Topik Terkait: Nunda Salat

  • Tumaninah dalam Salat, Rukun Salat yang Sering Dilalaikan
    Tips
    Jum'at, 03 November 2023 - 13:15 WIB
    Tumaninah atau tenang ketika salat adalah salah satu rukun dari rukun-rukun salat. Tidak sah salat apabila tidak tumaninah. Kenapa demikian?
  • Peringatan Bagi yang Suka Menunda-nunda Waktu Salat
    Tausiyah
    Senin, 09 Desember 2019 - 20:36 WIB
    Urusan yang pertama dihisab pada hari kiamat adalah salat seorang hamba. Apabila salatnya baik, maka ia akan beruntung, dan sebaliknya.
  • Belajar Mencintai Salat Tahajjud
    Tausyiah
    Senin, 08 Juni 2020 - 20:29 WIB
    Hai muslimah, mulai sekarang niatkan mengejar ridha Allah melalui salat tahajjud, yuk! Senangi ibadah salat malam ini. Ada banyak keberkahan di salat tahajjud.
  • 4 Langkah agar Salat Tahajud Terasa Ringan dan Mudah
    Tips
    Sabtu, 04 Maret 2023 - 17:49 WIB
    Salat tahajud merupakan ibadah istimewa. Mengapa demikian? Karena Allah Taala yang langsung menginformasikannya di dalam Al-Quran. Siapa pun yang mengerjakan salat tahajud akan disebut sebagai hamba-NYA yang terpuji di mata Allah.
  • Salat Tarawih Tanpa Ba’diyah Isya, Bolehkah?
    Tausyiah
    Jum'at, 15 Maret 2024 - 15:09 WIB
    Salat tarawih menjadi salah satu amalan yang hanya bisa dilakukan ketika memasuki bulan Ramadan. Meski berstatus ibadah sunnah, salat tarawih memiliki keutamaan dan pahala yang melimpah.
  • 9 Keutamaan Salat Tahajud, 5 di Antaranya Diraih di Dunia
    Tausyiah
    Minggu, 07 Februari 2021 - 22:36 WIB
    Tahajud berasal dari kata Tahajjada yang berarti bangun dari tidur. Salat ini mungkin terasa berat, tetapi keutamaannya sangat dahsyat. Berikut 9 keutamaannya.
  • Hadis tentang Keutamaan Salat Berjamaah di Masjid
    Tips
    Jum'at, 26 April 2024 - 12:49 WIB
    Salat yang dilakukan oleh seseorang secara berjamaah dilipatgandakan baginya dari salat yang dia lakukan di rumahnya dan di pasar sebanyak dua puluh lima kali lipat.
  • 13 Rukun Salat yang Wajib Dipenuhi, Apa Saja?
    Tausyiah
    Minggu, 24 Januari 2021 - 21:38 WIB
    Dalam Mazhab Syafii, rukun salat ada 13. Rukun salat ini hukumnya wajib dikerjakan. Apabila seseorang tidak mengerjakan salah satu rukun salat maka salatnya tidak sah.
  • Benarkah Pahala Salat Dhuha Sama dengan Keutamaan Sedekah?
    Hikmah
    Selasa, 18 Juli 2023 - 11:47 WIB
    Benarkah pahala salat Dhuha memiliki nilai yang sama seperti nilai amalan seperti keutamaan sedekah? Dalam Islam, sedekah yang dimaksud adalah sedekah yang diperlukan oleh 360 persendian tubuh kita terlebih jika kita ikhlas mengerjakannya.
  • Bacaan Niat Salat Tarawih 8 Rakaat Berjamaah dan Tata Caranya
    Tips
    Senin, 04 Maret 2024 - 15:15 WIB
    Bacaan niat salat tarawih 8 rakaat dan tata caranya ini, penting diketahui umat Muslim yang sebentar lagi akan memasuki bulan Ramadan.
