalam Kitab Al-Mukhtar Minal Anwar fii Shuhbatil Akhyar karya Imam Asy-Syarani disebutkan salah satu hak persaudaraan adalah membantu saudara yang ingin menikah.
  • Mukjizat Al-Quran, 2 Kemudahan Mengatasi 1 Kesulitan
    Tausyiah
    Minggu, 03 Mei 2020 - 07:30 WIB
    Setiap orang pasti menginginkan kemudahan dalam semua urusannya. Namun, sedikit orang yang memahami hakikat ujian sebagaimana dijelaskan dalam Al-Quran yang mulia.
  • Inilah Nama-nama Surga yang Tercantum dalam Al-Quran
    Tausyiah
    Jum'at, 25 Agustus 2023 - 10:00 WIB
    Kosa kata surga banyak sekali tercantum dalam ayat-ayat Al-Quran. Sedikitnya, ada 15 nama-nama surga yang djelaskan dalam kitabullah tersebut.
  • Nama-nama Terbaik untuk Anak dalam Islam
    Tausyiah
    Senin, 04 Desember 2023 - 08:41 WIB
    Dalam Islam, ada nama-nama terbaik yang sangat dianjurkan untuk memberi nama pada anak-anak kita. Karena dalam nama biasanya mengandung doa dan harapan
  • Mengenal 5 Nama Anak-anak Iblis dan Tugasnya yang Mengerikan bagi Manusia
    Hikmah
    Kamis, 21 September 2023 - 11:22 WIB
    Iblis akan selalu menjerumuskan manusia, melalui anak-anaknya, iblis mengerahkan mereka dengan tugas-tugasnya menggoda manusia. Siapa saja nama anak-anak iblis ini?
  • Peran Ayah dalam Pendidikan Anak Beserta Dalil-dalilnya
    Muslimah
    Senin, 03 Januari 2022 - 10:35 WIB
    Proses pendidikan bukan hanya terjadi pada kita saja, akan tetapi terjadi pula pada para Nabi dan Rasul. Bahkan, Al-Quran menyebutkan beberapa kisah ayah bersama anaknya
  • Belajarlah dari Sejarah Firaun dan Namrud
    Tausyiah
    Jum'at, 16 Oktober 2020 - 19:28 WIB
    Al-Quran penuh dengan sejarah. Sejarah itu penting, karena dengan sejarah manusia belajar untuk berubah dan menjadi lebih baik di masa kini dan mendatang.
  • Para Ulama Apabila Hendak Tidur Badan Mereka Gemetar, Apa Sebab?
    Tausyiah
    Selasa, 22 September 2020 - 16:58 WIB
    Dulu, para ulama setiap kali menjelang tidur, badan mereka gemetar, jantung berdegup kencang, keringat dingin membasahi tubuh mereka. Apa sebab?
  • Ketika Pak Harto Naik Haji dan Tradisi Ganti Nama
    Dunia Islam
    Rabu, 09 Juni 2021 - 05:00 WIB
    Ada yang yang berpendapat pemberian nama itu sebenarnya merujuk pada hadis Nabi. Kita semua akan dipanggil sesuai dengan namanya, maka berilah nama yang baik. Nama-nama yang islami.
  • 7 Cara Mengajak Anak Mulai Berdakwah, Nomor Terakhir Pasti Menyenangkan
    Muslimah
    Jum'at, 11 Maret 2022 - 16:29 WIB
    Seorang pengemban dakwah tidak akan lahir begitu saja, ia lahir melalui proses dan upaya terus-menerus, bahkan dari sejak masa kanak-kanak. Karena itu, mengajak anak berdakwah sedari dini sangatlah penting.
  • Parenting Islami : Sikap Adil Orang Tua dan Perasaan Anak
    Muslimah
    Rabu, 30 November 2022 - 10:18 WIB
    Dalam Islam, setiap orang tua dituntut untuk berlaku adil terhadap semua anak-anak mereka. Karena perlakuan tidak adil yang dirasakan oleh anak akan membekas dalam jiwa.
  • Kompetisi Film Pendek Islami, Kemenag Siapkan Hadiah Total Rp1 Miliar
    Dunia Islam
    Jum'at, 13 Mei 2022 - 16:09 WIB
    Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam, Kementerian Agama kembali mengajak para pekerja film dan masyarakat umum untuk mengikuti Kompetisi Film Pendek Islami (KFPI) tahun 2022.
  • Parenting Islami : Hindari Mencela Anak
    Muslimah
    Senin, 18 September 2023 - 17:52 WIB
    Ketika marah dan emosi memuncak, seringkali orang tua lepas kontrol bahkan hingga mengeluarkan ucapan-ucapan yang tidak pantas pada anak, bahkan menjurus ke mencela anak. Padahal hal tersebut dilarang dalam Islam
  • Ada Saatnya Waktu itu Habis, Nafas Kita kembali ke Pemilik-Nya
    Tausyiah
    Kamis, 17 September 2020 - 17:20 WIB
    Waktu terus berjalan dengan kadarnya. Malam kian pekat dengan perguliran rotasinya. Tahu-tahu, kita sudah terbangun dari mimpi panjang dari kehidupan angan-angan bernama dunia.
  • Kisah Rasulullah SAW Menegur Orang yang Tertawa Terbahak-bahak
    Hikmah
    Sabtu, 05 September 2020 - 17:42 WIB
    Ulama besar ahli fiqih dan pakar hadis kelahiran Uzbekistan, Imam Abu Laits As-Samarqandi (wafat 373 H) menceritakan kisah Nabi Muhammad SAW menegur orang yang tertawa terbahak-bahak.
  • 5 Amalan untuk Orang Tua yang Sudah Wafat
    Tausyiah
    Minggu, 10 Mei 2020 - 13:00 WIB
    Ustaz Muchlis Al-Mughni (dai lulusan Al-Azhar Kairo Mesir) menyebutkan ada lima amalan yang bisa dilakukan untuk orang tua yang sudah wafat.
  • 4 Bahaya Ruqyah yang Tidak Syari, Nomor Terakhir Bisa Muncul Penyakit Baru
    Tips
    Minggu, 28 Agustus 2022 - 15:35 WIB
    Ruqyah merupakan salah satu metode atau cara pengobatan yang dianjurkan dalam Islam. Terutama ruqyah seperti yang diajarkan Rasulullah SAW, yakni dengan membacakan ayat suci Al Quran beserta doa-doa yang shahih dalam hadis.
  • 4 Golongan Manusia yang Dirindukan Surga
    Hikmah
    Rabu, 10 Juni 2020 - 16:11 WIB
    Mendengar kata surga (Al-Jannah) tentu yang terbayang di benak kita adalah tempat yang penuh kenikmatan dan kebahagiaan. Tidak ada sedih, duka, kesusahan, ketakutan apalagi permusuhan.
  • Kisah Aminah Memberi Nama Bayinya Muhammad
    Hikmah
    Kamis, 29 September 2022 - 15:01 WIB
    Aminah dan Abdul Muthalib sangat bahagia menyambut lahirnya bayi yang suci. Bayi itu diberi nama Muhammad. Aku memberinya nama Muhammad, sebagaimana yang diperintahkan oleh pembawa suara misterius itu, ujar Aminah.