Topik Terkait: Natal Dan Tahun Baru (halaman 3)

  • Peringatan Tahun Baru Hijriyah: Mengapa Tidak Boleh Sama Dengan Tahun Baru Masehi?
    Tausyiah
    Kamis, 28 Juli 2022 - 12:21 WIB
    Memperingati tahun baru Hijriyah (Tahun Baru umat Islam) tidak boleh meniru-niru (tasyabbuh) tradisi orang-orang non muslim yang merayakan tahun baru Masehi.
  • Amalan Sunnah 1 Muharram Bertabur Pahala, Jangan Dilewatkan!
    Tausyiah
    Selasa, 18 Juli 2023 - 15:01 WIB
    Amalan sunnah 1 Muharram memiliki banyak keutamaan dan pahala. Muharram merupakan satu dari empat bulan haram yang dimuliakan Allah (Asyuhurul Hurum).
  • Haruskah Beresolusi di Tahun Baru Hijriyah?
    Muslimah
    Rabu, 19 Agustus 2020 - 09:34 WIB
    Besok, Kamis 20 Agustus 2020, umat Islam telah memasuki tahun 1442 Hijriyah. Dalam kalender Islam, awal tahun baru dimulai dengan bulan Muharram, dan tidak memiliki perayaan atau tindakan ibadah tertentu yang menyertainya
  • Doa Ketika Memasuki Usia 40 Tahun dan Amalannya
    Tips
    Rabu, 21 Juni 2023 - 09:19 WIB
    Usia 40 tahun, menurut Ibnu Katsir adalah masa kematangan akal, pemahaman, dan pengendalian diri. Karenanya, beliau mengingatkan, Bila usiamu telah mencapai 40 tahun, hati-hatilah dalam bertindak.
  • Tradisi 1 Muharam di Indonesia, Salah Satunya Membuat Jimat
    Hikmah
    Selasa, 18 Juli 2023 - 19:21 WIB
    Tradisi 1 Muharam di Indonesia biasanya dikaitkan dengan peringatan 1 Syuro yang diisi dengan berbagai kegiatan seperti tapa bisu, tirakatan, kungkum, kirab budaya, membuat jimat, dan pencucian pusaka.
  • cover top ayah
    وَوَصَّيۡنَا الۡاِنۡسَانَ بِوَالِدَيۡهِ اِحۡسَانًا‌ ؕ حَمَلَـتۡهُ اُمُّهٗ كُرۡهًا وَّوَضَعَتۡهُ كُرۡهًا‌ ؕ وَحَمۡلُهٗ وَفِصٰلُهٗ ثَلٰـثُوۡنَ شَهۡرًا‌ ؕ حَتّٰٓى اِذَا بَلَغَ اَشُدَّهٗ وَبَلَغَ اَرۡبَعِيۡنَ سَنَةً  ۙ قَالَ رَبِّ اَوۡزِعۡنِىۡۤ اَنۡ اَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ الَّتِىۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَىَّ وَعَلٰى وَالِدَىَّ وَاَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًا تَرۡضٰٮهُ وَاَصۡلِحۡ لِىۡ فِىۡ ذُرِّيَّتِىۡ ؕۚ اِنِّىۡ تُبۡتُ اِلَيۡكَ وَاِنِّىۡ مِنَ الۡمُسۡلِمِيۡنَ
    Dan Kami perintahkan kepada manusia agar berbuat baik kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Masa mengandung sampai menyapihnya selama tiga puluh bulan, sehingga apabila dia (anak itu) telah dewasa dan umurnya mencapai empat puluh tahun dia berdoa, Ya Tuhanku, berilah aku petunjuk agar aku dapat mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau limpahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku dapat berbuat kebajikan yang Engkau ridhai; dan berilah aku kebaikan yang akan mengalir sampai kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertobat kepada Engkau dan sungguh, aku termasuk orang muslim.

    (QS. Al-Ahqaf Ayat 15)
    cover bottom ayah
  • Memahami Ucapan Barakallah dan Penggunaannya yang Benar
    Tips
    Jum'at, 11 Agustus 2023 - 11:45 WIB
    Ucapan barakallah pasti sering Anda dengar, namun apa arti dan pengucapannya yang benar masih banyak yang belum mengetahuinya.
  • Sejarah Kalender Hijriah dan Penetapan Muharam Sebagai Bulan Pertama
    Dunia Islam
    Jum'at, 21 Juli 2023 - 05:10 WIB
    Sejarah kalender Hijriah dan penetapan Muharam sebagai bulan pertama menarik untuk diketahui. Sudah menjadi tradisi, Tahun Baru Islam diperingati setiap 1 Muharam.
  • Lokasi Tembok Yakjuj dan Makjuj Diyakini di Antara Samarkand dan India
    Dunia Islam
    Kamis, 08 September 2022 - 23:44 WIB
    Lokasi tembok Yakjuj dan Makjuj (Gog dan Magog) makhluk perusak di akhir zaman menarik untuk kita ulas. Para sejarawan menyakini tempatnya di antara Samarkand dan India.