  • 5 Salat Sunah Malam Beserta dengan Niatnya
    Tips
    Senin, 25 September 2023 - 13:06 WIB
    Salat Sunah Malam menjadi salah satu ibadah yang dianjurkan dalam ajaran agama Islam. Sebab amal ibadah yang satu ini memiliki ganjaran yang luar biasa bagi siapa saja yang mau melakukannya.
  • Salat Subuh, Derajat Salat Tertinggi, Jangan Pernah Dilalaikan!
    Tausyiah
    Jum'at, 19 Januari 2024 - 05:15 WIB
    Di antara kewajiban salat fardhu bagi seorang muslim, ada satu salat yang memiliki derajat keutamaan dan pahala tertinggi di sisi Allah Subhanahu wataala. Salat tersebut adalah salat subuh tepat waktu.
  • Salat Dhuha, Bukan Sekadar Membuka Pintu Rezeki
    Tausyiah
    Selasa, 29 September 2020 - 05:00 WIB
    Al-Munawi dalam Faidh Al-Qadir (4: 615) menjelaskan maksud kalimat, akan dicukupi di akhirnya adalah akan diselamatkan dari cobaan dan musibah di akhir siang.
  • Salat Sembari Menggendong Si Buah Hati,  Batal atau Tidak?
    Tausyiah
    Jum'at, 06 November 2020 - 17:04 WIB
    Para ulama dalam menyimpulkan riwayat tentang gerakan Nabi SAW di luar gerakan salat berbeda-beda. Syafiiyah dan Hanabilah mengembalikan banyaknya gerakan yang dianggap batal kepada urf masyarakat.
  • Berikut ini Beda Khotbah Idulfitri dengan Khotbah Salat Jumat
    Tips
    Kamis, 20 April 2023 - 07:51 WIB
    Khotbah dalam salat Id tidak sama dengan khotbah salat Jumat. Dalam khotbah salat Id, hanya satu kali sedangkan khotbah salat Jumat dua kali. Selain itu, jamaah salat Id tidak harus mendengarkan khotbah.
  • Mengganti Salat Usai Haid, Bagaimana Aturannya?
    Muslimah
    Sabtu, 17 Oktober 2020 - 09:23 WIB
    Bila puasa wajib, maka perempuan wajib mengganti atau mengqadha puasanya itu setelah haidnya selesai. Lalu bagaimana dengan ibadah salat, apalah perempuan haid wajib menggantinya juga?
  • 4 Hal yang Harus Dilakukan Imam Salat Berjamaah
    Tips
    Kamis, 01 Februari 2024 - 22:15 WIB
    Berikut ini panduan bagi mereka yang ingin menjadi imam salat berjamaah sebagaimana disampaikan Ustaz Asep Sholahuddin dalam Pengajian Tarjih PP Muhammadiyah yang diselenggarakan pada Rabu (31/01)
  • Inilah  Syarat dan Cara Salat Berjamaah Bagi Wanita
    Muslimah
    Jum'at, 17 Juli 2020 - 11:15 WIB
    Seluruh ulama sepakat (ijma) bahwa kaum wanita tidak wajib mengerjakan salat berjamaah. Tetapi syariat tetap membenarkan mereka boleh melakukan salat secara berjamaah.
  • Hadis: Salat Berjamaah Walau Hanya Berdua Lebih Utama Ketimbang Sendirian
    Hikmah
    Rabu, 22 November 2023 - 06:09 WIB
    Hadis berikut ini menunjukkan bahwa jemaah paling sedikit adalah yang terdiri dari imam dan satu makmum. Salat berjamaah walaupun hanya berdua lebih utama daripada salat sendirian
  • Salat Istisqa dan Tata Caranya agar Hujan Segera Turun
    Tips
    Senin, 21 Agustus 2023 - 08:20 WIB
    Cuaca panas dan kemarau tengah dirasakan sebagian wilayah Indonesia, karenanya salat istisqa atau salat meminta segera turun hujan penting diketahui umat Muslim berikut tata caranya.