  • Kisah Nabi Isa dalam Perspektif Al-Quran dan Kelahirannya
    Hikmah
    Minggu, 25 Desember 2022 - 19:07 WIB
    Nabi Isa alaihissalam adalah seorang Rasul bergelar Ulul Azmi yang diutus Allah Taala untuk Bani Israil. Dalam lisan Arab, beliau bernama Isa Al-Masih dan Isa ibnu Maryam.
  • 6 Keutamaan Puasa Arafah, Nomor 1 Menghapuskan Dosa 2 Tahun
    Tips
    Senin, 04 Juli 2022 - 07:43 WIB
    Banyak ibadah sunnah yang dianjurkan (tathawu) bisa dilakukan di bulan istimewa Dzulhijjah ini. Ibadah tathawu sendiri merupakan perkara yang akan menambah pahala, menggugurkan dosa-dosa.
  • Jadwal dan Niat Puasa Tasua dan Asyura Tahun 2023
    Tips
    Kamis, 20 Juli 2023 - 22:21 WIB
    Jadwal dan niat Puasa Tasua dan Asyura Tahun 2023 menjadi informasi penting yang harus diketahui umat muslim. Berikut jadwal dan bacaan niatnya.
  • Bunda, Mulai Usia 10 Tahun Kenalkan Anak Tentang Haramnya Zina dan Miras
    Muslimah
    Senin, 31 Oktober 2022 - 11:53 WIB
    Anak adalah amanah bagi kedua orang tuanya. Hatinya bersih laksana mutiara. Jika orang tuanya mengajarkan kebaikan, anak akan mengikuti. Jika orang tuanya senang dengan perbuatan sia-sia, anak juga akan mencontohnya.
  • Jejak Emas 103 Tahun Aisyiyah, Menurut Haedar Nashir
    Hikmah
    Selasa, 19 Mei 2020 - 22:03 WIB
    Tanggal 19 Mei 2020 Aisyiyah, tepat berusia 103 tahun. Kiprah Aisyiyah yang lebih satu abad ini tidak diragukan lagi baik di kancah nasional maupun internasional.
  • Dahsyatnya Kesabaran Nabi Muhammad dan Kaum Muslimin Ketika Diboikot 3 Tahun
    Tausyiah
    Selasa, 09 Februari 2021 - 15:43 WIB
    Tiga tahun bukanlah waktu yang singkat, apalagi keadaannya berada dalam kondisi terasing, terpenjara, bahkan tersiksa dengan ketiadaan makanan dan kebutuhan pokok.
  • Adab dan Doa Ketika Masuk Tempat Baru atau Hotel agar Tidak Diganggu Makhluk Halus
    Tips
    Sabtu, 10 Juni 2023 - 12:39 WIB
    Agar masuk tempat wisata maupun hotel tidak was-was dengan makhluk tak kasat mata, dianjurkan berdoa agar tidak diganggu makhluk halus dan memperhatikan adab-adab ke tempat baru tersebut.
  • Persiapan Menjelang Usia 40 Tahun
    Tausyiah
    Kamis, 22 Juli 2021 - 17:59 WIB
    Jika umur manusia diibaratkan kouta dalam modal kehidupan dunia ini, maka rentang usia 40 tahun menandakan garis warning berwarna kuning.
  • Doa Agar Mendapat Pekerjaan Baru
    Tips
    Rabu, 02 Februari 2022 - 16:41 WIB
    Doa agar mendapat pekerjaan baru perlu diketahui kaum muslim terutama bagi yang sedang ikhtiar memenuhi nafkah. Berikut doanya lengkap Arab dan latin.
  • Syarat dan Adab Berzikir yang Sering Terlewatkan
    Muslimah
    Rabu, 02 Desember 2020 - 18:22 WIB
    Salah satu ibadah yang paling mudah dan ringan namun memiliki keutamaan dan pahala yang besar adalah berzikir. Zikir pun merupakan sebaik-baiknya amal, seorang muslim.
  • Begini Doa Keberkahan untuk Anak yang Baru Lahir
    Tausyiah
    Kamis, 25 Februari 2021 - 06:37 WIB
    Inti dari doa untuk kelahiran anak adalah memohonkan keberkahan dan kebaikan untuk anak dan orang tuanya. Tidak ada lafadz yang menjadi ketentuan khusus dalam hal ini.
  • Belajar dari Abdurrahman bin Auf, Berhijrah dengan Tangan Kosong
    Hikmah
    Rabu, 19 Agustus 2020 - 23:33 WIB
    Kisah menarik sekaligus penyemangat bagi yang ingin hijrah diceritakan oleh Ustaz Salim A Fillah, penulis buku-buku Islami melalui akun IG-nya @salimafillah.